Pemilihan Strategi Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan PT Orca Moto Indonesia dengan Menggunakan Proses Hirarki Analitik

Edya Ariana Utami, Pri Hermawan

Abstract


Penelitian ini mengevaluasi strategi pemasaran PT Orca Moto Indonesia, perusahaan apparel motocross di Indonesia, yang menghadapi masalah seperti tingginya permintaan pada beberapa kategori produk dan penurunan penjualan produk kasual. Analisis internal dan eksternal menggunakan STP, bauran pemasaran 4P, dan Lima Kekuatan Porter untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam pemasaran Orca. Strategi pemasaran Orca mencakup beragam produk, kualitas tinggi, dan sponsorship aktif, didukung oleh identitas merek lokal yang kuat. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan kehadiran fisik dan penetrasi pasar internasional yang kurang. Matriks TOWS digunakan untuk merumuskan empat alternatif strategi utama: SO, WO, ST, dan WT. Strategi diprioritaskan melalui Proses Hirarki Analitik dengan kriteria Ekspansi Pasar, Inovasi Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Inovasi Produk adalah faktor utama. Strategi terbaik yang diidentifikasi adalah meningkatkan inovasi pada produk kasual (WT3) untuk mengatasi perubahan preferensi konsumen. Penelitian ini menyimpulkan dengan rekomendasi bagi Orca untuk melakukan survei pelanggan, menginovasi produk kasual dan menjalankan peluncuran produk yang strategis..

Kata Kunci: PHA; Bauran Pemasaran; Lima Kekuatan Porter; STP; Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Gürel, E., & Tat, M. (2017). SWOT analysis: A theoretical review. The Journal of International Social Research, 10(51), 994-1006. http://dx.doi.org/10.17719/jisr.2017.1832

Helms, M. M., & Nixon, J. (2010). Exploring SWOT analysis: Where are we now? A review of academic research from the last decade. Journal of Strategy and Management, 3(3), 215-251. http://dx.doi.org/10.1108/17554251011064837

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing (17th Global ed.). Pearson.

Pickton, D. W., & Wright, S. (1998). What's SWOT in strategic analysis? Strategic Change, 7(2), 101-109.

Porter, M. E. (1998). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors. Free Press.

Prakoso, L. Y., Arismunandar, S., Saputro, G. E., Mahroza, J., & Soemantri, A. I. (2024). METODE SWOT AHP PENELITIAN SESKO TNI. CV Widina Media Utama

Saaty, T. L. (1980). The Analytical Hierarchy Process: Planning, Priority Setting, Resource Allocation. McGraw-Hill.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). John Wiley & Sons.

Weihrich, H. (1982). The TOWS matrix—A tool for situational analysis. Long Range Planning, 15(2), 54-66. https://doi.org/10.1016/0024-6301(82)90120-0

Gunawan, B.I. (2017), The Influence of Exotic Service Quality Towards Overall Satisfaction at Hotels in Makassar. New Delhi: Serialjournals.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics