Pengetahuan, Pemahaman dan Kesadaran Mempengaruhi Tingkat Membayar Zakat fitrah, Infaq dan Shadaqah (ZIS) Di Pasara Tahoku Desa Hila Kecamatan Leihitu

La Jabar, Jeni Kamase, Amiruddin Amiruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengetahuan, Pemahaman dan Kesadaran Mempengaruhi Tingkat Membayar Zakat fitrah, Infaq dan Shadaqah (ZIS) di Pasar Tahoku Desa Hila Kecamtan Leihitu. Data penelitian ini adalah data primer, dengan menyebarkan kuesioner kepada pedagang Pasar Tahoku. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pedagang yang terdaftar di Pasar Tahoku Desa Hila Kecamatan Leihitu, sedangkan sampel yang diambil berjumlah 60 pedagang. Hasil kuesioner tersebut telah diuji validitas dan realibilitas, juga telah diuji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap Membayar Zaka fitrah, Infaq dan Shadaqah (ZIS). Pemahaman berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Membayar Zakat fitrah, Infaq dan Shadaqah (ZIS). Kesadaran berpengaruh positif signifikan terhadap Membayar Zakat fitrah, Infaq dan Shadaqah (ZIS).

Kata Kunci: Pengetahuan, Pemahaman dan Kesadaran

Full Text:

Download PDF

References


Afriliasari, R., & Sasmita, D. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pertanian Kopi. Al-Ginaa: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(2), 114-127.

Agustina, D. (2018). Analisis Pengaruh Tingkat Pengetahuan Zakat, Tingkat Religiusitas, Tingkat Pendapatan, Tingkat Kepercayaan Kepada Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Terhadap Minat Membayar Zakat Perdagangan. uniska.

Ani Mardiantari, et. al.,(2019) “Peranan Zakat, Infak Dan Sedekah (ZIS) Dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kota Metro (Studi pada LAZISNU Kota Metro)”, DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum, 1, 7.

Asminar, A. (2017). Pengaruh pemahaman, transparansi dan peran pemerintah terhadap motivasi dan keputusan membayar zakat pada BAZNAS Kota Binjai. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 260-281.

Dwi, I. (2019). Pengaruh Literasi Terhadap Kepercayaan Muzaki Pada Lembaga Pengelola Zakat Dengan Akuntabilitas Dan Transparansi Sebagai Variabel Inte. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23.

Fahmi, Z., & Nur, M. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan, dan Kepercayaan, terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat di Baitul Mal Kota Lhokseumawe. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 1(3), 89-99.

Fahmi, Z., & Nur, M. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Pendapatan, dan Kepercayaan, terhadap Minat Muzakki dalam Membayar Zakat di Baitul Mal Kota Lhokseumawe. Jurnal Ekonomi Regional Unimal, 1(3), 89–99.

Masyhuri. (2021). Rasionalisasi Pemanfaatan Dana Zis Dalam Upaya Membangkitkan Kesadaran Umat. IBF JOURNAL : Perbankan Syariah & Keuangan 1 (1).

Prawoto, B. D. (2017). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS Dan Eviews. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahim, S. (2020). Sumber dan Pemanfaatan Dana Zakat Perusahaan Berdasarkan Konsep Akuntansi Syariah. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(3), 611-618.

Rahim, S., & Sahrullah, S. (2017). Model Pengelolaan Zakat Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 200–215.

Sri Sudiarti, Nurul Jannah, A. F. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran Dan Pendapatan Masyarakat Terhadap Perilaku Membayar Zakat Mal Di Desa Sikapas Mandailing Natal. Journal Economy and Currency Study (JECS), 4(2), 99–109.

Winarti. (2022). Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Kesadaran Dan Pendapatan Pedagang Toko Kelontong Terhadap Minat Membayar Zakat Perdagangan Di Kecamatan Pemulutan Barat. Program Studi Manajemen Zakat Dan Wakaf Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Raden Fatah Palembang.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics