Pengaruh Strategi Promosi Member Card dan Media Sosial Terhadap Loyalitas Pelanggan Kaku Food Cabang Sudiang Kota Makassar

Ackhriansyah Ahmad Gani, Agung Ahmad Gani, M Ikhsan Akbar Abdullah, Jeni Kamase, Achmad Gani

Abstract


M. Ikhsan Akbar Abdullah, 2024, Pengaruh Strategi Promosi Member Card dan Media Sosial Terhadap loyalitas Pelanggan Kaku Food Cabang Sudiang Kota Makassar, Pembimbing : Basri Modding dan Achkriansyah Ahmad Gani. Skripsi ini berjudul Pengaruh Strategi Promosi Member Card dan Media Sosial Terhadap Loyalitas Pelanggan Kaku Food Cabang Sudiang Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi member card dan media sosial terhadap loyalitas pelanggan kaku food cabang sudiang kota makassar. Penelitian in dilakukan dengan melakukan survei kepada para pelanggan Kaku Food Sudiang. Peneliti akan mengumpulkan data tentang sejauh mana program Member Card dan interaksi media sosial memengaruhi tingkat loyalitas pelanggan terhadap restoran ini. Adapun lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu kaku food Cabang Sudiang Goa Ria Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi member card, media sosial, dan pengalaman pelanggan secara signifikan memengaruhi loyalitas pelanggan.

Kata Kunci: promosi member card, media social, loyalitas pelanggan

Full Text:

Download PDF

References


(Tjiptono. 2014. “Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi.” : 2013–15.

Ahmad Suryana. 2017. “Metode Penelitian Metode Penelitian.” Metode Penelitian Kualitatif (17): 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf.

Apriliani, Dwi, S NikmahBaqiyyatus, Rizka Febila, and Vicky F Sanjaya. 2020. “PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN, BRAND IMAGE, DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MEMBERCARD.” Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA). https://api.semanticscholar.org/CorpusID:234718692.

Bora, M.Ansyar. 2017. “Analisa Kepuasan Penggunaan E-Learning Cloud Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam.” Jurnal Industri Kreatif (Jik) 1(01): 55.

CARDIANI, LOKITA GALIH. 2016. PRAKTEK PENGGUNAAN MEMBER CARD DALAM TRANSAKSI JUAL BELI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Toko Shinta Fashion Mart Purwokerto).

Cristea, Iulia Gradinaru, and Dorina Mocuta. 2018. “Customer Relationship Management.” Proceedings of the 31st International Business Information Management Association Conference, IBIMA 2018: Innovation Management and Education Excellence through Vision 2020 10(3): 2557–65.

Curatman, Aang, and Agus Suroso. 2020. Program Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.

David. 2011. “Universitas Kristen Petra Surabaya.” Dimensi Interior, 8(1): 44–51. publication.petra.ac.id/index.php/sastra-tionghoa/article/view/121.

Dyantina, Ovi, Mira Afrina, and Ali Ibrahim. 2012. “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran Di Toko YEN-YEN) 1,2,3.” Sistem Informasi 4(2): 516–29. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index.

Eka Putra, Anton Sarni. 2021. “Pengaruh Kompetensi Dan Integritas Terhadap Kinerja Perangkat Desa.” JESS (Journal of Education on Social Science) 5(1): 24.

Eni. 1967. “Menurut Roscoe Dalam Uma.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Mi): 5–24.

Fadhila Sena, Tety, and Info Artikel. 2011. “Jurnal Dinamika Manajemen VARIABEL ANTISEDEN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB).” Jdm 2(1): 70–77. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm.

Husna. 2016. “Fungsi Manajemen (POSAC).” : 1–23.

Idris, Muhammad. “Muhammad Idris Apa Itu Umkm Pengertian Kriteria Dan Contohnya - Penelusuran Google.”

Indonesia, Kementerian koperasi dan UMKM Republik. 2021. “Data UMKM.”

Muhtarom, Abid, Imam Syairozi, and Nuriyah Dita Wardani. 2022. “Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online Elmonsu.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 5(1): 743–55.

“Notasi Rumus Slovin.” 2022.

Nusantara, universitas bina. 2021. “Tujuan Koefisen Determinasi.”

Prabawa, Agus. 2011. “Customer Relationship Management Sebagai Strategi Membangun Loyalitas.” Jurnal Ekonomika Universitas Wijayakusuma Purwokerto 14(1): 23132.

Puspitarini, Dinda Sekar, and Reni Nuraeni. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi.” Jurnal Common 3(1): 71–80.

Putra Perssela, Rangga, Rajab Mahendra, and Winda Rahmadianti. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) 2(3): 650–56.

Rachmawati, Rina. 2014. “Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan.” TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga 1(1).

Risdiana Chandra Dhewy. 2022. “Pelatihan Analisis Data Kuantitatif Untuk Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa.” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2(3): 4575–78.

Roflin, Eddy, and Iche Andriyani Liberty. 2021. Populasi, Sampel, Variabel Dalam Penelitian Kedokteran. Penerbit NEM.

ROSTANTI, E V A. 2012. “Anteseden Loyalitas Konsumen Pada Pelanggan Matahari Department Store Surabaya.” Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen 1(4).

Rqdog, Sdgd, V D U Rqr, and Inka Janita Sembiring. 2014. “Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.” 15(1): 1–10.

Siow, Natalia. 2013. “Pengaruh Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Satria FU150 Di Kota Manado. UTerhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Niversitas Sam Ratulangi.” Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013, Hal. 1069-1078 1(3): 1069–78.

Statistik, Badan Pusat. 2022. “Badan Pusat Statistik Tabel Dinamis.” Diambil kembali dari Badan Pusat Statistik: https://www. bps. go. id/site/resultTab.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: Alfabeta). Metologi Penelitian Bisnis (Vol. 4).

Tjiptono. 2014. “Pengertian Manajemen Pemasaran.” Manajemen 7(2): 107–15.

Tutut Istikomah. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Kereta Api Indonesia.” Lib Unnes 15: 203.

Veithzal Rivai. 2020. “Bab Ii Kajian Pustaka Bab Ii Kajian Pustaka 2.1.” Bab Ii Kajian Pustaka 2.1 12(2004): 6–25.

Widyaningrum, Ika Devi. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Luminor Mangga Besar Jakarta Barat.” Jurnal STEI Ekonomi 16(Xx): 138. file:///C:/Users/LENOVO/Downloads/Jurnal Indo Ika Devi W (2).pdf.

Wijaya, Serly, and Sienny Thio. 2007. “Implementasi Membership Card Dan Pengaruhnya Dalam Meningkatkan Loyalitas Pengunjung Restoran Di Surabaya.” Fakultas Ekonomi Universitas risten Petra.

Wildyaksanjani, Janiar Puspa, and Dadang Sugiana. 2018. “Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero).” Jurnal Kajian Komunikasi 6(1): 10.

Yudihartanti, Yulia. 2017. “Analisa Korelasi Mata Kuliah Penelitian Dengan Tugas Akhir Menggunakan Model Product Moment.” Jurnal Ilmiah Komputer 13(2): 1691–96.

zakky. 2018. “Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Secara Umum.” Zona Referensi: 1–1. https://www.zonareferensi.com/pengertian-manajemen/.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics