Analisis Implementasi Layanan Pelanggan Digital Pada Care & Responder Vidio

Egar Surya, Mas Rasmini, Niken Rakhmawati

Abstract


Di era digital saat ini, layanan pelanggan telah berevolusi menjadi salah satu aspek terpenting yang mempengaruhi loyalitas dan kepuasan pengguna. Vidio, sebagai salah satu platform streaming dan video on demand terbesar dan populer di Indonesia, menempatkan layanan pelanggan sebagai prioritas utamanya. Artikel ini mengeksplorasi pendekatan holistik yang diterapkan oleh tim Care & Responder Vidio dalam memahami dan memenuhi kebutuhan pengguna. Melalui wawancara mendalam dengan perwakilan tim Care & Responder Vidio dan observasi analisis konten respons yang diberikan pengguna, penelitian ini mencari tahu strategi apa yang diterapkan oleh Vidio dan bagaimana implementasi dari pendekatan ini dalam mewujudkan kepuasan pengguna.

Kata Kunci: layanan pelanggan, over-the-top, digital

Full Text:

Download PDF

References


Artha, K. G. W., & Setiawan, P. E. (2016). Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Di KPP Badung Utara. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 17(2).

Bungin, M. B. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group.

Hasibuan, M. (2008). Management : Dasar, Pengertian, dan Masalah (Edisi Revisi). Bumi Aksara.

Kantar. (2022). The Future of TV Indonesia 2022 . theTradeDesk. https://www.scribd.com/document/582377567/The-Future-of-TV-Indonesia-2022

Kasmir. (2008). Etika Customer Service. PT Rajagrafindo Persada.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). PT Rajagrafindo Persada.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15 Global Edition (S. Ukil, Ed.; 15 ed.). Pearson Education Limited 2016.

PricewaterhouseCoopers. (2023). Insights: Global Entertainment and Media Outlook 2023–2027 | PwC. PricewaterhouseCoopers. https://www.pwc.com/gx/en/industries/tmt/media/outlook/insights-and-perspectives.html

Ramadhan, H. A., Purwaamijaya, B. M., & Guntara, R. G. (2023). Pengaruh User Experience terhadap Customer Satisfaction pada Aplikasi Seluler Streaming Vidio. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 5(2), 122–133. https://doi.org/10.35746/jtim.v5i2.367

Rayasa, R. F., Rande, S., & Dwivayani, K. D. (2019). Strategi Komunikasi Customer Service PT. JNE Cabang Utama Samarinda Dalam Menangani Kasus Keluhan Pelanggan. eJournal Ilmu Komunikasi, 7(2).

Timmerman, A. (2022, Oktober). Forget Netflix and Disney: A local streaming service is king in Indonesia - Rest of World. restofworld.org. https://restofworld.org/2022/vidio-the-netflix-killer-of-indonesia/

Utami, S. (2022, Desember). Vidio Duduki Peringkat I di Indonesia, Kalahkan Netflix dan Disney+ Hotstar. https://kumparan.com/kumparanbisnis/vidio-duduki-peringkat-i-di-indonesia-kalahkan-netflix-dan-disney-hotstar-1zOu61V96IC

Yanti, D. N. P. (2013). Kualitas Komunikasi Pelayanan Customer Service Di PT. Indosat, TBK Balikpapan. Ilmu Ekonomi, 1(2), 39–54.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics