Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer-Based Brand Equity (Studi Pada Konsumen B2B Di Instagram Genta Guitar)

Sankist Herdiyani, Pratami Wulan Tresna, Raden Marsha Aulia Hakim

Abstract


Riset ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing terhadap customer-based brand equity pada Instagram @gentaguitar dari industri musik gitar lokal Genta Guitar. Desain riset yang digunakan adalah metodologi kuantitatif dengan jenis riset metode deskriptif verifikatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling menggunakan teknik simple random sampling. Sampel riset ini sebanyak 58 dari 68 populasi konsumen B2B yang pernah dipasok Genta Guitar dan mengetahui konten-konten Instagram @gentaguitar. Teknik analisis yang digunakan riset ini adalah analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis (uji t), dan koefisien determinasi. Hasil dalam riset ini menyatakan bahwa variabel content marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel customer-based brand equity. Dalam variabel content marketing, dimensi sharing menjadi dimensi dengan skor terbesar sedangkan dimensi decision-making menjadi dimensi dengan skor terendah. Dalam variabel customer-based brand equity, dimensi brand identity menjadi dimensi dengan skor terbesar sedangkan dimensi brand relationships menjadi dimensi dengan skor terendah.
Kata Kunci: Content Marketing, Customer-Based Brand Equity, Genta Guitar, Industri Gitar Lokal, Instagram.

Full Text:

Download PDF

References


Abbas, M. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. SEIKO: Journal of Management & Business, 7(1), 131–139.

Bea dan Cukai. (2023). Genta Trikarya Ekspansi Pasar Amerika Melalui Gitarnya. Beacukai.Go.Id. https://www.beacukai.go.id/berita/genta-trikarya-ekspansi-pasar-amerika-melalui-gitarnya.html

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing (6th ed.). Pearson. www.pearson.com/uk

Chen, J. (2023). Business-to-Business (B2B): What It Is and How It’s Used. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/b/btob.asp

Dalimunthe, F. M. A. A., & Karnita, R. (2023). Strategi Pemasaran Gitar Genta Sebagai Karya Kebanggaan Anak Bangsa Pada PT. Genta Trikarya. E-Proceeding Institut Teknologi Nasional - Bandung.

Dixon, S. J. (2024). Leading Countries Based on Instagram Audience Size as of January 2024 (in millions). Statista. https://www.statista.com/statistics/578364/countries-with-most-instagram-users/#:~:text=As%20of%20January%202024%2C%20India%20had%20a%20total,ranked%20in%20fourth%2C%20fifth%20and%20sixth%20position%2C%20respectively.

Dwinov, T., Ramitha, A., Siregar, A., & Cahyadi, W. (2024). Pengaruh Media Sosial dan Keterampilan Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan Usaha Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening Pada UMKM Kota Tebing Tinggi. SEIKO: Journal of Management & Business, 7(1).

Gani, A. A., Gani, A. A., Abdullah, M. I. A., Kamase, J., & Gani, A. (2024). Pengaruh Strategi Promosi Member Card dan Media Sosial Terhadap Loyalitas Pelanggan Kaku Food Cabang Sudiang Kota Makassar. SEIKO: Journal of Management & Business, 7(1), 563–573.

Karr, D. (2016). How to Map Your Content to Unpredictable Customer Journeys. San Francisco: Meltwater.

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (5th ed.). Pearson Education.

Kemp, S. (2024). Digital 2024: Indonesia. Datareportal. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving From Traditional To Digital. Wiley.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15e ed.). Pearson Education.

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing Management: An Asian Perspective (7th ed.). Pearson Education.

Martinez, J. (2022). 17 Best Indonesian Guitar Brands That Don’t Suck (2024). Guitarbased.Com. https://www.guitarbased.com/best-indonesian-guitar-brands/

Novrianto, R. (2022). Negara-Negara Penghasil Gitar Berkualitas, Ada Indonesia, Coy. Mojok.Co. https://mojok.co/terminal/negara-negara-penghasil-gitar-berkualitas/

Onobrakpeya, S. A., & Ugwuonah, G. E. (2023). Effects of Content Marketing Strategy on Customer-Based Brand Equity of Hotels in South-South Nigeria. Innovations.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yaghtin, S., Safarzadeh, H., & Karimi Zand, M. (2020). Planning A Goal-Oriented B2B Content Marketing Strategy. Marketing Intelligence & Planning, 38(7), 1007–1020. https://doi.org/10.1108/MIP-11-2019-0559

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics