Dampak Daya Tarik Produk, Kesadaran Hidup Sehat dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Rendah Gula

Yunita Ike Wulandari, Vincent Didiek Wiet Aryanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya tarik produk, kesadaran kesehatan, dan strategi promosi terhadap keputusan pembelian produk minuman rendah gula di Kota Semarang. Minuman rendah gula menjadi alternatif yang semakin diminati seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga pola makan sehat. Namun, keputusan konsumen dalam membeli produk ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk daya tarik produk, tingkat kesadaran kesehatan, dan strategi promosi. Data dikumpulkan dari 100 responden di Kota Semarang melalui kuesioner Google Form. Penelitian ini menggunakan PLS-SEM untuk menganalisis data, dan hasilnya menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk minuman rendah gula di Kota Semarang

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Daya Tarik Konsumen, Kesadaran Hidup Sehat, Strategi Promosi

Full Text:

Download PDF

References


Anna Kridaningsih. (2023). Penentu Utama Keputusan Pembelian: Evaluasi Kualitas Produk dan Daya Tarik Visual Kemasan Minuman. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 569–575. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i2.1006

Aswandi, R. (2021). Pengaruh Keamanan Pangan Kesadaran Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Labelitas Halal 75(17), 399–405.

Azizah, A., & Sukati, I. (2023). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Produk dan Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli di E-Commerce Shopee. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(5), 522. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/DRB/article/view/30468

Chandra, F., & Pranatasari, F. D. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Health Enterprise. Jurnal Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 3(2), 260–269. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/688

Dewi, N. L. P. I. K., Anggraini, N. P. N., & Jodi, I. W. G. A. S. (2023). Pengaruh Kesadaran Produk Ramah Lingkungan, Gaya Hidup Sehat, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tumbler Lion Star Di Denpasar. Emas, 4(10), 2459–2473. https://e- journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/8289

Kasus, S., Surakarta, D. I., Parwanto, E., Jati, W., Mursito, B., & Marwarti, F. S. (2022). Keputusan pembelian merek sepeda polygon ditinjaudari, gaya hidup sehat, kualitas produk dan. Edunomika, 06(01), 526–538.

Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301

Manalu, F. V., & Nainggolan, N. P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Harapan Jaya Dapur 12 Batam. ECo-Buss, 6(2), 509–520. https://doi.org/10.32877/eb.v6i2.672

Megananda, F., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Sehat Dan Citra Merek Terhadap Preferensi Konsumen Minuman Rtd (Ready To Drink) Di Kalangan Mahasiswa Kampus U Nesa Ketintang (Case: Coca=Cola Zero Sugar & Teh Botol Sosro Tawar). Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1613– 1622. https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1613-1622

Mongil, L., Mananeke, L., & Repi, A. (2021). Kualitas Produk, Strategi Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel di Kota Manado. Zeitschrift Fur Orthopadie Und Unfallchirurgie, 151(3), 257–263. https://doi.org/10.1055/s-0032-1328522

Piyoh, D. Dela, Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. (2024). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 08(2), 1–6. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473

Puspitasari, C. A., Yuliati, L. N., & Afendi, F. (2021). Pengaruh Green Marketing, Kesadaran Lingkungan Dan Kesehatan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Organik Melalui Sikap. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 7(3), 713–722. https://doi.org/10.17358/jabm.7.3.713

Radji, D. L., & Kasim, S. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Delizza Pizza Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(1), 17. https://doi.org/10.37905/aksara.4.1.17-26.2018

Riskawaty, H. M. (2022). Penyuluhan Kesehatan: Identifikasi Resiko Diabetes Melitus Pada Remaja Di Sma 8 Kota Mataram Nusa Tenggara Barat Tahun 2022. Jurnal LENTERA, 2(1), 185–192. https://doi.org/10.57267/lentera.v2i1.172

Sandra, T. J., & Prawoto, P. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi Konnichiwa. Jurnal Maneksi, 13(2), 370– 377. https://doi.org/10.31959/jm.v13i2.2176

Sari, I., Rinawati, T., & Rizkiana, C. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Online Consumer Review (Ocr) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee. Solusi, 20(2), 160. https://doi.org/10.26623/slsi.v20i2.5147

Shelviana, M., Rahadhini, M. D., & Wibowo, E. (2020). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 19(1), 42–53. https://doi.org/10.33061/jeku.v19i1.3948

Suwu, C. Y., Tumbel, A. L., & Roring, F. (2024). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus Pada Apple Store Manado Town Square). Jurnal EMBA, 12(01), 781–791.

Tj, H. W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Bobba Yang Dimediasi Dengan Strategi Promosi. JurnalnIlmiah Indonesia, 2507(February), 1–9.

Willy, W., & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk Dan Rasa Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 65. https://doi.org/10.32502/jimn.v8i2.1820

Wulan Sari, F., Nur Zaroni, A., & Fadhilah, N. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli E-Commerce Tokopedia. Bifej, 2(2), 0.

Juhadilah, R. (2019). Pengaruh Daya Tarik Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Pada Vending Machine Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus Pada Pt Putri Auarius Di Sidoarjo. Manajemen Pemasaran, 15. Kaawoan, N. Y. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Presepsi Harga, Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Minimal Ladies Di Matahari Megamall Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 510. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.40049

Wulan Sari, F., Nur Zaroni, A., & Fadhilah, N. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli E-Commerce Tokopedia. Bifej, 2(2), 0.

Yudiawan, M. (2022). Esensi Statistik Bagi Kebijakan Publik’, ed. by In Media (Jakarta, 2014)adap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 815–823.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i2.8525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics