PREFERENSI MASYARAKAT DI KOTA MAKASSAR DALAM MENGGUNAKAN E-MONEY FINTECH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN ELEKTRONIK
Abstract
Sedangkan variabel preferensi pribadi berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan masyarakat di Kota Makassar dalam menggunakan e-money fintech sebagai alat pembayaran elektronik. Dari ketiga variabel bebas yang berpengaruh signifikan, ternyata variabel ekonomi mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan masyarakat di Kota Makassar dalam menggunakan e-money fintech sebagai alat pembayaran elektronik. Hal ini berarti, bahwa preferensi individu masyarakat di Kota Makassar masih berperan dalam keputusan penggunaan e-money fintech sebagai alat pembayaran elektronik.
Kata Kunci : Preferensi, E-Money, Fintech
Full Text:
Download PDFReferences
Henry Simamora. (2013). Paduan Perilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia.
Indarto, Rossi, Prasetya. (2011). Analisis Preferensi Terhadap Bundling Kartu GSM Dengan Smartphone. Universitas Indonesia: Thesis
Howard and Sheth. (2000). “Consumer Behaviour: Applications in Marketing” SagePublications Ltd., London.
Tunggal, Widjaja. (2005). Tanya Jawab: Perilaku Konsumen dan Pemasaran Strategi. Jakarta: Penerbit Harvarindo.
Peraturan Bank Indonesia Nomor 16/08/PBI/2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009.
Junadi, & Sfenrianto. (2015). A Model of Factors Influencing Consumer’s Intention to Use E- payment System in Indonesia. Procedia Computer Science, 59(Iccsci).
Chisti, S., and Barberis, J. (2016). The Fintech Book: The Financial Technology Handbook for Investors, Entrepreneurs and Visionaries. John Wiley & Sons Ltd: West Sussex.
Aaker, David A, V Kumar dan Georges S. Day (2001). Marketing Research. 7th Ed., New York. John Wiley and Sons.
Malhotra, N.K. (2004). Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan. Edisi Bahasa Indonesia, PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.
Margaretha dan Donant Alananto Iskandar. (2018). “Pengaruh Faktor Sosial, Pribadi, Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Teater Jkt48 Dengan Brand Love Sebagai Variabel Intervening”. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol.3, No.3
Bank Indonesia. (2020). Principal Economist Payment System Policy Department Bank Indonesia, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i3.739
Refbacks
- There are currently no refbacks.