Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Fitur Tiktok Shop Di Kota Makassar

Novita Kumala Sari, Ilham Safar, Cindy Gimbo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pada fitur TikTok Shop di Kota Makassar. Populasi yang digunakan ialah penduduk Kota Makassar yang pernah berbelanja di TikTok Shop. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner melalui google formulir yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Alat analisis dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linear sederhana, uji parsial (t), serta uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan software SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi belanja hedonis secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif, hal ini dibuktikan dari tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 5,445 > nilai t-tabel 1,984.
Kata Kunci: Motivasi belanja hedonis, Pembelian impulsive, Marketing

Full Text:

Download PDF

References


Adi, I. (2022). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen E-Commerce Tokopedia Indonesia (Studi Kasus Di Surabaya).

Alicia, F., Shakira, F., Harahap, S., & Lestari, D. (2022). Peran Tiktok Di zaman Milenial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Bisnis Online (Studi akun @safaglow.id).

Alimuddin, A. (2021). Penggunaan Internet Dan Peluang Berwirausaha Di Indonesia. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 26(2), 112. https://doi.org/10.20961/jkb.v26i2.50913

Afif, M., Studi Manajemen, P., & Kertanegara Malang, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. http://jurnal.stiekma.ac.id/index.php/JAMIN

Amanah, D. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Belanja Hedonis (Hedonic Shopping) Terhadap Impulsive Buying Produk Matahari Plaza Medan Fair Kota Medan View project. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/SBDE3

Anita, R. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Promosi Penjualan Terhadap Emosi Positif Dan Dampaknya Terhadap Pembelian Impulsif Dalam E-commerce Berrybenka.com. Jakarta

Arbaiah, M., Pandjaitan, D. R., & Ambarwati, D. A. S. (2022). Pengaruh Dimensi Motivasi Belanja Hedonis terhadap Pembelian Impulsif pada Situs Marketplace Shopee. Reviu Akuntansi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 55–65. https://doi.org/10.35912/rambis.v2i1.1477

Ardia, I. (2021). Apa itu Tiktok Shop? Ini Penjelasan dan Cara Berbelanja di Tiktok Shop. Beritadiy. https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/tekno/pr-702635561/apa-itu-tiktok-shop-ini-penjelasan-dancara-belanja-di-fitur-baru-tiktok

Arij, F. N. (2021). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Shopee.CO.ID Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Berliana, M., Siregar, N., & Gustian, H. D. (2018). The Model of Job Satisfaction and Employee Performance. International Review of Management and Marketing.

Clara Sari, A. (2018). Komunikasi Dan Media Sosial. https://www.researchgate.net/publication/329998890

Candra Wijaya dan Muhammad Rifa’i, (2016). Dasar-Dasar Manajemen (Medan: Perdana Publishing.

Chris Brogan, (2010), Social Media 101 Tactic and Tips to Develop Your Busines Online (Willey Publisher)

CNN Indonesia. (2018). Konsumen Lebih Suka Belanja Online. Trans Media

Dataindonesia.id.(2023). Pengguna Internet di Indonesia. We Are Indonesia. Jakarta

Dataindonesia.id.(2023). Pengguna TikTok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia Pada Awal 2023. We Are Indonesia. Jakarta

Dave Chaffey. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. England: Pearson Education Limited. hlm.18.

Dyah Pramesti, A., & Dwiridotjahjono, J. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Pengguna Shopee Di Surabaya. 3(5), 945.

Fadhli, K., & Pratiwi Dwi, N. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang (vol. 2, issue 2).

Fajar.Co.Id. (2023). Belanja Online Masyarakat SulSel. Makassar

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Debby Arisandi Halaman 61 dari 76 JMD. In Jurnal Manajemen Dewantara (Vol. 1, Issue 2). http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/issue/view/32

Glints. (2023). Marketing Collateral. Batam

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Handy, M., & Wijaya, D. (2020). Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar (Studi Pada Hyperrealitas Tiktok). 3(2), 170–192.

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur) (Vol. 15, Issue 1).

Hootsuite. (2023). How To Set Up a TikTok Shop to Sell Your Product.

Husna, M. dan P. H. Lubis. (2019). Pengaruh Motivasi Utilitarian dan Motivasi Hedonis Terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan pada Pengunjung Sport Station Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen 4(1): 230-244.

Lestari, I. P. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Customer Flashyshop. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia …, 3(7), 1–17.

Nugraha, P., j. (2021). Teori Perilaku Konsumen. Anggota IKAPI. Jawa Tengah

Jurusan, D., Komunikasi, I., Dakwah, F., Komunikasi, D., Riau, S., & Hr, J. (2016). Antara Media Sosial Dalam Komunikasi Politik Suardi. In Jurnal Risalah (Vol. 27, Issue 2).

Kim, H.S. 2006. Using hedonic and utilitarian shopping motivations to profile inner city consumers. Journal of Shopping Center Research. Vol. 13 No. 1, pp. 57-59.

Kioek, M. A. C., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2022). Pengaruh Instagram dan EWOM Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. BIP’s Jurnal Bisnis Perspektif, 14(1), 11–28. https://doi.org/10.37477/bip.v14i1.242

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15thEdition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Latar, D., Keluarga, B., & Youth, Yahmini. (2019). Kecenderungan Impulse Buying Pada Mahasiswa Ditinjau. EXERO Journal of Research in Business and Economics, 02(01), 2655–1527. https://doi.org/10.24071/exero.2019.02.01.03

Lowe, S. (2020). How Covid-19 Will Change Our Shopping Behaviour. Bbc.Com. Retrieved from https://www.bbc.com/worklife/article/20200630-how-covid-19-will-change-ourshopping-habits

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara.

Manullang, Sardjana Orba. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Medan: Yayasan Kita Menulis

Massie, A. (2020). Kehadiran TikTok di Masa Pandemi (The Presence of TikTok in the Pandemic). Padjadjaran University - Faculty Of Communication Studies.

Ma’sum, T. (2020). Eksistensi Manajemen Pemasaran Dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan (VOL.10, ISSUE 2).

Muhammad Kristiawan, Dkk, Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta: Deepublish, 2017)

Muslim, B., Dayana, L., Tinggi, S., & Alam, T. P. (2016). Sistem Informasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Pagar Alam Berbasis Web. In Jurnal Ilmiah Betrik (Vol. 07, Issue 01).

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Novia, O. :, Politeknik, H., & Bandung, N. (2016). Faktor Penentu Perilaku Impulsive Buying Pada Fashion Business Di Kota Bandung. In Jurnal Bisnis dan Investasi (Vol. 2, Issue 3).

Ningrum, N. P. W. (2021). Pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif dengan browsing sebagai variabel mediasi (Studi pengguna Shopee mahasiswa kota Malang di masa pandemi) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Ozen, H., & Engizek, N. (2014). Shopping online without thinking: Being emotional or rational? Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 26(1), 78-93.

Pasaribu, L.O., & Dewi, C.K., (2015). Pengaruh hedonic shopping motivation terhadap impulse buying pada toko online zalora. Jurnal Administrasi Bisnis, 19 (2), 159-169

Park, E.J., Kim, E.Y., Funches, V.M. and Foxx, W. (2012). Apparel product attributes, web browsing, and eimpulse buying on shopping websites. Journal of Business Research. Vol. 65 No. 11, pp. 1583–1589.

Prasetya, D., Cannis, A., & Bandung, A. (2019). Pengaruh Persepsi Konsumen Pada Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Shopping Emotion Pleasure (Studi pada Konsumen Mirota Kampus Babarsari Yogyakarta). EXERO Journal of Research in Business and Economics, 02(01), 2655–1527. https://doi.org/10.24071/exero.2019.02.01.04

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Purwanto, N. (2021). Dinamika Fashion Oriented Impulse Buying. Malang: Literasi Nusantara.

Putri, T. V., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Makanan Kekinian Mahasiswa Urban Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4). Retrieved from

Rahmawati, A., Fachrudy Asj’ari, S., Psi, M. M., Samsiyah, S., Program, M. M., Manajemen, S., & Ekonomi, F. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Melalui Positive Emotion Konsumen City Of Tomorrow Di Surabaya.

Sari, Nia Yusnia, and Sri Hermawati. (2020). “The Effect Of Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation, And Sales Promotion On Impulse Buying Behavior In E-Commerce (Case Study Of Berrybenka Consumer).” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 25 (1): 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.35760/eb.2020.v25i1.2343

Setiadi AMIK BSI Karawang Jl Banten No, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas KomunikasI (vol. 16, issue 2).

Su, Y., Baker, B. J., Doyle, J. P., & Yan, M. (2020). Fan engagement in 15 seconds: Athletes’ relationship marketing during a pandemic via TikTok. International Journal of Sport Communication, 13(3), 436–446. https://doi.org/10.1123/ijsc.2020-0238

Sudaryono (pengarang); Sigit, FL. (editor). (2016). Manajemen pemasaran : teori & implementasi / oleh Dr. Sudaryono ; editor, FL. Sigit. Yogyakarta :; © 2016; Yogyakarta :: Penerbit Andi,; Andi Offset.

Sugianto Putri, C. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. In Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 1, Issue 5).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D / Sugiyono .

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi.9 (2), hal 176–185.

Starngage. (2023). Brand Penghasilan Tertinggi TikTok Shop Indonesia. TikTok Marketing

Syafri, H., & Besra, E. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation , Store Atmosphere Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying ( Survey : Pada Konsumen Kosmetik Transmart Kota Padang ). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(4), 786– 802.

Tang, D. (2019). The New Situation of Marketing in the Self-Media Era-Taking Tik Tok as an Example. Francis Academic Press , 1557-1560.

Taofik, A. (2021). 6 Langkah Daftar Tiktok Shop, Bisa Berjualan di Tiktok dan Menghasilkan Banyak Uang. Bagikan Berita. https://bagikanberita.pikiran-rakyat.com/hiburan/pr-682783446/6- langkah-daftar-tiktok-shop-bisa-berjualan-di-tiktok-dan-menghasilkan-banyak-uang-segeraeksekusi-di-sini

TikTok.Com (2023). Make Your Day.

Tumanggor, S., Hadi, P., & Sembiring, R. (2022). Pembelian impulsif pada e-commerce shopee (studi pada konsumen shopee di Jakarta Selatan). Journal of Business and Banking, 11(2), 251. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i2.2733

Fandy. Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utami, C. W. (2017). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia (3rd ed.). Salemba Empat.

Venia, M., & Marzuki, F. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Pada Generasi Z Pengguna E-Commerce) (Vol. 2).

Wang, Hualin. (2015). Study of Influencing Factors on Consumer Online Impulse Buying. Management Science amd Research. Vol. 4, Issue. 2, pp. 19-25

Yana Siregar, L., Irwan Padli Nasution Prodi Manajemen, M., & Negeri Islam Sumatera Utara, U. (2020). Hirarki Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Development Of Information Technology On Increasing Business Online. 2(1), 71–75. https://doi.org/10.30606/hjimb

Yanthi, D., & Japarianto, D. E. (2014). Analisis Pengaruh Hedonic Shopping Tendency Dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervaning Pada Area Ladies Matahari Department Store Tunjungan Plaza Surabaya. In Jurnal Manajemen Pemasaran Petra (Vol. 2, Issue 2). www.ama.org

Yani, O., Mulyani, S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. 11(1). http://stp-mataram.e-journal.id/JHI




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.7659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics