Preferensi, Sikap dan Perilaku Nasabah dalam Penggunaan Aplikasi Perbankan Digital pada Bank Syariah Indonesia KCP Makassar RS Ibnu Sina

Andi Nurwanah, Muh Hariansyah Dwi Putra, Abd Rahman Mus

Abstract


Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh preferensi nasabah terhadap penggunaan aplikasi perbankan digital pada Bank Syariah Indonesia KCP Makassar RS Ibnu Sina. (2) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sikap nasabah terhadap penggunaan aplikasi perbankan digital pada Bank Syariah Indonesia KCP Makassar RS Ibnu Sina. (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku nasabah terhadap penggunaan aplikasi perbankan digital pada Bank Syariah Indonesia KCP Makassar RS Ibnu Sina. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang kebenarannya harus diuji secara empiris dimana data diambil dari lapangan. Populasi penelitian ini seluruh nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Makassar RS Ibnu Sina. Sampel menggunakan rumus lemeshow dimana rumus ini digunakan untuk menghitung sampel dalam keadaan populasi yang tidak diketahui. Berdasarkan Hasil Uji Statisik, hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) preferensi nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aplikasi perbankan digital. (2) sikap nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aplikasi perbankan digital. (3) perilaku nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aplikasi perbankan digital.

Kata Kunci : Preferensi Nasabah, Sikap Nasabah, Perilaku Nasabah, Perbankan Digital.

Full Text:

Download PDF

References


Amriani, A., Mas’ud, M., & Amang, B. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Keputusan Penggunaan Inklusi Keuangan Digital Pada Generasi Millenial di Kota Makassar. Journal on Education, 5(4), 15637-15651.

Andayani, N., Modding, B., & Mahmud, A. (2020). Pengaruh Persepsi, Layanan Dan Keamanan Sistem Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Aplikasi Mobile Banking. Tata Kelola, 7(2), 193-200.

Ayuningtyas, M., & Sufina, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Mobile Banking, Internet Banking, dan Atm terhadap Kinerja Keuangan Perbankan (Studi Kasus Sektor Bank Konvensional yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) Tahun 2017-2021. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 19(2), 119-130.

Bangsa, J. R., & Khumaeroh, L. L. U. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Penggunaan QRIS Shopeepay pada Mahasiswa S1 Bisnis Digital Universitas Ngudi Waluyo. Jibaku: Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 3(1), 61-67.

Fadhilah, N., Mallongi, S., & Zakaria, D. (2020). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Nasabah Bank BNI Cabang Pare-Pare KCP Barru. YUME: Journal of Management, 3(2).

Hatmawan, A. A., & Widiasmara, A. (2017). Faktor–faktor yang mempengaruhi niat pada perilaku nasabah menabung di perbankan syariah dengan agama sebagai variabel kontrol. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 5(2), 101-112.

Mbama, C. I., & Ezepue, P. O. (2018). Digital banking, customer experience and bank financial performance: UK customers’ perceptions. International journal of bank marketing, 36(2), 230-255.

Mutiasari, A. I. (2020). Perkembangan industri perbankan di era digital. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 9(2), 32-41.

Rahman, Y., Tjan, J. S., Kalsum, U., Nurwanah, A., & Plyriadi, A. (2021). Pengaruh Persepsi, Motivasi, dan Kemampuan Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir di Bidang Pajak (Studi Kasus Universitas Muslim Indonesia). Center of Economic Students Journal, 4(3), 237-247.

Ramadhona, S. S. (2023). Analisis Sistem Penggunaan Dan Kemanfaatan Emoney Sebagai Alat Transaksi Setelah Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Reihandho, M. I., & Fajarwati, D. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Perbankan Digital di Indonesia: indonesia. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(2), 70-80.

Reihandho, M. I., & Fajarwati, D. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Perbankan Digital di Indonesia: indonesia. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(2), 70-80.

Rithmaya, C. L. (2016). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Sikap, Risiko Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Bca Dalam Menggunakan Initernet Banking. Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 160-177.

Setiawan, I. W. A., & Mahyuni, L. P. (2020). QRIS di mata UMKM: eksplorasi persepsi dan intensi UMKM menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 10(9), 921-946.

Suganda, R. (2023). Analisis Terhadap Peluang Dan Tantangan Perbankan Syariah Pada Era Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 677-683.

Susanto, D., Anwari, M. K., Supriadi, F., & Sucipto, S. (2023). Determinan Faktor Keinginan UMKM Untuk Menggunakan Layanan Fintech Syariah; Studi Kasus UMKM Pontianak, Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 1509-1516.

Usman, A. F., Mursalim, M., & Su'un, M. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah Terpilih Di Indonesia Pasca Spin Off. Journal of Accounting and Finance (JAF), 1(1), 130-143.

Wahyuningsih, N., & Janah, N. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Menggunakan Internet Banking pada Bank Muamalat. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari'ah, 10(2), 295-314.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.8235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics