Strategi Komunikasi Pemasaran Coffee Shop Di Tulungagung Dalam Menarik Minat Beli Konsumen

Nada Fitra Nabila, Windri Saifudin

Abstract


Pertumbuhan bisnis coffee shop di Indonesia telah mengalami peningkatan sangat pesat. Pertumbuhan bisnis coffee shop tidak hanya terjadi di kota-kota besar, tetapi juga telah merambah di kota-kota kecil, salah satunya Kabupaten Tulungagung. Menjamurnya coffee shop di Tulungagung menuntut para pebisnis menerapkan komunikasi pemasaran yang efektif untuk mencapai tujuan bisnis. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh tiga coffee shop di Tulungagung, yaitu ACC Coffee, Hakui Kopi, dan Foresthree Coffee Tulungagung, dalam menarik minat beli konsumen. Menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan konsep Marketing Mix 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence). Hasil penelitian menunjukkan ketiga coffee shop tersebut menjalankan strategi komunikasi pemasaran dalam menarik minat beli konsumen. Strategi tersebut dilakukan melalui media sosial sebagai media promosi, pemberian program promo yang beragam untuk menarik minat beli, serta kolaborasi dengan influencer untuk memperluas jangkauan pasar. Meskipun masing-masing menerapkan pendekatan berbeda sesuai karakteristik dan target pasar mereka. Ketiganya memiliki keunikan masing-masing yang dapat membedakan mereka dari pesaing.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Coffee Shop, Strategi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Marketing Mix

Full Text:

Download PDF

References


Adhianti, A. A., & Herlinda, H. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran 7P Pengelola Museum Sejarah Jakarta Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan Mancanegara. Scriptura, 10(1), 34–42. https://doi.org/10.9744/scriptura.10.1.34-42

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press. CV. Syakir Media Press.

Agmasari, Silvita (2021). Sektor Kuliner Penyumbang Terbesar PDB Ekonomi Indonesia. Diperoleh dari https://www.kompas.com/food/read/2021/08/11/210300375/ sektor-kuliner-penyumbang-terbesar-pdb-ekonomi-kreatif-indonesia#google_vignette

Auliya, S. (2021). Event Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Volume Penjualan Kayn Label. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9, 1–19. https://jimfeb.ub.ac.id/index. php/jimfeb/article/view/7577/6536

Aryani, E., Zanaria, Y., & Kurniawan, A. (2022). Analisis Perkembangan Coffee shop Sebagai Salah Satu Peranan Umkm Di Kota Metro. Jurnal Akuntansi AKTIVA, 3(2), 139–145. https://doi.org/10.24127/akuntansi.v3i2.3039

Aditya, A., & Sanjaya, R. (2024). Pengaruh influencer kuliner petualangmakanan_a2 dalam pemasaran usaha kuliner melalui media sosial instagram. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis ISSN, 17(1), 24–38.

Badan Pusat Statistik. [Seri 2010] Laju Pertumbuhan PDB Seri 2010 (Persen), 2023

Badan Pusat Statistik Kabupaten Probolinggo. Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur (Rupiah), 2022-2024

Christine, C., & Budiawan, W. (2017). Analisis Pengaruh Marketing Mix (7P) terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada House of Moo, Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 6(1). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php /ieoj/article/view/15928

Chandra, J. P., Yuwono, E. C., & Mardiono, B. (2017). Perancangan Buku Interaktif Pengenalan dan Pemanfaatan Tanaman Obat Tradisional Menjadi Minuman Teh Herbal. Jurnal DKV Adiwarna, 1(10), 11. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article /view/5588

Dahwilani, D. M. (2019 ). Data dan Fakta Tren Menjamurnya Kedai Kopi Kekinian di Indonesia. Diperoleh dari (https://www.inews.id/travel/kuliner/data-dan-fakta-tren-menjamurnya-kedai-kopi-kekinian-di-indonesia)

Faesol, A. (2013). Efektivitas diskon dan hadiah sebagai sarana promosi penjualan untuk menarik niat beli konsumen pada bumbu magic lezat. Jurnal Manajemen Bisnis, 3.

Fatmawati, E., Jusnita, R. A. E., & Gymnastiar, I. A. (2023). Leveraging Social-Media : Building Exceptional. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 44–53.

Fitriani, D. (2023). Eksistensi Budaya Minum Kopi dari Era Kolonial hingga Era Modern. Daya Nasional: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 114–119. https://doi.org/10.26418/jdn.v1i3.70369

Gumilar, G. (2015). Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, V(2), 77–84.

Glucksman, M. (2017). “The Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle.” Elon Journal of Undergraduate Research in Communications 8: 77–87

Gunawan, A. A. P. D., Novel, N. J. A., & Budiyanti, S. A. (2023). Strategi Influencer Marketing Pada Rahsa Nusantara Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Lentera Bisnis, 12(3), 725. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i3.869

Hartini, Sudirman, A., & Wardhana, A. (2022). Manajemen Pemasaran (Era Revolusi Industri 4.0). In Manajemen Pemasaran (Era Revolusi Industri 4.0) (Issue July). CV. Media Sains Indonesia.

Hariyanto, D. (2023). Komunikasi Pemasaran. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Irawan, D., Fauji, D. A. S., Sari, L. D., & Al-Aradatin, S. A. (2020). Kontruksi budaya ngopi bagi generasi millenial di kota kediri. September, 100–109.

Izzah, A. (2024). Strategi Pemasaran Air Minum dalam Kemasan pada Agen PT . Izauranet Berkah Mandiri. 2(2), 61–82.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga

Muhamad, F., Suharyono, & Alfisyahr, R. (2017). "Pengaruh Sensory Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen dan Repurchase Intention (Survei Pada Konsumen Nomu 9 Bites & Beverages di Kota Malang)". Jurnal Administrasi Bisnis, 90.

Nasruddin. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Pt. Hadji Kalla Cabang Palopo. MANDAR: Management Developement and Applied Research Journal, 3(2), 19–27.

Osterwalder, A dan Pigneur, Yves. (2014). Business Model Generation. Alih bahasa oleh Natalia Ruth Sihandrini. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Partha, C., Aryadina, P., & Yasa, N. N. (2023). Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan di Cafe Bucu Sanur. 2(2), 92–97.

Pranata, S. (2023). Peranan Media Sosial Terhadap Penigkatan Omset Umkm (Studi Kasus Penjualan Pakaian Bekas Di Pajak Melati Tg.Anom). Jurnal Mahkota Bisnis (Makbis), 2(1). https://doi.org/10.59929/mm.v2i1.17

Resmiatini, E., & Imanika, I. (2020). Analisis Implementasi Bauran Pemasaran 7p Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Batu – Malang Erna. Jurnal Dialektika, 5, 57–76.

Solikatun, Kartono, D. T., & Demartoto, A. (2015). Perilaku Konsumsi Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi (Studi Fenomenologi Pada Peminum Kopi Di Kedai Kopi Kota Semarang). Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1). https://doi.org/10.20961/jas.v4i1.17410

Salma, A. N. (2017). Pengaruh Sponsorship Dalam Meningkatkan Brand Awareness ( Studi pada Sponsorship Garuda Indonesia Terhadap Liverpool FC sebagai Global Official Airline Partner). 2(1), 1–26.

Sari, G. G., & Gusti, G. E. (2017). Penerapan Strategi Word To Mouth Dalam Sistem Jual Beli Di Kelompok Pengajian Salafi Kota Pekanbaru. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.30656/lontar.v5i1.483

Shaputri, D. A., & Abdurrahman, M. S. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen pada Cafe Coffee di Bandung (Studi Deskriptif Kualitatif pada Morning Glory Coffee). 6(3), 6775–6794.

Sari, R., & Halim, C. (2022). Analisis Strategi Bisnis Guna Meningkatkan Daya Saing pada Coffee shop di Bandar Lampung (Studi Kasus Dr. Coffee). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(3), 231–248.

Siagian, M. S. (2021). Pengaruh Influencer terhadap Brand Awareness melalui Media Sosial. 972–983.

Saputra, D. I. S., Guntoro, D., & Annisa. (2021). Sukses Membangun Food Startup Bagi Mahasiswa. Wawasan Ilmu

Saniyyah, H. K. M., & Nasher, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Jacob Koffie Huis Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 66–75. https://doi.org/10.35760/mkm.2023.v7i1.8391

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Udayani, L. P., Mahyuni, L. P., & Putra, A. A. (2023). Strategi penetapan harga , diferensiasi dan diversifikasi produk dalam membangun keunggulan bersaing UMKM. 25(2), 396–407.

Wahyudi, D., & Rahayu, S. (2019). Penerapan Diskon Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Matahari Departement Store Kediri Town Square. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12, 42–51.

Widarti, P. (2019). Pertumbuhan Kafe Berbasis Kopi Jatim Mencapai 18 Persen Setahun. Diperoleh dari (https://surabaya.bisnis.com/read/20191001/531/1154444 /pertumbuhan-kafe-berbasis-kopi-jatim-mencapai-18-persen-setahun)

Wiharto, B. (2019). Manajemen pemasaran. CV. Dwicitra Grafind

Wijaya, M., Ferdinand, R., Giani, G., & Priestly, E. (2024). Analisis Peranan Kartu Member Terhadap Minat Belanja di Indomaret. 2(1), 298–306




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics