Identifikasi Best Practice Knowledge Management pada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)

Muhammad Hibban Mikhail, Muhammad Hanif Zahran, Tania Ayu Sekar Arum, Navya Kirana S, Muharman Lubis

Abstract


Pengetahuan merupakan aset penting bagi organisasi untuk mencapai tujuannya. Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) sebagai lembaga penyelenggara pemilu di Indonesia memiliki peran penting dalam menjaga integritas pemilu. Namun, Bawaslu belum memiliki sistem manajemen pengetahuan (KM) yang terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi best practice KM di Bawaslu dengan menggunakan framework SECI (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) yang dikembangkan oleh Nonaka dan Takeuchi. Data penelitian diperoleh dari studi literatur dan dokumen terkait KM di Bawaslu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bawaslu telah menerapkan beberapa best practice KM dalam proses sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, dan internalisasi pengetahuan. Dalam proses sosialisasi, Bawaslu melakukan pelatihan, mentoring, dan sharing session untuk mentransfer pengetahuan tacit antar pegawai. Dalam proses eksternalisasi, Bawaslu mendokumentasikan pengetahuan eksplisit dalam bentuk manual, pedoman, dan laporan. Dalam proses kombinasi, Bawaslu menggabungkan pengetahuan eksplisit dari berbagai sumber untuk menghasilkan pengetahuan baru. Dalam proses internalisasi, Bawaslu menerapkan pembelajaran melalui praktik dan pengalaman langsung dalam penyelenggaraan pemilu. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi Bawaslu dalam mengembangkan sistem KM yang lebih efektif dan efisien. Best practice KM yang diidentifikasi dalam penelitian ini dapat menjadi acuan bagi Bawaslu dalam meningkatkan pengelolaan pengetahuan dan meningkatkan kinerja organisasi.

Kata Kunci: Knowledge Management, SECI Model, Best Practice, Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU).

Full Text:

Download PDF

References


V. W. B. Martins, I. S. Rampasso, R. Anholon, O. L. G. Quelhas,

and W. Leal Filho, “Knowledge management in the context of

sustainability: Literature review and opportunities for future

research,” J. Clean. Prod., vol. 229, pp. 489–500, 2019, doi:

1016/j.jclepro.2019.04.354.

E. C. K. Cheng, “Knowledge management for improving school

strategic planning,” Educ. Manag. Adm. Leadersh., vol. 49, no. 5,

pp. 824–840, 2021, doi: 10.1177/1741143220918255.

P. Canonico, E. De Nito, V. Esposito, M. Pezzillo Iacono, and S.

Consiglio, “Knowledge creation in the automotive industry:

Analysing obeya-oriented practices using the SECI model,” J. Bus.

Res., vol. 112, no. November, pp. 450–457, 2020, doi:

1016/j.jbusres.2019.11.047.

M. G. Aboelmaged, “Knowledge sharing through enterprise social

network (ESN) systems: motivational drivers and their impact on

employees’ productivity,” J. Knowl. Manag., vol. 22, no. 2, pp.

–383, 2018, doi: 10.1108/JKM-05-2017-0188.

A. Chatterjee, A. Pereira, and B. Sarkar, “Learning transfer system

inventory (LTSI) and knowledge creation in organizations,”

Learn. Organ., vol. 25, no. 5, pp. 305–319, 2018, doi:

1108/TLO-06-2016-0039.

L. Lam, P. Nguyen, N. Le, and K. Tran, “The relation among

organizational culture, knowledge management, and innovation

capability: Its implication for open innovation,” J. Open Innov.

Technol. Mark. Complex., vol. 7, no. 1, pp. 1–16, 2021, doi:

3390/joitmc7010066.

O. Al-Kurdi, R. El-Haddadeh, and T. Eldabi, “Knowledge sharing

in higher education institutions: a systematic review,” J. Enterp.

Inf. Manag., vol. 31, no. 2, pp. 226–246, 2018, doi: 10.1108/JEIM-

-2017-0129.

R. Farooq, “Developing a conceptual framework of knowledge

management,” Int. J. Innov. Sci., vol. 11, no. 1, pp. 139–160, 2019,

doi: 10.1108/IJIS-07-2018-0068.

Q. Jarmooka, R. G. Fulford, R. Morris, and L. Barratt-Pugh, “The

mapping of information and communication technologies, and

knowledge management processes, with company innovation,” J.

Knowl. Manag., vol. 25, no. 2, pp. 313–335, 2021, doi:

1108/JKM-01-2020-0061.

A. Kianto, M. Shujahat, S. Hussain, F. Nawaz, and M. Ali, “The

impact of knowledge management on knowledge worker

productivity,” Balt. J. Manag., vol. 14, no. 2, pp. 178–197, 2019,

doi: 10.1108/BJM-12-2017-0404.

A. M. Abubakar, H. Elrehail, M. A. Alatailat, and A. Elçi,

“Knowledge management, decision-making style and

organizational performance,” J. Innov. Knowl., vol. 4, no. 2, pp.

–114, 2019, doi: 10.1016/j.jik.2017.07.003.

S. Avdimiotis, “Emotional intelligence and tacit knowledge

management in hospitality,” J. Tour. Herit. Serv. Mark., vol. 5, no.

, pp. 3–10, 2019, doi: 10.5281/zenodo.3601651.

M. L. Farnese, B. Barbieri, A. Chirumbolo, and G. Patriotta,

“Managing knowledge in organizations: A nonaka’s SECI model

operationalization,” Front. Psychol., vol. 10, no. December, pp. 1–

, 2019, doi: 10.3389/fpsyg.2019.02730.

M. A. Rosi Bahrur, “Jurnal Pengawasan Pemilu,” Bawaslu, pp. 1–

, 2022.

S. D. Shandika, “The Influence of Leadership and Work

Environment on The Performance of Pagedangan Village Office

Employees, Pagedangan District, Tangerang District,” Kontigensi

J. Ilm. Manaj., vol. 10, no. 2, pp. 246–254, 2022, doi:

56457/jimk.v10i2.285.

S. Rakhman and A. Sya, “The Performance Effectiveness of the

Human Resources of the Dki Jakarta Province Bawaslu in

Implementing the Prevention of 2019 Election Violations,”

PalArch’s J. Archaeol. …, vol. 19, no. 15, pp. 1741–1759, 2022.

P. Bersama et al., “WAll KOTA,” 2020.

K. Badan, P. Pemilihan, and U. Republik, “Peraturan Badan

Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 2 Tahun

,” pp. 1–65, 2022




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics