Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Balanced Scorecard (BSC) pada organisasi sektor publik. BSC digunakan untuk memberikan pandangan yang komprehensif tentang kinerja organisasi melalui empat perspektif utama: stakeholder, customer, internal business process, dan learning and growth.Metodologi penelitian menggunakan studi kasus melalui pendekatan deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data primer. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif untuk mengukur sejauh mana penerapan BSC dapat meningkatkan kinerja organisasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan BSC di Kanwil DJP Kepulauan Riau telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja organisasi. Perspektif stakeholder menunjukkan peningkatan dari tahun 2022 ke tahun 2023 yaitu indeks capaian 107,79 > 95,16%. Perspektif customer menunjukkan peningkatan dari 2022 ke 2023 indeks capaian 110,15% > 103,80%. Perspektif internal business process memperlihatkan adanya perbaikan dalam efektivitas dan efisiensi proses kerja dari 2022 ke 2023 indeks capaian sebesar 112,76% > 112,57%. Demikian juga pada perspektif learning and growth menunjukkan peningkatan dari 2022 ke 2023 indeks capaian kinerja sebesar 109,32% > 108,10%. Secara umum nilai kinerja organisasi mengalamai kenaikan dari 2022 ke 2023 109,89% > 106%.Dengan demikian disimpulkan bahwa Balanced Scorecard adalah alat yang efektif untuk pengukuran kinerja organisasi sektor publik, namun memerlukan penyesuaian dalam penerapannya.
Kata Kunci: Balanced Scorecard, Pengukuran Kinerja, Organisasi Sektor Publik, Kanwil DJP Kepulauan Riau, Evaluasi Kinerja
References
Fitriyani, D. (2014). Balanced Scorecard: Alternatif Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik. Jurnal Cakrawala Akuntansi, 6(1), 16–31. http://jca.unja.ac.id
Putri, C. F., & Nisa, C. T. (2018). Prefix-RT Seminar Nasional Hasil Riset Pengukuran Kinerja Terhadap Koperasi Serba Usaha (Ksu) Um Malang Dengan Metode Balanced Scorecard.
Riyana, D. (2017). Pengukuran Kinerja Perusahaan PT. Indofood Dengan Menggunakan Balanced Scorecard. Jurnal Sekuritas, 1(2), 42–53.
Taufik, A. (2015). Evaluasi Pencapaian Kinerja Berbasis Balanced Scorecard Pada Organisasi Sektor Publik.
Tilawah, I. S., Indayanti, N. D., & Trisnawati, R. R. (2018). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Konsep balance scorecard.
Yulitiawati, & Rusmidarti. (2021). Analisis Pengukuran Kinerja Organisasi Sektor Publik Dengan Mengunakan Pendekatan Value For Money Di Kabupaten OKU.
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.