Pengaruh Harga dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di RIR Outdoor Karawang

Jimmy Restu Rosadi, Citra Savitri, Syifa Pramudita Faddila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga produk dan varian produk terhadap keputusan pembelian di RIR Outdoor Karawang. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dan analisis regresi berganda linier menggunakan aplikasi SPSS. Melalui instrumen penelitian berupa kuesioner yang disebarkan kepada 135 sampel yang merupakan pelanggan RIR Outdoor Karawang. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variabel harga terhadap keputusan pembelian, begitu pula pada variabel variasi produk. Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwa harga lebih mudah mempengaruhi keputusan pembelian daripada variasi produk dari RIR Outdoor Karawang. Secara bersamaan variabel harga dan variasi produk juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di RIR Outdoor Karawang dengan besaran pengaruhnya sebesar 81,6%, sedangkan 18,4% keputusan pembelian dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References


Anugrah, N. (2023, January 3). Kunjungan Wisata Alam Kawasan Konservasi Meningkat Di Tahun 2022. Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan.

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Fadhila, F., Munte, S., & Polewangi, Y. D. (2022). Pengaruh Harga, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Singkong Saat Pandemi COVID-19 Di UKM Cap Rumah Adat Minang Medan. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin & Industri (JITMI), 1(1), 53–68.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Kojongian, A. S., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou. id pada Media Sosial Instagram. Productivity, 3(2), 157–161.

Kotler, Kartajaya, H. D., & Huan, H. D. (2017). Marketing For Competitiveness Asia Yang Mendunia Pada Era Konsumen Digital. Bentang.

Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing (7th ed.). Salemba Empat.

Kridaningsih, A. (2020). Pengaruh Harga dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Amino Dari Ultimate Nutrition di Kota Mojokerto. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 7(2), 153–162.

Oktaviani, S., & Komariah, K. (2021). Keputusan Pembelian Berdasarkan Harga, Keragaman Produk dan Pengaruhnya. BUDGETING: Journal of Business, Management and Accounting, 2(2), 443–452.

Savitri, C., Hurriyati, R., Wibowo, L., & Hendrayati, H. (2022). The role of social media marketing and brand image on smartphone purchase intention. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 185–192.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran dan Strategi. Andi.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics