Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Tik Tok Shop

Sigit Budiarto, Riandani Rezki Prana

Abstract


Media sosial merupakan salah satu kemajuan teknologi yang terkena dampak dari pesatnya kemajuan teknologi global saat ini. Mengetahui bagaimana kualitas produk dan harga mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli di aplikasi TikTok menjadi tujuan penelitian ini. Teknik kuesioner digunakan untuk pengambilan sampel, dan sampelnya berjumlah 127 responden yang pernah menggunakan aplikasi TikTok. Regresi linier berganda digunakan dalam metode analisis. Harga mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung pada variabel harga (3,973 > t tabel 1,657 dan nilai signifikansi 0,000 < alpha 0,05) dan variabel kualitas produk (0,345 > t tabel 1,657 dan signifikansi nilai 0,001 < alpha 0,05).

Social media is one of the technological advances that is impacted by the current rapid progress of global technology. Knowing how product quality and price influence consumers' decisions to buy on the TikTok application is the aim of this research. Questionnaire techniques were used for sampling, and the sample consisted of 127 respondents who had used the TikTok application. Multiple linear regression is used in the analysis method. Price has a positive influence on purchasing decisions, this is shown by the calculated t value for the price variable (3.973 > t table 1.657 and a significance value of 0.000 < alpha 0.05) and the product quality variable (0.345 > t table 1.657 and a significance value of 0.001 < alpha 0.05).

Full Text:

Download PDF

References


Fauzi, A. A., & P Sijabat, Y. (2023). Pengaruh Harga Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen TikTok Shop di Kota Magelang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Ekonomi Kreatif, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.26877/jibeka.v2i1.96

Hutabarat, F.S., Simangunsong, R., Siahaaan, M. T. (2023). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tiktok Shop di Kelurahan Sukamaju Pematang Siantar. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 1637.

Karina, M., & Sari, N. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Online TikTok Shop. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, 6(2), 101–116. https://doi.org/10.33753/madani.v6i2.277

Martini, L. K. B., & Dewi, L. K. C. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prilaku Konsumtif. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 5(1), 3.

Maryani, R., R. R. Wening Ken Widodasih, & SBR, K. (2023). Pengaruh Promosi Online, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Menggunakan Aplikasi Tiktok (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Prodi Manajemen Universitas Pelita Bangsa). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(4), 1304–1316. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1289

Nazara, I. H., & Yunita, M. (2023). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen (Studi Pada Konsumen Platform Tiktok Shop). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 146–159. https://doi.org/10.36490/jmdb.v2i1.813

Nurchasanah, D., & Udayana, I. B. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Tiktok Shop. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 1081–1095. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i3.1693

Oetama, M. dan S. (2024). Keputusan Pembelian Melalui Internet Di Sampit ( Studi Kasus Pengguna Tik-Tok Shop ). 9(1), 1–11.

Putri et.al. (2023). 004_Pengaruh+Harga+Promosi+Ulasan+Produk. 7(1).

Tiktok, P. A., Andriani, Z., Mirsya, S., & Nasution, A. (2023). Bursa : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Keputusan Pembelian Fashion di Tiktok Shop pada. 2(3).

Yulianto, A. Y., & Prabowo, R. E. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di TikTok Shop (Studi Pada Pelanggan TikTok Shop di Kota Semarang). Jesya, 7(1), 972–982. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1518




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.6736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics