Pengaruh Media Sosial, Pelayanan, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Seblak Prasmanan Di Kabupaten Bekasi (Studi Pada Umkm Seblak Teh Neng Di Cikarang Utara)

Wulandari Wulandari, Wening Ken Widodasih, Kurbandi Satpatmantya Budi Rochayata BR

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial, pelayanan dan cita rasa terhadap keputusan pembelian pada Warung Seblak Prasmanan di Kabupaten Bekasi (Studi Pada UMKM Seblak Teh Neng di Cikarang Utara). Penelitian ini menggunakan metode sampel non probability sampling dengan teknik sampling incidental jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang menggunakan skala pengukuran likert. Penelitian ini menggunakan metode IBM SPSS Statistics 23. Pengujian yang digunakan adalah instrumen penelitian, asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Media sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung lebih besar daripada t tabel (1,953 > 1,66088) dan nilai signifikan 0,054 > 0,05. 2) Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,531 > 1,66088) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. 3) Cita rasa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung lebih besar darpada t tabel (4,142 > 1,66088) dan nilai signifikan 0,000<0,05. 4) Media sosial, pelayanan dan cita rasa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada warung seblak prasmanan, terlihat dari signifikan uji F sebesar (0,000 < 0,05).
Kata-kata Kunci : Media Sosial, Pelayanan, dan Cita Rasa..

Full Text:

Download PDF

References


Adminkoperasi. (2023). Syarat Jadi Negara Maju, Indonesia Harus Punya Pengusaha Minimal 4% Dari Jumlah Penduduk. Koperasi.Kulonprogokab.Go.Id. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/1298/syarat-jadi-negara-maju-indonesia-harus-punya-pengusaha-minimal-4-dari-jumlah-penduduk#:~:text=Maupun Tidak Langsung-,Syarat Jadi Negara Maju%2C Indonesia Harus Punya,Minimal 4%25 Dari Jumlah Penduduk

Anita, & Wulandari. (2021). Pengaruh Cita Rasa dan Promosi Terhadap Keputusna Pembelian Konsumen di Aisy Drink Kota Bima. Journal MISSY, 2(2).

Atteng, S. P., Maria, F., Nana, A., Kamila, R., Aliyyatussaadah, I., & Setio, R. (2021). Tren Kuliner Seblak Sebagai Faktor Pendukung Perekonomian Masyarakat di Era Milenial. Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(3), 8–13.

Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108

Bintang Ulta Mahardika, H. P. (2022). Pengaruh Media Sosial, Brand Ambassador, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Brand Erigo di Kota Madiun. Simba Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi(SIMBA), September, 1–14.

Bintarti, S. (2021). Keputusan Pembelian : Citra Merk, Cita Rasa dan Harga Consumer Purchase Decision: Brand Image, Taste and Price. Pelita Ilmu, 15(01), 7–16.

Dr. Indra Prasetia, S.Pd., M.Si., Ciq. (2022). Metodologi Penelitian Pendekatan Teori dan Praktik. https://books.google.co.id/books?id=CaeBEAAAQBAJ&pg=PT60&dq=skala+likert+digunakan+untuk+mengukur+apa+saja&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwjrgd-4g5qCAxWu1jgGHY5aDfYQ6wF6BAgOEAU#v=onepage&q=skala likert digunakan untuk

Drummond & Brefere. (2010). Buku Ajar Ahli Gizi. perpustakaan.

Fahlevi, R. (2023). GASSKEUN! JAJAN SEBLAK ALA PRASMANAN DI NANGKRING SEBLAK. Ravahlevi.Com. https://www.rafahlevi.com/2023/03/out-of-box-jajan-seblak-ala-prasmanan.html?m=1

Hasan, S. W., Nur, Y., & Bahasoan, S. (2023). Pengaruh Cita Rasa Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Roti Bakar Yappay Di Sungguminasa. Nobel Management Review, 4(1), 131–141. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i1.3895

Juliani, T. G. (2023). Pengaruh Lokasi , Kualitas Pelayanan , Kualitas Produk , Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Usaha Seblak. Mirai Management, 8(2), 249–259.

Kompas.com. (2023). Orang Indonesia Internetan Lebih dari 7 Jam Sehari. Kompas-Com.Cdn.Ampproject.Org. https://amp.kompas.com/tekno/read/2023/02/14/14020097/orang-indonesia-internetan-lebih-dari-7-jam-sehari-paling-sering-buka-wa-dan-ig

Luisa Zhou. (2023). Satatistik Tinjauan Online: Daftar Definitif data 2023. Uisazhou-Com.Translate.Goog. https://www-luisazhou-com.translate.goog/blog/online-review-statistics/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

M.Ubaidillah. (2023). Jumlah UMKM di Indonesia Banyak, Kenapa Sedikit yang Naik Kelas? SWA Online. https://swa.co.id/swa/trends/jumlah-umkm-di-indonesia-banyak-kenapa-sedikit-yang-naik-kelas

Manajemen.uma. (2022). Perkembangan UMKM di Indonesia. Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Medan Area. https://manajemen.uma.ac.id/2022/12/perkembangan-umkm-di-indonesia/

Nabilah Muhamad. (2023). Jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/UMKM di Indonesia Berdasarkan Kelasnya (2021). Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/13/usaha-mikro-tetap-merajai-umkm-berapa-jumlahnya

R.R Wening Ken Widodasih. (2023). The Effect of Price, Product Quality and Promotion on Purchasing Decisions at UMKM Baso Aci Mba Pit in Jonggol. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 2(6), 1073–1080. https://doi.org/10.55927/fjmr.v2i6.4656

Restiani Widjaja, Y., & Wildan. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.51977/sainsm.v5i1.1007

RR. Wening Ken & Alfira Lianita. (2023). Pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen GoFood. Manajemen, 13 No 1 Ju. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=wening+ken+widodasih&oq=#d=gs_qabs&t=1701088270195&u=%23p%3DRAZlAK6S54EJ

Syaiful Anam, Husna Nashihin, A. T. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, kuantitatif, Eksperimen, dan R&D. books google.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction.

Yasa, I. P. G. S., Suartina, I. W., & Pratiwi, K. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(3), 459–472.

Yogesh, funde, & Yesha, M. (2014). Effect of Social Media on Purchase Decision. kampus.

Yudi Kurniawan, K., & Albari, A. (2022). Pengaruh Media Sosial dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Varian Produk Merek Apple Lini Terbaru. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(1), 52–66. https://doi.org/10.47668/pkwu.v11i1.566




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics