Nilai Budaya Startup yang Sukses: Pelajaran dari Gojek

Ani Kartini, Abdul Hakim Satria Nusantara, Zikri Fadilah, Alif M. Ikhsan, Muharman Lubis

Abstract


Di era digital yang berkembang pesat, pentingnya budaya organisasi dalam mendorong transformasi digital tidak dapat dilebih-lebihkan. Studi ini memperkenalkan kerangka kerja komprehensif yang berakar pada evolusi budaya di GOJEK, sebuah perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara, yang menjelaskan dampak sinergis dari budaya internal, customer-centric, dan berorientasi bisnis pada transformasi digital. Berasal dari aspek penting dan analisis kasus dari perkembangan GOJEK, kerangka kerja ini mengklasifikasikan metamorfosis budaya menjadi tiga dimensi utama: Pemberdayaan Karyawan, Kepuasan Pelanggan, dan Kelincahan Bisnis. Aspek Budaya Internal berkonsentrasi pada pengembangan lingkungan tempat kerja yang memelihara otonomi, pembelajaran berkelanjutan, dan inovasi di antara karyawan. Sementara itu, budaya Customer-Centric menggarisbawahi nilai menyelaraskan pengembangan produk dan layanan dengan kebutuhan pelanggan, memanfaatkan umpan balik untuk penyempurnaan. Selain itu, Budaya Berorientasi Bisnis menggarisbawahi perlunya proses yang fleksibel dan penyesuaian pasar yang cepat untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi menyeluruh yang mencakup dimensi budaya ini tidak hanya meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi tetapi juga memastikan ketahanan dan kemampuan beradaptasi di medan digital yang terus berubah. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang bagaimana transformasi budaya mendukung kemajuan digital dan menawarkan wawasan praktis bagi organisasi yang ingin menavigasi seluk-beluk transformasi digital.
.
Kata Kunci: Transformasi Digital, Transformasi Budaya, Transformasi

Full Text:

Download PDF

References


Branarto, B.B. (2018) How We Do What We Do at GOJEK. Available at: https://www.gojek.io/blog/how-we-do-what-we-do-at-gojek (Accessed: 8 June 2024).

Brunetti, F. et al. (2020) ‘Digital transformation challenges: strategies emerging from a multi-stakeholder approach’, TQM Journal, 32(4), pp. 697–724. Available at: https://doi.org/10.1108/TQM-12-2019-0309.

Febriyani, W., Lubis, M. and Hendrawan, F.R. (2023) ‘Key Competencies Development in the Digital Transformation of Higher Education in Indonesia’, 2023 IEEE International Conference on Computing, ICOCO 2023, (May 2024), pp. 200–205. Available at: https://doi.org/10.1109/ICOCO59262.2023.10397786.

Gaur, H.O. (2018) The Zen of an Ideal Team. Available at: https://blog.gojek.io/the-zen-of-an-ideal-team/.

Kirom, F.M. and Wahjono, S.I. (2024) ‘Budaya organisasi di gojek’, (March).

Lubis, M., Dzikrurrobi, H. and Handayani, D.O. (2023) ‘Design innovation model for digital ecosystem: Development forum based on service oriented against internet addiction’, AIP Conference Proceedings, 2714(January). Available at: https://doi.org/10.1063/5.0135060.

Mazali, T. (2018) ‘From industry 4.0 to society 4.0, there and back’, AI and Society, 33(3), pp. 405–411. Available at: https://doi.org/10.1007/s00146-017-0792-6.

Mollah, M.A. et al. (2023) ‘Exploring a Pathway to Sustainable Organizational Performance of South Korea in the Digital Age: The Effect of Digital Leadership on IT Capabilities and Organizational Learning’, Sustainability (Switzerland), 15(10). Available at: https://doi.org/10.3390/su15107875.

Salim, C. (2022) ‘Shaping The Culture Of Learning In Gojek Design’, Gojek.oi [Preprint]. Available at: https://blog.gojek.io/design-mentorship-program/.

Teichert, R. (2019) ‘Digital transformation maturity: A systematic review of literature’, Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 67(6), pp. 1673–1687. Available at: https://doi.org/10.11118/actaun201967061673.

Venkatesan, A. (2018) How GOJEK Manages 1 million Drivers With 12 Engineers (Part 1). Available at: https://www.gojek.io/blog/how-gojek-manages-1-million-drivers-with-12-engineers-part-1 (Accessed: 16 June 2024).




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.6859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics