Pengaruh Kualitas Pelayanan Tenaga Kependidikan Dan Kualitas Tenaga Pendidik Terhadap Kepuasan Pelayanan Perguruan Tinggi

Muhammad Farid Wiranto, Siti Haerani, Muhammad Yunus Amar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kualitas pelayanan tenaga kependidikan dan kualitas tenaga pendidik terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa. Metode Penelitian yaitu survey, subjek penelitian sebanyak 100 orang mahasiswa diambil secara acak di Uiniversitas Indraprasta PGRI Jakarta. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skala likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pendidik memberi pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa. Begitu juga kualitas tenaga kependidikan memberi pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa. Koefisien determinasi (R)2 adalah kualitas pendidik dan kualitas tenaga kependidikan mempunyai hubungan yang kuat terhadap kepuasan pelayanan mahasiswa .
Kata Kunci : Tenaga kependidikan, Pendidik, Kepuasan pelayanan.

Full Text:

Download PDF

References


Agung. 2017. “ Guru sebagai Model Kesantunan Berbahasa dalam Interaksi

Instruksional di Sekolah Dasar.” Mimbar Pendidikan, September 2017,

Volume 2, N0.2, Hal. 145.

Anoraga, Panji. 2000. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta: Jakarta.

Alma, Buchari. 2002.Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bndung:

Alfabeta.

Baron, R.A.2005.Social Psychology. Boston: Allyn and Bacon.

Deviton, J A. 1995. The Interpersonal Communication Book. Hunter college of

The City University of: New York.

Gronroos, C. 1999.Service Management and Marketing. Lexington Mass:

Lexington.

http://ithasartika91.blogspot.com/2011/02/pengertian-pendidik-dan-tenaga.htm

diakses 22 Mei 2017.

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggang. Elex Media Computindo:

Jakarta.

Joewono, Handito Hadi. 2003. Jangan Sekedar Service. Intisari: Jakarta.

Kardoyo. 2016. “Analisa Kepuasan Pelayanan Perguruan Tinggi.” Cakrawala

Pendidikan, Juni 2016, Th.XXXV, N0.2, Hal.166.

Kotler, Philip. Amstrong, Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta:

Erlangga.

Lovy. H. 2017. “ Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Modle Pada

MataKuliah Fisika Dasar.” Cakrawala Pendidikan, Juni 2017, Th.XXXVI,

N0.2, Hal.166.

Martoyo, Susilo. 1990. Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE Universitas

Gajah Mada: Yogyakarta.

Ndraha. 2007. Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Oliver. 2000. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta: Jakarta.

Shein and P.C Wilton. 1988. Modela of Consumer Satisfaction: An Extension

Prentice Hall: New York.

Suciati. 2017. “Interaksi Kesiapan Belajar Dan Kepuasan Terhadap Layanan Pada

Pembelajaran Online Program Pascasarjana.” Cakrawala Pendidikan, Februari 2017, Th.XXXVI, N0.1, Hal.73.

Sutojo, Siswanto. 2003. Meningkatkan Jumlah dan Mutu Pelanggang. Damar

Mulia Pustaka: Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Pemasaran Jasa. Jakarta:Gramedia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20.2003. Tentang sistem Pendidikan

Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Walker, Ristiyanti, Ihalauw J.O.I, John. 2003. Perilaku Konsumen. Andi:

Yogyakarta.

Wyckof dalam Lovelock and Wrigt L. 1988. Principle of Service Maraketing.

McGraw Hill Kogakhusa Ldt: Tokyo.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics