Strategi Pemasaran Objek Wisata Taman Rekreasi dan Rumah Susu Lachio Patumbak dengan Metode SWOT

Mita Armayda, Fahmi Sulaiman

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi apa yang tepat untuk mengembangkan pemasaran objek wisata Taman Rekreasi Dan Rumah Susu Lachio Patumbak melalui pendekatan analisis SWOT dengan melibatkan faktor internal dan eksternal. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang ditujukan kepada pengunjung Taman Lachio. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan menganalisis memakai matriks IFAS, matriks EFAS, matriks IE, matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek wisata Taman Rekreasi Dan Rumah Susu Lachio Patumbak berada di kuadran I, strategi yang cocok adalah strategi agresif. Yang berarti objek wisata dapat melakukan pemanfaatan peluang dengan kekuatan yang dimilikinya. Berdasarkan analisis SWOT mengarahkan pengelola harus melakukan strategi SO (Strenght-Opportunity), strategi tersebut disarankan menjadi menejemen strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh pengelola objek wisata. Memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan jangkauan promosi sebaiknya menjadi strategi yang diprioritaskan oleh pengelola objek wisata Taman Rekreasi Dan Rumah Susu Lachio Patumbak.

References


Abidin, M. Z., Indriartiningtias, R., Lumintu, I., Utami, I. D., Agustina, F., & Novianti, T. (2023). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT dan QSPM (Studi kasus: Wisata Adventure Land Romokalisari Surabaya). Konsorsium Seminar Nasional Waluyo Jatmiko, 16.

Cahyadi, universitas buddhi dharma. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Baja Ringan Di Pt Arthanindo Cemerlang. Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1.

Ginting, A. S., Sulaiman, F., & Hasibuan, S. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELALUI MARKETING MIX DAN STRENGTH, WEAKNESS, OPPURTUNITY dan THREATS PADA COFFEE SHOP 651 GINKAS KECAMATAN BARUSJAHE. Journal of Global Business and Management Review, 4(2). https://doi.org/10.37253/jgbmr.v4i2.7238

Iba, Z., & Wardhana, A. (2023). METODE PENELITIAN (M. Pradana (ed.); 1st ed.). EUREKA MEDIA AKSARA.

Indrasari, M. D. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Indriani, N. (2022). Analisis Swot Terhadap Objek Wisata Pantai Natal Menuju Wisata Halal Di Kecamatan Natal. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 7.

Merdika, A. P., & Amri, M. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN WISATA HALAL PADA OBJEK WISATA MAGETAN BLUDER PLACE NEWTWEETY DI KABUPATEN MAGETAN. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2). https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.967

Saida, Z. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan strategi (Hamdan (ed.); 1st ed.). Forum Pemuda Aswaja.

Salim, M. A., & Siswanto, A. B. (2019). Analisis SWOT Dengan Metode Kuesioner - Google Books. Pilar Nusantara, November 2019.

Soehardi, S., & Sable, S. C. (2019). STRATEGI PEMASARAN BISNIS PARIWISATA DI KOTA DAVAO, FILIPINA. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 1(2). https://doi.org/10.31599/jmu.v1i2.674

Umar, M. S., Juleha, S., Marsela, P., Rosida, Tasya Aprillia Hadi, A., Sari Ningsih, R., Ahmad Zikri, R., Al Frabi, F., Rian, M., & Nuraida, S. (2024). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Pemasaran Desa Patai Kecamatan Cempaga Kota Waringin Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5.

Wahyuningsih, S., & Santoso, R. P. (2023). Pengaruh Strategi Promosi Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Objek Wisata Pemandian Pandan Sili Desa.Ngampungan Kec.Bareng Kab.Jombang. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Manajemen, 1.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.6877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics