Knowledge Management, Leadership Type, and Organizational Culture’s Effects on Digital Transformation and Innovation at Indonesian Classification Agency

Arif Bijaksana Prawira Negara, Mahir Pradana, Anita Silvianita, Nurafni Rubiyanti, Putu Nina Madiawati, Ridho Joviano

Abstract


Organisasi harus terus menyesuaikan diri dengan peningkatan teknologi di dunia digital yang terus berubah agar tetap kompetitif. Transformasi digital sangat dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan, meskipun signifikansi budaya organisasi sebagai komponen mediasi masih sedikit dipahami. Studi ini meneliti bagaimana budaya organisasi memengaruhi hubungan antara transformasi digital dan gaya kepemimpinan. Studi ini menggunakan pendekatan teknik kuantitatif untuk mengumpulkan data dari sampel representatif perusahaan di berbagai industri. Temuan menunjukkan bahwa budaya perusahaan memiliki peran mediasi utama dalam bagaimana gaya kepemimpinan memengaruhi aktivitas yang terkait dengan transformasi digital. Secara khusus, budaya yang inovatif dan fleksibel yang sejalan dengan gaya kepemimpinan transformasional meningkatkan kemanjuran inisiatif transformasi digital. Di sisi lain, ketidaksesuaian dalam budaya perusahaan dan kepemimpinan dapat mempersulit adopsi teknologi digital. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya menumbuhkan budaya organisasi yang mendukung dan memperkuat upaya kepemimpinan dalam mendorong transformasi digital. Studi ini berkontribusi pada literatur dengan menyoroti hubungan sinergis antara kepemimpinan, budaya, dan transformasi digital, yang menawarkan implikasi praktis bagi para manajer dan pembuat kebijakan yang bertujuan untuk mendorong inisiatif digital yang sukses.

Kata Kunci: transformasi digital; budaya organisasi; organisasi digital; kepemimpinan

Full Text:

Download PDF

References


Adnan, A. Z., Rahayu, A., Hendrayati, H., & Yusuf, R. (2021, February). The role of electronic customer relationship management (E-CRM) in improving service quality. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1764, No. 1, p. 012051). IOP Publishing.

Azzahra, E., & Syarifuddin, S. (2024). Analisis pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT Telekomunikasi Indonesia (persero) tbk wilayah Telekomunikasi Bogor. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(1), 485-499.

Geraldi, A., & Syarifuddin, S. (2022). Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Wilayah Telekomunikasi Jember. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 523-531.

Indriawati, M. L., & Hasbi, I. (2023). Strategy for Development of Istiqomah Poterry SMEs in Paseban Village Using the Smart Business Map. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 44-51.

Negara, A. B. P., Pradana, M., Silvianita, A., Rubiyanti, N., Madiawati, P. N., & Nabila, F. S. (2024). Optimizing transformational leadership and knowledge management as keys to innovation. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(4), 4071.

Nugraha, D. W., Ismail, H., Wardhana, A., Wijaksana, T. I., & Yunani, A. (2023, December). A systematic literature review: implementation of ERP systems in logistics companies supply chain management in developed and developing countries. In International Conference on Mathematical and Statistical Physics, Computational Science, Education and Communication (ICMSCE 2023) (Vol. 12936, pp. 257-264). SPIE.

Putri, A. A., Wardhana, A., & Pradana, M. (2021). The Influence of Service Quality and Consumer Trust on Consumer Loyalty of Carousel Apps. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (pp. 2884-2889).

Saragih, R., Kurnianingrum, D., Fakhri, M., & Luturlean, B. S. (2024, June). Tracing trends in student citizenship behavior: a brief bibliometric review. In International Conference on Medical Imaging, Electronic Imaging, Information Technologies, and Sensors (MIEITS 2024) (Vol. 13188, pp. 328-334). SPIE.

Wardhana, A., Kartawinata, B. R., Akbar, A., & Muslimin, I. (2021). The Effect of the Use of Influencer on The Purchase Decision of MSME Culinary Products in Indonesia (Study On Snack Product Kripik Belings On Instagram). In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management (pp. 190-198).

Yuliarni, N., Hurriyati, R., Disman, D., Hendrayati, H., & Warlina, L. (2023). Marketing strategy of ecotourism in Uzbekistan and Indonesia. Journal of Eastern European and Central Asian Research (JEECAR), 10(4), 638-649.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics