Pengaruh Media Sosial Marketing dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung di R-Zoo & Park

Ghea Agustine, Fahmi Sulaiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Media Sosial Marketing Dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Di R-Zoo & Park. Teknik pengumpulan Data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu data primer, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan kuesioner yang ditujukan oleh pengunjung Rahmat Zoo & Park dan dibagikan kepada 100 orang responden. Metode analisis yang dipakai ialah Kuantitatif Asosiatif dengan dianalisis menggunakan olah data spss 25.. Menurut hasil serta kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwasannya: Ditemukan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (94,684> 3,09) dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti secara bersama-sama Media Sosial Marketing Dan Fasilitas Wisata berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung Wisatawan., dan dalam uji reliabilitas menunjukan nilai reliabel Y2,995+ 0,235X1 + 0,636X2 yang artinya data dapat dipercaya dan handal. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwasanya Media Sosial Marketing (X1) dan Fasilitas Wisata (X2) terhadap Minat Berkunjung Wisatawan (Y) memiliki pengaruh yang kuat dan positif sebanyak 65,4% dan sisanya sebesar 34,6% di pengaruhi faktor lain yang tidak di teliti oleh penulis.

Full Text:

Download PDF

References


Anggraini, O. (2023). Penggunaan Social Media Marketing Instagram @ tvmuhammadiyah Dalam Membangun Customer Engagement. 1(4).

Christianto, E. (2021). Bab iii metoda penelitian. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 27–39. http://repository.stei.ac.id/5748/4/BAB III.pdf

Dewi, K. (2019). Pengaruh Produk Wisata dan Kebijakan Harga terhadap Minat Kunjungan Wisatawan. Media Wisata, 17(2), 90–102. https://doi.org/10.36276/mws.v17i2.171

Ebrahim, R. S. (2020). The Role of Trust in Understanding the Impact of Social Media Marketing on Brand Equity and Brand Loyalty. Journal of Relationship Marketing, 19(4), 287–308. https://doi.org/10.1080/15332667.2019.1705742

Hasanah, F. K. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Berkunjung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1(4), 2013–2015.

Lestari, N., & Herfianti, M. (2023). Pengaruh Fasilitas Dan Sosial Media Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Gunung Dempo Kota Pagar Alam. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 4(2), 516–532. https://doi.org/10.36085/jems.v4i2.5492

Nurmala, & Sullaida. (2022). Nurmala 1 Sullaida 2 1,2 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 73–78.

Putu, N., & Sintya Wati, A. (2022). Pengaruh Strategi Promosi dan Fasilitas Pariwisata terhadap Minat Berkunjung Wisatawan. JurnalManajemen,KewirausahaandanPariwisata, 2(3), 760–766.

Qodriyah, H. L., Kusumawardhani, W., Alvianna, S., Hidayatullah, S., & Estikowati, E. (2023). Pengaruh Atraksi Wisata, Harga, Dan Fasilitas Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata Malang Smart Arena. Warta Dharmawangsa, 17(2), 752–762. https://doi.org/10.46576/wdw.v17i2.3185

Susanto, B & Astutik, P. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, xx(x), 46–56.

Suyatno, R., & Sri Widyanti Hastuti, M. A. (2022). PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG (Studi pada Wisata Jurang Senggani (Buper) Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung). Jurnal Edueco, 5(2), 133–142. https://doi.org/10.36277/edueco.v5i2.126

Wulandari, R. W., Sidanti, H., & Kadi, D. C. A. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Persepsi Harga dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Lawu Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 4, 4(3), 1–20.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.6881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics