Strategi Pemasaran Benih Ikan dari Kantor Balai Benih Ikan Air Tawar Seppong Desa Pasiang Kecamatan Matakali

Kadri Anza, Hamsah Hamsah, Ansyar Ansyar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran benih ikan dari Kantor Balai Benih Ikan Air Tawar Seppong, Desa Pasiang, Kecamatan Matakali. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran benih ikan air tawar melalui Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan Matriks External Factor Evaluation (EFE). Hasil analisis menunjukkan bahwa kekuatan utama Balai Benih Ikan adalah kualitas benih yang tinggi dan proses produksi yang efisien. Namun, terdapat kelemahan dalam keterbatasan variasi produk dan modal yang dimiliki. Peluang yang ada meliputi peningkatan permintaan pasar dan dukungan kebijakan pemerintah, sementara ancaman utama adalah persaingan yang ketat dan perubahan preferensi konsumen. Berdasarkan analisis SWOT, disarankan strategi pemasaran yang agresif untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta mengembangkan produk dan memperluas jangkauan pasar. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan pertumbuhan Balai Benih Ikan Air Tawar di masa yang akan datang.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Benih Ikan, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Analisis SWOT.

Full Text:

Download PDF

References


Amstrong, G., & Philip, K. (2021). Dasar-Dasar Pemasaran. Penerbit Prenhalindo. .

Askar, H., Teknologi, J., Perikanan, H., Nobel, I., Makassar, I., Sultan, J., 212, A. N., Makassar, K., Makassar, K., & Selatan, S. (n.d.). MARKETING MIX BENIH IKAN MAS (Cyprinus carpio) DI BALAI BENIH IKAN (BBI) KALOLA KABUPATEN WAJO MARKETING MIX OF CARP SEED (Cyprinus carpio) AT FISH SEED CENTER (BBI) KALOLA, WAJO DISTRICT. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tf

Badan Pusat Statistik Kabupaten Polewali Mandar. (2024). Produksi Perikanan Menurut Kecamatan dan Jenis Perikanan, 2022-2023. https://polewalimandarkab.bps.go.id/indicator/56/160/1/produksi-perikanan-menurut-kecamatan-dan-jenis-perikanan.html.

Ketut, N. I., Jayanti, A., & Ginarsa, W. (2013). E-Jurnal Agribisnis dan Agrowisata Bauran Pemasaran Lobster Air Tawar pada Kelompok Petani Agro Crayfish di Denpasar Marketing Mix of Crayfish on Agro Crayfish Farmers Group in Denpasar. 2(2), 62. http://ojs.unud.ac.id/index.php/JAA

Kotler, & K. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran ((A. Pramesta (ed.)). Penerbit Andi. .

Lupioadi, R. ,. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa (EDISI 3). Salemba Empat.

Pamungkas, A., Thesiana, L., Adiyana, K., Riset Perikanan, P., & -kkp, B. (2021). IMPLEMENTASI PERAMALAN DALAM INDUTRIALISASI PERIKANAN (review).

Rangkuti, F. (2019). Analisis SWOT : Teknik membedah Kasus Bisnis (cara perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI (Cetakan 25). PT Gramedia Pustaka Umum. .

Stanton, William. J. dan Y. L. (2019). Prinsip Pemasaran (Edisi 7). Erlangga.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta CV.

Suhab, R. F., & Tria, R. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business Analisis Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran UKM Sutera Mandar di Polewali Mandar. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 327–337. https://doi.org/10.37476/akmen.v17i1.851

SYARAFINA, L. (2019). STRATEGI PEMASARAN USAHA IKAN LELE DI DESA ALUR CUCUR KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Penerbit Andi.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. (n.d.).




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics