Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Emina Di Kota Batam

Sherly Hastuti, Nora Pitri Nainggolan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keputusan pembelian Emina di Kota Batam dipengaruhi oleh kualitas produk, kepercayaan dan citra merek. Pengguna yang telah menggunakan produk Emina merupakan populasi yang digunakan, meskipun tidak jelas berapa banyak. Dengan menggunakan pendekatan purposive sampling dan rumus Lemeshow digunakan dalam proses pengambilan sampel, sehingga menghasilkan perhitungan total 100 responden. Data dianalisis menggunakan model regresi linier berganda yang melalui pengujian uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi liner berganda menunjukkan bahwa 21,5% keputusan pembelian dipengaruhi oleh kualitas produk. Pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian sebesar 11,1%. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh citra merek sebesar 77,3%. Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan koefisien determinasi (R2), kualitas produk, kepercayaan dan citra merek dapat menjelaskan bahwa 79,6% dari variasi dalam keputusan pembelian. Selain itu uji t dan uji f menunjukkan bahwa variable kualitas produk dan citra merek secara parsial dan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Emina di Kota Batam, sedangkan kepercayaan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian Emina di Kota Batam. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan produk Emina di masa mendatang.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepercayaan, Citra Merek, Keputusan Pembelian.

Full Text:

Download PDF

References


(Tunis dan Martina, 2016). (2016). Pariwisata, Vol. III No. 1 April 2016. (Tunis Dan Martina, 2016)., III(1), 60–72. https://doaj.org/article/49cc795095d141b08bc4c093f5f9328c

Abarna, K. R., Vijayalakshmi, V., & Andal, V. (2023). Impacto del riesgo y la confianza en la decisión de compra de los clientes de compras en línea: un estudio con referencia a la ciudad de Chennai. International Journal of Professional Business Review, 8(4), 1–10. https://openaccessojs.com/JBReview/article/view/1150

Afifah, M. N., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina di Batam. Journal of Management and Bussines (JOMB), 4(1), 1121–1133.

Anggraini, A., & Nasution, Y. S. J. (2023). The Effect of Positioning, Product Quality, and Brand Image on Purchasing Decisions for Motor Vehicle Insurance at PT Asuransi Askrida Syariah, Medan Branch. Management Analysis Journal, 12(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/65896%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/65896/23997

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional. https://books.google.co.id/books?id=nTxlEAAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Astuti, Y. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Ayam Penyet Cabe Ijo Kota Langsa. Ihtiyath : Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v5i1.2573

Bansaleng, J. M., Sepang, J. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Kartu XL di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 331–340. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/34722

Devananda, L., Fadhilah, M., & Hutami, L. T. H. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Brand Image, Keamanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Shopee Generasi Y & Z). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8072–8079. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2183

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.).

Hidayaturohmah, S. N., & Maskur, A. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Prima Komputer Demak). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 3633–3643. https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/2557/1412

Kunci, K. (2024). ( Studi Pada Konsumen Ikan Asin di Kabupaten Rembang ). 7(1), 68–79. https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/1336/704

M. Anang, F. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 143–144. https://www.researchgate.net/publication/334964919_Buku_Pemasaran_Produk_dan_Merek/link/5d47e1a04585153e593cff86/download?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19

Maulana, C. A., & Maskur, A. (2023). Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(1), 36–50. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i1.5386

Prasetya, R. A., & Asteria, B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Lazada. 3(3), 78–90. https://www.jurnal.uts.ac.id/index.php/Tambora/article/view/2180/1239

Rahmawati, A., Maskur, A., & Semarang, U. S. (2023). Decisions At PT . Nusantara Sakti , Mijen Branch , Semarang City Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT . Nusantara Sakti Cabang Mijen , Kota Semarang. 4(4), 3606–3614. https://www.yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/1705/1410

Santoso, A., Muhammadiyah, U., & Harmoni, P. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap. Jurnal Ekuilibrium, 11(1), 43–55.

Simanjuntak, D. C. Y., Salimi, V. A., Louis, V., & Johanes, T. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Baja Pada Pt Suminsuryamesindolestari. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2872. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p20

Sindarto, J., & Ellitan, L. (2023). Peran Citra Merek dan Inovasi Produk dalam Membangun Kepuasan dan LNiat Pembelian Ulang: Sebuah Kajian Teoritis. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(23), 1192–1203. https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fjournal-nusantara.com%2Findex.php%2FJIM%2Farticle%2Fdownload%2F1412%2F1222%2F2505&psig=AOvVaw0awKEaV2gIEDNO9coK2xrL&ust=1711765360812000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CAUQn5wMahcKEwjgyc6BtZiFAxUAA

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta. https://elibrary.stikesghsby.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1879&keywords=

Tarigan, Z. V. (2024). Pengaruh Media Sosial Online , Kualitas Produk , Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Nuansa Caffe Saribudolok Kecamatan Silimakuta. 4. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/8723/5960

Yossie Rossanty, Muhammad Dharma Tuah Putra Nasution, F. A. (2018). Consumer Behaviour in Era Millennial (R. Franita (ed.)). Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI, 2018. https://books.google.co.id/books?id=LgmZDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Zesvin, Z., & Nainggolan, N. P. (2023a). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Product Quality terhadap Keputusan Pembelian Produk EcoKing di Kota Batam. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 49. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.908




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics