Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisata Di Kabupaten Toraja Utara

Elsap Patta Pasulu, Muh. Arif, Syamsu Alam

Abstract


Era industri 4.0 menjadikan ekonomi kreatif menjadi salah satu isu strategis sebagai pilihan strategi dalam memenangkan persaingan global, karena ekonomi kreatif mengacu pada sektor ekonomi yang melibatkan nilai tambah melalui kreatifitas, keahlian dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini untuk menentukan strategi digitalisasi pengembangan pariwisata berbasis ekonomi kreatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif serta analisis Analitycal Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian bahwa yang menjadi prioritas utama dalam strategi pengembangan ekonomi kreatif berbasis digitalisasi adalah pengembangan sumber daya manusia dan infrastruktur digital yang menjadi prioritas kedua termasuk akses cepat internet dalam mendukung penerapan digitalisasi, selain itu juga regulasi dan kebijakan pemerintah dan pengalaman wisata. Strategi pengembangan ekonomi kreatif berbasis digitalisasi dalam meningkatkan daya tarik wisatawan dilakukan dengan melakukan pengembangan sumber daya manusia melalui pemberian pelatihan dan pendidikan digital, peningkatan infrastruktur digital dengan meningkatkan akses internet, menyediakan fasilitas wife gratis di tempat wisata, selain itu meningkatkan regulasi dan kebijakan pemerintah melalui pemberian insentif pajak bagi pelaku industri kreatif, memudahkan perizinan bagi usaha kreatif. Strategi lainnya adalah pengembangan pengalaman wisata digital dengan membuat tour digital dan pameran digital terkait dengan budaya dan sejarah toraja, agar dapat menarik wisatawan.

Kata Kunci: Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital; dan Daya Tarik Wisata

Full Text:

Download PDF

References


Arjana, I. G. B. (2016). Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, A. (2023). Pengertian Ekonomi Kreatif, Ciri Ciri dan Tujuannya. Fakultas Ekonomi Dan Kreatif.

Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (2022). Outlook Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Indonesia, 2020-2021.

Luturlean, B. S. (2019). Strategi Bisnis Pariwisata. Bandung: Humaniora.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pangestu, M. E. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Departemen Perdagangan RI.

Payangan, R. O. (2014). Pemasaran Jasa Pariwisata. (Cetakan Pe). Bogor: IPB Press.

Pendit, N. S. (2012). Ilmu pariwisata: sebuah pengantar perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Rakib, M. (2017). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan lokal sebagai penunjang daya tarik wisata. Jurnal Kepariwisataan, 01(02), 54–69.

Sugianto, E. C. (2018). Ekonomi Kreatif Masa Depan Indonesia. Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Utama, I. G. B. R. (2016). Pengantar Industri Pariwisata. Yogyakarta : Depublish.

Widawaswara Rieka Yulita, & Yulita, W. R. (2023). Pengembangan Ekonomi Kreatif dalam Meningkatkan potensi pariwisata. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 167–178.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics