Pengaruh Lingkungan Sekolah, Kreativitas Guru dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik di Man 1 Bone

Nurfahima Nurfahima, Nurfaika Nurfaika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar dan pengaruh tidak langsung lingkungan sekolahterhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar, (2) pengaruh langsung kreativitas guru terhadap prestasi belajar dan pengaruh tidak langsung kreativitas guru terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar, (3) pengaruh langsung lingkungan sekolahdan kreativitas guru terhadap motivasi belajar, (4) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Bone. Tekhnik pengambilan sampel adalah strata sampel (stratified sampling) dengan jenis proporsional sampel. Instrumen yang digunakan utuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar dantidak terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. (2) Terdapat pengaruh langsung kreativitas guru terhadap prestasibelajardan pengaruh tidak langsung kreativitasguruterhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar. (3) Terdapat pengaruh langsungyang signifikan lingkungan sekolah dan kreativitas guru terhadap motivasi belajar secara parsial maupun simultan. (4) Terdapat pengaruh langsung yang positif yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.

Kata Kunci : Prestasi belajar ekonomi, lingkungan sekolah, kreativitas guru, motivasi belajar.

Full Text:

Download PDF

References


Ahmadi, A. 2001. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aini, P. N., & Taman, A. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan BelajarSiswaterhadapPrestasiBelajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X10, No. 1, Tahun. (http://googlescholarship.com,Diakses 13Agustus2021).

Adirestuty, F.,& Wirandana, E., 2016. Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi. Sosio Didaktika: Social Science

EducationJournalVol.3,No.2, 158–165.

(https://doi.org/10.15408/sd.v3i2.4017. Diakses 16 Agustus 2021).

Ambarita, Rufmana (2016). Pengaruh LingkunganSekolahdanMotivasi

Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XII SSMA Parulian2 MedanT.A2015/2016.Udergraduatethesis, UNIMED.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan.Jakarta : Rineka Cipta.

Darmawati,J.,2017.PengaruhMotivasiBelajar dan Gaya Belajar terhadap Prestasi BelajarEkonomiSiswaSMANegeridi Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Volume 1, No. 79.

(https://journal.unesa.ac.id/index.php/j epk/article/view/696, Diakses 13 April 2022).

Dimyati.,&Mudjiono.2006.Belajardan Pembelajaran.Jakarta:AsdiMahasata

Septiyana, E. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar danLingkunganSekolahTerhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun 2010/2011.Tesis.Tidak diterbitkan .Sem arang: Fakultas Ekonomi.Universitas Negeri Semarang.

Silalahi.Ulber.2015.Metode PenelitianSosial Kuantitatif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Suparman,Atwi.2012.DesainInstruksional Modern. Jakarta : Erlangga.

Sukarti. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPS Madrasah Ibtidaiyah Siswa Kelas V di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Tesis Magister. . Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Syamwil, M, R. 2014.Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar, Disiplin Belajar, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UniversitasNegeriPadang.Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol.1. (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/mpe/article/view/5910).

Yuliyatun. 2012. Pengaruh Lingkungan Sosial danMotivasiBelajarterhadapPrestasi

Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas VIII MTs AL IRSYAD Ngawi Tahun




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics