Pemanfaatan Teknologi Digital Dan Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mendukung Industri Ekonomi Kreatif (Studi Pada Batik Gunawan Setiawan)

Asiva Nissa Sabilla, Ahmad Mardalis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari adanya teknologi digital dan manajemen sumber daya manusia untuk perkembangan usaha di bidang industry ekonomi kreatif dengan studi pada usah Batik Gunawan Setiawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui proses wawancara, observasi, metode kepustakaan dan dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini merupakan Public Relations Manager dari Batik Gunawan Setiawan yaitu Nita. Adapun hasil deri penelitian ini adalah penggunaan teknologi digital yang semakin canggih ini sangat efektif dan efisien untuk proses pemasaran, promosi dan juga produksi dalam usaha batik ini. Sedangkan untuk pemanfaatan manajemen sumber daya manusia nya sendiri bermanfaat untuk menjamin ketrampilan digital karyawan, menilai serta mengevaluasi kinerja karyawan dan menjamin karyawan memiliki ketrampilan dan pengetahuan yang tepat. Selian itu pada penelitian ini juga dapat mengetahui peluang dan tantangan yang dihadapi oleh usaha Batik Gunawan Setiawan.
Kata Kunci: teknologi digital; manajemen sumber daya manusia; ekonomi kreatif; batik

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, M. A. (2024). Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran Pada Waralaba Menantea Literature Review. Jurnal Ekonomi, Akutansi Dan Organisasi, 01(03), 167–175. http://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/EKTASI/article/view/1606%0Ahttp://ejurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/EKTASI/article/download/1606/482

Ahmadi, M. A., Fachrunisa, R. A., Baihaqi, A., & Abdillah, M. I. T. (2024). Transforming Human Resources Recruitment : The Impact of Artificial Intelligence ( AI ) on Organizational Attractiveness and Applicant Intent. 9.

Aprilina, R., & Wulandari, A. (2025). SEIKO : Journal of Management & Business Systematic Literature Review Pemanfaatan Teknologi dan Inovasi Digital. 8(1), 13–20.

Aswandy, E., Mariyati, T., Belakang, L., & Mikro, B. U. (2022). Analisa Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Kewirausahaan dan Kinerja UMKM. 31(01), 76–89.

Khoiriyah, U., Isfandayani, I., & Tirtajaya, M. D. (2022). Peran Generasi Z Dalam Penguatan Ekonomi Kreatif. Devosi, 3(2), 6–14. https://doi.org/10.33558/devosi.v3i2.4580

Khussainova, Z., Kankulov, M., Petrova, M., Assanova, M., Zhartay, Z., Atabayeva, A., & Bektleyeva, D. (2024). The Potential of Youth and Older People’s Inclusion in the Sustainable Development of the Creative Economy. Sustainability (Switzerland) , 16(10). https://doi.org/10.3390/su16104095

Maimun, M. H., & Munawir, H. (2022). Peran Karakteristik Kewirausahaan Islam dan Modal Sosial Islam Untuk Resiliensi UMKM. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 93–100. https://doi.org/10.23917/benefit.v7i1.19873

Manfaat, K., Informasi, T., Komunikasi, D. A. N., Untuk, T. I. K., & Industri, E. R. A. (2020). MENINGKATKAN DAYA SAING INDUSTRI KREATIF KERAJINAN DAN BATIK DI. 1–13.

Rahmadani, I. N., & Cirebon, K. (2018). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI KAMPUNG BATIK SEBAGAI KLASTER USAHA KECIL MENENGAH. 8(1), 232–241.

Tbp, R. R. R., Wismantoro, Y., Didiek, V., Aryanto, W., & H, G. T. (2025). SEIKO : Journal of Management & Business Pengaruh Digital Marketing , Live Streaming , Influancer , Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Decision Di Tiktokshop Produk Skintific. 8(1), 155–179.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i2.8569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics