Model Keputusan Pembelian Handphone Samsung Melsalui Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek

Sinta Murti Cahyani, Citra Savitri, Syifa Pramudita Faddila

Abstract


Fenomena meningkatnya penggunaan smartphone di Indonesia menunjukkan perubahan signifikan dalam perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model keputusan pembelian handphone Samsung dengan mempertimbangkan pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kepercayaan merek. Dalam konteks kompetisi yang makin bersaing di industri smartphone, pemahaman tentang faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian menjadi sangat penting. Metode kuantitatif digunakan dengan melibatkan 100 responden dari masyarakat Karawang yang menggunakan smartphone Samsung. Hasil analisis mengindikasikan bahwa kualitas produk dan citra merek memengaruhi positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kepercayaan merek tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini memperkaya pengetahuan signifikan untuk perusahaan dalam rangka pengembangan strategi pemasaran yang lebih optimal.

References


Aldini Nofta Martini, Ahmad Feriyansyah, & Sella Venanza. (2021). Pengaruh Kualitas Produk TerhadapKeputusan Pembelian Handphone OppoDi Kota Pagar Alam.

Angga Setiawan, R., Tinggi Ilmu Ekonomi Bima, S., & Jl Wolter Monginsidi Kompleks Tolobali Kota Bima, B. (2022). Analisis Perbandingan Brand Equty Dan Strategi Promosi Pada Produk Smartphone Samsung Dengan Oppo. 1(2). http://jurnal.jomparnd.com/index.php/jk

Angger, G., & Andarini, S. (2024). Pengaruh Influencer Marketing dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Apparel. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.202

Ari Lestari, D. (n.d.). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MEREK PRODUK KOSMETIK WARDAH DI SURABAYA SELATAN. https://www.wardahbeauty.com/

Artikel, J., Citra Merek, P., & Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sunlight di Kecamatan Kateman Sherry, K. (n.d.). eCo-Buss 542. www.topbrand-award.com,2021

Azis, F., Savitri, C., & Pramudita Faddila, S. (2024). Peran Citra Merek dalam Memediasi E-Wom terhadap Minat Beli Produk Handphone di Sosial Media Facebook. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(4), 1578–1590. https://doi.org/10.31539/jomb.v6i4.10064

Cesariana C, Juliansyah F, & Fitriyani R. (2022). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN).

Citra.savitri, & Flora Patricia Anggela. (2020). PENGARUH E-PROMOTION DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK DI PT. XYZ.

Dhenta Megasavitri Susanto, & Krido Eko Cahyono. (2021). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE (Studi Pada Mahasiswa di Surabaya).

Dr. Achmad Rizal, S. Pi. , M. S. (2020). Buku Ajar MANAJEMEN PEMASARAN di Era Masyarakat Industri 4.0. CV BUDI UTAMA.

Eka Rosdiana, Suhada, & Erdiansyah. (2024). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorse Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Shopee.

Ernawati, R. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 80–98. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i2.6663

Fadhilah, M., Dwi, P., 2, C., & Nurjanah, T. (2023). Meningkatkan keputusan pembelian produk kosmetik melalui kepercayaan merek, kualitas produk, dan label halal.

Fera, & Charisma Ayu Pramuditha. (2021). STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA USAHA CLOTHING DI MAUSTORE SURAKARTA.

Genisa, O., Situmorang, N. Z., Junianto, M., & Basman, F. A. (2022). Meaning Of The Use Of Gadgets On Women Students In Industrial Era 4.0. Psikologia : Jurnal Psikologi, 4(2), 21–31. https://doi.org/10.21070/psikologia.v4i2.746

Heri Sudarsono. (2020). MANAJEMEN PEMASARAN. CV. PUSTAKA ABADI.

Ikhsani, K., Catur Widayati, C., Endah Retno Wuryandari, N., Studi, P., Politeknik Keuangan Negara STAN, P., & Selatan, T. (2021). ARTIKEL INFORMASI ABSTRAK. JBEMK, 1(1), 66–75. https://abnusjournal.com/jbemk

Intan Ali, Sukma Irdiana, & Jesi Irwanto. (2019). Dampak Brand Image, BrandEquity DanBrandTrustTerhadapKeputusanPembelianLaptopAsus(Studi PadaTokoKomputer LumajangComputerCentreDiKabupatenLumajang).

Kurniawan Wiratama, A., Cahya Badiyanto, A., Kamila, S. N., Ningsih, W. D., & Panjaitan, H. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN MEREK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI STORE GALAXY MALL 3 SURABAYA. Neraca Manajemen, Ekonomi, 3. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Laili, U., Putri, N., Pratitis, N. T., Arifiana, I. Y., & Psikologi, F. (2024). Phone snubbing pada dewasa awal: Bagaimana peranan kontrol diri? INNER: Journal of Psychological Research, 3(4), 571–585.

Manalu, H., Ramly, F., Mubarak Djodding, I., Patria Kusuma, P., Arfid Guampe, F., Farida, E., Triadinda, D., Febriana Sritutur, F., Epty Hidayaty, D., Sopingi, I., Santoso, A., Nur Fatimah Azalia, A., Dani, R., Norman, E., Syahriani, E., Widayanti, R., Nur Sofyana, N., Arina, F., & Dwitalia Sari, D. (n.d.). Metode Penelitian Ekonomi Konsep, Metode, dan Implementasi PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL.

Mohammad Wahid, Citra Savitri, & Syifa Pramudita Faddila. (2024). Pengaruh Konten Pemasaran dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang pada Toko Aladoy di Shopee. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(9). https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i9.2567

Mulkan Ritonga, & Rahma Muti’ah. (2023). AnalisisExperiential Marketing, Kepercayaan Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cat Jotun pada CV. Asia Maju Rantauprapat.

Nofiana L, & Wardani R. (2024). E-Jurnal Profit (Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan) PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK NABATI SIIP PADA PT. PINUS MERAH ABADI DI SAMPIT.

Novia M, Semmaila B, & Manajemen M. (2020). TATA KELOLA Pengaruh kualitas Layanan Dan KuaLitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan.

Novrianto, N., Restuti, S., & Wasnury, R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 3(2), 396–408. https://doi.org/10.21776/jmppk.2024.03.2.12

Rahmadhani, S., Ayu Nofirda, F., & Muhammadiyah Riau, U. (2022a). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI (STUDI PADA MEREK APPLE) (Vol. 17, Issue 2).

Rawong, N., Valencio, V., & Bestra, F. (2023). Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Handphone Samsung Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Kota Palembang. https://doi.org/10.5281/zenodo.10466011

Roslinda Sagala, Darna Sitanggang, & Pandapotan Sitompul. (2024). PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET DATA TELKOMSEL PADA MASYARAKAT KELURAHAN BABURA SUNGGAL KECAMATAN MEDAN SUNGGAL MEDAN. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS (JMB).

Saputro, W. R., Murwanti, S., & Kunci, K. (2024). ANALISIS PENGARUH RESONANSI MEREK DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KONSUMEN PRODUK MAKANAN INDOMIE DI KABUPATEN KARANGANYAR. In Jurnal l Mal nal jemen Dewal ntal ral (Vol. 8, Issue 1).

Sarmin, & Maharani Annisaul Choir. (2023). PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (STUDI KASUS KONSUMEN PRODUK SARI ROTI DI CIKARANG).

Savitri, C., Hurriyati, R., Wibowo, L. A., & Hendrayati, H. (2021). The role of social media marketing and brand image on smartphone purchase intention. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 185–192. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.9.009

Savitri, C., & Maemunah, M. (2021). BRAND SWITCHING MODEL AGAINST CONSUMER DISSATISFACTION ON THE SHOPEE MARKETPLACE TO OTHER MARKETPLACES. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 5(2), 171–180. https://doi.org/10.30988/jmil.v5i2.1153

Setyawan, A. (2024). PERAN KEPUASAN KERJA DALAM PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN UMKM BATAM. 8(1).

Shukmalla, D., Savitri, C., Pertiwi, W., Buana, U., & Karawang, P. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Lokal di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Buana Perjuanagan Karawang). 8, 326–341.

Sitohang, F. C., Tagal, J., Sinaga, G., & Rinendy, J. (n.d.). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE AND BRAND TRUST ON BRAND LOYALTY AT THE JNE COMPANY IN UJUNGBATU, RIAU.

Sitohang F, Tagal J, Sinaga G, & Rinendy J. (2024). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE AND BRAND TRUST ON BRAND LOYALTY AT THE JNE COMPANY IN UJUNGBATU, RIAU.

Sonya Tivany Bahagia, Yanti Marlina Timisela, & Hendry J Jantje. (2022). Pengaruh Kualitas HP Samsung terhadap Permintaan Konsumen pada Konter Online Celuler.

Steven Viekaputra Judianto, & Agung Yuniarinto. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN MEREK.

Supu P, Poluan G, & Larassati O. (2021). PENGARUH HARGA PRODUK, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG DI MANADO.

Utami, C., Savitri, C., & Pramudita Faddila, S. (2024). Pengaruh Flash Sale dan Diskon terhadap Impulsive Buying pada Produk Fashion di Shopee. Journal of Management and Bussines (JOMB), 6(4), 1519–1531. https://doi.org/10.31539/jomb.v6i4.10118

Veta Lidya Delimah Pasaribu. (2021). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR TVS.

Vindiana, A. P., & Lestari, F. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia. Jurakunman (Jurnal Akuntansi Dan Manajemen), 16(1), 47. https://doi.org/10.48042/jurakunman.v16i1.154

Yudhi Novriansyah, Muhammad Asman, & Isman Isman. (2022). KEPERCAYAAN MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIANSEPEDA MOTOR KAWASAKI KLX DI KABUPATEN MERANGIN.

Zaidah Prayuda R. (2022). The Role of Price Perceptions, Product Quality, and Brand Image on Purchasing Decisions.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i2.8682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics