Analisis Pengaruh Media Sosial Dan Ulasan Online Terhadap Occupancy Pada Fave Hotel Medan

Haris Syah Putra Nasution, Cece Cece

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak media sosial dan ulasan online terhadap tingkat occupancy di Fave Hotel Medan. Metode kualitatif yang menggunakan deskripsi digunakan dalam analisis data, melalui wawancara dengan responden dan observasi langsun di Fave Hotel Medan dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih mendalam mengenai dampak media sosial dan ulasan online terhadap tingkat occupancy hotel. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa media online memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat okupansi hotel tersebut. Ulasan online tidak menunjukkan pengaruh yang berarti terhadap tingkat occupancy tamu.
Kata Kunci: media sosial, ulasan online, occupancy

Full Text:

Download PDF

References


Ahmad Farki, Imam Baihaqi, & Berto Mulia Wibawa. (2016). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian.

Chaffey, D. (2009). E-Business and E-Commerce Management: Strategy, Implementation and Practice. Pearson Education.

Dzulqarnain, A. (2019). Relevansi Informasi Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.

Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Online Customer Review sebagai Bagian dari Electronic Word of Mouth (eWOM).

Hamdani, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Peningkatan Okupansi Hotel Syariah di Bandung.

Hartanto, & Indiyani. (2022). Online Customer Review sebagai Alat Promosi.

Kaplan, A. M., & Haenlin, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

McLeod, R., & Schell, G. P. (2008). Management Information Systems. Pearson Prentice Hall.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Putri, D. K., & Dkk. (2019). Ratio Occupancy sebagai Tolok Ukur Keberhasilan Hotel.

Rangkuti, F. (2009). Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiarto. (2009). Manajemen Hotel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. (2012). Electronic Commerce 2012: Managerial and Social Networks Perspectives. Springer.

Utomo, A., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Food.

Wahyuni, N. L., & Suastini, N. M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Kamar di Kamala Resort Ubud.

Wigstrom, A., & Wigmo, J. (2010). The Impact of Social Media on Marketing.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.7854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics