Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kondisi Fasilitas Dan Harga Terhadap Minat Kunjungan Miniso Store Kota Tarakan

Suryaningsih Suryaningsih, Nursia Nursia, Umi Chulsum

Abstract


Semakin ketatnya persaingan di industri ritel, khususnya di segmen produk gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari, sangat penting bagi MINISO untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi minat kunjungan konsumen ke toko mereka, termasuk kualitas layanan, kondisi fasilitas, serta harga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, fasilitas, dan harga terhadap minat kunjungan ke MINISO Store. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang pernah melakukan kunjungan ke MINISO Store di Kota Tarakan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada para pengunjung, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (kualitas pelayanan, kondisi fasilitas, harga) dan variabel dependen (minat kunjungan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, kondisi fasilitas dan harga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat kunjungan. Kondisi fasilitas dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan. Sedangkan kualitas layanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat kunjungan.
Kata Kunci: kualitas layanan, kondisi fasilitas, harga, minat kunjungan.

References


Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Chen, H., Wang, Y., & Li, N. (2022). Research on the Relationship of Consumption Emotion, Experiential Marketing, and Revisit Intention in Cultural Tourism Cities: A Case Study. Frontiers in psychology, 13, 894376. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.894376

Fandy, T., & Gregorius, C. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Firdaus, I., & Kasmir, A. N. (2021). Pengaruh price earning ratio (PER), earning per share (EPS), debt to equity ratio DER) terhadap harga saham. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 40-57.

Gustina, L., Yasri, Y. & Engriani, Y. 2019. Pengarh Experiential Marketing terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Pada Obyek Wisata Pantai Air Manis Di Kota Padang. Jurnal Praktik Bisnis, 06 (02): pp. 52-62

Hanim, N. L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa.

Hediyati, R. R., & Wahyuningtyas, Y. F. (2024). Pengaruh Brand Image, Mutu Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Merchandise Miniso Ambarrukmo Plaza Mall Yogyakarta. Jurnal Simki Economic, 7(1), 310-319.

Jayanti, N. L. S., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Fasilitas Serta Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Domestik Objek Wisata Taman Air Tirtagangga. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata, 5(3), 306-312.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management. Pearson Boston, MA.

Pietersz, N., & Hastoko, Y. P. (2022). Pengaruh citra merek, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Miniso Trans Studio Mall Cibubur. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(5), 331-344.

Ramli, S. (2013). Bacaan Wajib Para Praktisi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Visimedia.

Rangkuti, F. (2011). Dongkrak Penjualan Melalui Strategy & Competitive Positioning. Gramedia Pustaka Utama.

Rifani, M. R., & Amri, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Miniso Big Mall Samarinda. Lokawati: Jurnal Penelitian Manajemen dan Inovasi Riset, 2(4), 01-11.

Saadah, F. N., Alim, S., & Kurbandi, S. B. R. (2023). Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Miniso Store Mall Lippo Cikarang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(4), 1254-1264.

Siboro, R. M., & Suhardi, S. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Penggunaan Tokopedia Di Batam. Jurnal Ekuivalensi, 6(1), 118-132.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, W. S., Harini, D., & Riono, S. B. (2022). Analisis Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Alfamart Songgom. Jurnal Imiah Akuntansi Dan Kewirausahaan (JMAK), 1(2), 1180-1187.

Tambunan, T. U., Zebua, Y., & Lubis, J. (2023). Pengaruh Fasilitas, Pelayanan, Harga Dan Pemberian Diskon Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Warnet@ N-Kom Net). JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(3), 642-649.

Valentine, L., Aisyah, M. N., Riono, S. B., Yulianto, A., & Zaman, M. B. (2023). Analisis Persepsi Harga, Cita Rasa, Kualitas Layanan dan Fasilitas terhadap Keputusan Pembelian Ulang Mie Gacoan Tegal: Studi Kasus pada Mahasiswa UMUS. GEMILANG: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 3(4), 425-443.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics