Pengaruh Flash Sale Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulsive Buying Pada Pengguna Shopee Di Kota Samarinda

Rahayu Kinanti, Ana Noor Andriana

Abstract


Perkembangan industri belanja online sangat pesat, salah satunya ialah Shopee. Hal tersebut membuat kesadaran akan perilaku konsumen semakin meningkat, seperi Theory Of Planned of Behavior yang didasari teori perilaku terencana. Teori tersebut digunakan sebagai grand theory pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh flash sale dan tagline “gratis ongkir” terhadap impulsive buying pada pengguna shopee di kota Samarinda. Dalam studi ini, pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif dengan menggunakan skala likert. sampe yang diterapkan yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan kriteria sebagai berikut yakni pernah melakukan pembelian minimal 2 kali pembelian, berdomisili di kota Samarinda dan berusia antara 17-35 Tahun. Penelitian ini menggunakan purpose sampling untuk mengumpulkan data. Pendekatan regresi linear berganda digunakan bersama SPSS untuk menguji data yang telah dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara tagline “gratis ongkir” terhadap impulsive buying, sedangkan tidak terdapat pengaruh signifikan antara flash sale terhadap impulsive buying. Namun, secara simultan variabel flash sale dan tagline “gratis ongkir” berpengaruh signifikan terhadap impulsive buying.

Kata Kunci: : Flash sale; Tagline “Gratis Ongkir”; Impulsive Buying.

Full Text:

Download PDF

References


Andriana, A. N. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, CONTENT MARKETING DAN BRAND LOVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINTIFIC PADA PLATFORM TIKTOK SHOP. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1205–1226.

Andriana, A. N., Aisha, Z., Kusuma, A. N., & El Maura, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Shopee untuk Meningkatkan Minat Berbisnis Secara Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3065–3073.

Aprilianti, S., Fourqoniah, F., & Andriana, A. N. (2019). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) Pada Toko Hoshy Di Samarinda.

Bayley, G., & Nancarrow, C. (1998). Impulse purchasing: a qualitative exploration of the phenomenon. Qualitative Market Research: An International Journal, 1(2), 99–114.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. mcgraw-hill.

Darno. (2007) Efektifitas tagline dalam meningkatkan brand awarness. Universitas Negeri Malang.

Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta studi kasus. Universitas Brawijaya Press.

Iyer, E. S. (1989). Unplanned Purchasing: Knowledge of shopping environment and. Journal of Retailing, 65(1), 40

Jusuf, D. I. (2021). Perilaku Konsumen di masa bisnis online. Penerbit Andi.

Muslim, I. A., Purnandi, H., Hazna, C. R., Atmaja, S. A., & Putra, I. E. (2021). Penggunaan Sistem E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Pelaku Bisnis dalam Perkembangan Dunia Usaha Studi Kasus Aplikasi Onlineshop Tokomobile. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 8(3), 1651–1664.

Najib, A. G. A., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Fusion, 2(01), 171–180.

Laluyan, G. I., Wibowo, I., & Setiorini, A. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen JD. id Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(3), 1–13.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C., & Griffin, M. (2013). Business research methods. Cengage learning.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics