Analisis Strategi Perusahaan : PT Bosowa Corporation Dengan Parenting Framework ( Kerangka Parenting )

Utiana Usman

Abstract


Dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia, Bosowa Corporation menginginkan perusahaan untuk tumbuh menjadi kelompok usaha terbesar dengan perubahan yang signifikan dan dapat menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan. Sistem atau manajemen yang tepat dalam Perusahaan perlu diperhatikan agar suatu perusahaan dapat berhasil dalam mengelola bisnis perusahaan. Oleh karena itu, perlu menggunakan pendekatan yang disebut dengan corporate kerangka kerja parenting yang dapat membantu memecahkan masalah dan membangun strategi perusahaan berdasarkan pada penilaian tingkat kesesuaian antara perusahaan induk dan unit bisnis.
Penelitian deskriptif analisis ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan manajemen tingkat atas di perusahaan. Dengan menggunakan analisis terstruktur terdiri dari beberapa langkah yaitu identifikasi faktor penentu keberhasilan dan peluang parenting dari setiap unit bisnis, identifikasi parenting karakteristik korporasi dan pemetaan ke dalam matriks kecocokan parenting akan menggambarkan posisi unit bisnis ke dalam portofolio perusahaan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Aryaduta Unit usaha perhotelan termasuk dalam kategori heartland, (2) Unit usaha Bosowa Automotive termasuk dalam kategori heartland, dan (3) unit usaha Bosowa Semen termasuk dalam kategori edge dari jantung. Dengan demikian, perusahaan induk dengan tiga unit bisnisnya memiliki hubungan yang dilihat dari posisi matriks hasil parentingnya


Kata Kunci: Strategi perusahaan, kerangka kerja parenting perusahaan, kesuksesan kritis faktor, ciri khas parenting, ciri khas parenting, matriks kesesuaian parenting.

Full Text:

Download PDF

References


Berney, JB 2007. Memperoleh dan Mempertahankan Keunggulan Kompetitif. New Jersey: Pearson Prentice-Hall.

Campbell, A. & Goold, M. & Alexander, M. 1995. “Strategi Korporat: Pencarian Keunggulan Pengasuhan.” Harvard Business Review, edisi Mei-Juni.

Campbell, A. & Goold, M. & Alexander, M. 1995. Keunggulan Mengasuh Anak: Kunci Strategi Tingkat Korporat. Prism, Triwulan Kedua : 23 – 33

Campbell, A. & Goold, M. & Alexander, M. 1995. “Nilai Perusahaan Induk.” Tinjauan Manajemen California. Edisi Musim Gugur 38 No. 1.

Chandler, AD 1991. Fungsi Unit Kantor Pusat di Perusahaan Multibisnis. Jurnal Manajemen Strategis, 12, 31-50

Collis, D. & Montgomery, C. 2005 Strategi Korporat: Pendekatan Berbasis Sumber Daya. Edisi Kedua, McGra-Hill, Edisi Internasional.

Goold, M., A. Campbell, & A. Alexander. 1994. “Strategi Tingkat Korporat: Menciptakan Nilai dalam Perusahaan Multibisnis.” New York: John Wiley & Sons, Inc.

Prahalad, CK & Gary Hamel. 1990. “Kompetensi Inti Korporasi.”Harvard Business Review, edisi Mei-Juni.

Pearce, JA II, dan Robinson, RB, Jr., Kasus dalam Manajemen Strategis, Edisi ke-4

edisi, IL: Richard D. Irwin, Inc: Chicago, 1997.

Porter, Michael E. 1987. Membentuk Keunggulan Kompetitif untuk Strategi Perusahaan. Tinjauan Bisnis Harvard, Mey – Juni, hal. 43-59

Porter, ME 1997. Apa itu Strategi?. Harvard Business Review. Edisi September-November.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics