Perataan Laba Ditinjau dari Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kompensasi Bonus dan Pajak

Asbi Amin, M.Badri Pahyasah, Magfirah Anugrah D, Andriani Murdi

Abstract


Abstrak
Peneliti ingin menguji perataan laba dipengaruhi oleh profitabilitas, ukuran perusahaan, kompensasi bonus dan pajak. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan pendekatan time series yang dikumpulkan melalui website resmi perusahaan manufaktur sektor industri barang yang terdaftar di BEI dan di analisis melalui regresi liner berganda. Populasi penelitian adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumtif yang terdaftar di BEI sebanyak 50 perusahaan dengan teknik sampel purposive sampling yaitu laporan keuangan dari perusahaan yang konsisten dengan kelengkapan data periode 2018 dan 2019 sehingga menjadi 38 laporan keuangan perusahaan dengan data 2 tahun sehingga total sampel menjadi 76 data laporan keuangan. Penelitian menemukan bahwa profitabilitas negatif dan signifikan terhadap perataan laba, sementara ukuran perusahaan, kompensasi bonus dan pajak berpengaruh positif terhadap perataan laba.
Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Kompensasi Bonus, Pajak, Perataan Laba.
Abstract
Researchers want to test income smoothing is influenced by profitability, company size, bonus compensation and taxes. The data used is secondary data with a time series approach which is collected through the official website of manufacturing companies in the goods industry sector listed on the IDX and analyzed through multiple linear regression. The research population is the financial statements of manufacturing companies in the consumer goods industry sector that are listed on the IDX as many as 50 companies with purposive sampling technique, namely financial reports from companies that are consistent with the completeness of data for the 2018 and 2019 periods so that it becomes 38 company financial reports with 2 years of data so that the total sample to 76 financial statement data. The results of the study found that profitability was negative and significant on income smoothing, while company size, bonus compensation and taxes had a positive effect on income smoothing.
Keywords: Profitability, Company Size, Bonus Compensation, Taxes, Income Smoothing.

Full Text:

Download PDF

References


Abrilia, N. D., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3).

Agustina H. (2017). Penggunaan Teknologi Informasi, Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Bank Syariah Mandiri). Jurnal Manajemen KINERJA, 3(1), 24-29.

Aksami, N. D., & Jember, I. (2019). Analisis Minat Penggunaan Layanan E-Money Pada Masyarakat Kota Denpasar. E-Jurnal EP UNUD, 8(10).

Ambarwati, D. (2019, Juli). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan Terhadap Penggunaan Go-Pay Pada Mahasiswa STIE-AUB Surabaya. Kelola:Jurnal Bisnis & Ekonomi, 6(1).

Amin, A. (2015, Desember). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Persediaan, Pertumbuhan Penjualan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Food And Beverageyang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Akmen. Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.37476/akmen.v12i4, 12(4), 525-533.

Andiani, A. N., & Astika, I. B. (2019). Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Ukuran Perusahaan Pada Praktik Perataan Laba. E-Jurnal Akuntansi, 27(2), 984-1012.

Atriani, A., Permandi, L. A., & Rimestuti, B. H. (2020, Juni). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital OVO. JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora), 6(1), 54-61.

Ayunika, N. N., & Yadnyana, I. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Financial Leverage Terhadap Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur. E- Jurnal Akuntansi, 25(3), 2402-2429.

Ditiya, Y. D., & Sunarto, S. (2019). UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE, BOOX-TAX DIFFERENCESDAN KEPEMILIKAN PUBLIK

TERHADAP PERATAAN LABA(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017). Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, 8(1), 51-63.

Fatimah, F., Danial, R. M., & Mulia Z, F. (2019). Analisis Perataan Laba Pada Perusahaan Industri Makanan Dan Minuman. Jurnal Ekobis, 20(2), 19-29.

Fatonah, F., & Hendratmoko, C. (2020). Menguji Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Generasi Millenial Menggunakan e-Money. Jurnal Manajemen-FEB Unmul, 12(2).

Ginantra, I. G., & Putra, I. W. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Publik, Dividend Payout Ratio Dannet Profit Margin Padaperataan Laba. E-Jurnal Akuntansi, 10(2), 602-617.

Handayani, N. R., Rupa, I., & Jayanti, S. E. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kompensasi Bonus dan Leverage Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursas Efek Indonesia Periode 2016-2018. Jurnal Riset Akuntansi Warmadewa, 1(3), 36-41.

Haryadi, T., Kamaliah, K., & Savitri, E. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Income Smoothing dengan Tarif Pajak Efektif sebagai Variabel Mediasi Perusahaan Property dan Real Estate. SOROT: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 13(2), 93-105.

Jayanti, K. T., Dewi, P. E., & Sujana, E. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Dan Dividend Payout Ratio Pada Praktik Perataan Laba Dengan Struktur Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 9(1), 121-132.

Jessica, J., & Dewi, S. P. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Income SmoothingPada Perusahaan Manufaktur Di BEI. Jurnal Multiparadigma Akuntansi, I(2), 425-432.

Jogiyanto, H. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis (salah kaprah dan pengalaman- pengalaman). Yogyakarta: BPFE.

Latief, F., & Nur, Y. (2019). Technology Acceptance Model (TAM) terhadap Minat Konsumen Sistem Pembayaran Gopay Pada Layanan Gojek. Bongaya Journal Research Management, 2(2).

Lestari, F. A. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba. Jurnal Sosio e-kons, 10(3).

Maharama, A. R., & Kholis, N. (2018, Juli). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Gojek di Kota Semarang Yang Dimediasi Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekobis, 19(2), 203-213.

Nirwanata, Y., Konde, Y. T., & Setiawati, L. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Dan Kompensasi Bonus, Serta Leverage Terhadap Income Smoothing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. JIAM. Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman, 2.

Noviarty, H., & Donela, V. (2019). Pengaruh Kompensasi Eksekutif Terhadap Manajemen Laba Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating(Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Audit dan Akuntansi, 8(1), 43-72.

Oktaviasari, T., Miqdad, M., & Effendi, R. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Perataan Laba pada Perusahaan Manufaktur di BEI. e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntans, V(1), 81-87.

Parviz, S. (2012). The Relatioship Between Income Smoothing and Income Tax and Probability Ratios In Iran Stock Market. Asian Journal of Finance and Accounting, 4(1), 46-51.

Polii, J. C., Sabijono, H., & Elim, I. (2019). Analisis Laporan Arus Kas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 7(3), 4096-4105.

Priskia, & Sitinjak, T. (2019, November). Pengaruh Iklan, Promosi Penjualan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Memakai Ulang Layanan Gopay di Wilayah Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(1), 13-33.

Rakhmawati, I., & Chunni'mah, I. M. (2020). Karakteristik, Profitabilitas Dan Perataan Laba Pada Perusahaan Yangterdaftar Di Jakarta Islamic Index. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, 8(2), 147-162.

Revinsia, V. S., Rahayu, S., & Lestari, T. U. (2109). Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Perataan Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2013–2017). Jurnal Aksara Public, 3(1), 127-141.

Rosady, R. S., & Abidin, K. (2019). Pengaruh Kompensasi Bonus, Leverage, Ukuran Perusahaan, Earning Power Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun2016 –2018). Jurnal Liability, 1(2), 40-62.

Rowena, J., & Hendra, H. (2020). Praktik Perataan Laba dan Faktor Yang Mempengaruhinya.

Jurnal Online Insan Akuntansi, 5(2), 183-196.

Santana, D. K., & Wirakusuma, M. G. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak, Kepemilikan Manajerialdan Ukuran Perusahaan Terhadap Praktekmanajemen Laba. E-Jurnal Akuntansi, 14(3), 1555-1583.

Sari, M. A., Listiawati, R., Novitasari, & Vidyasari, R. (2019). Analisa Pengaruh Daya Tarik Promosi, Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 126-134.

Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(1).

Setijaningsih, S. (2012). Teori Akuntansi Positif Dan Konsekuensi Ekonomi. Jurnal Akuntansi, XVI(3), 427-438.

Suijantani, Y., & Putri, I. A. (2015). Analisis Pengaruh Agency Cost Pada Kecenderungan Income Smoothing. E-Jurnal Akuntansi, 13(2).

Susanto, O. E., Natalia, M., & Siaputra, H. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Hotel Budget di Kawasan Surabaya Pusat. Jurnal Hospitality dan Management Jasa, 4(2).

Utami, U., Seti, S., & Kusumawati, B. (2017, Juli). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Money (Studi Pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta. Jurnal Balance, 14(2).

Wardhani, N. I., Izaak, W. C., & Hardiyani, L. (2020). Analisis Tingkat Persepsi Konsumen Pada Minat Penggunaan Kartu e-Money. Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(2).

Yunengsih , Y., Icih, I., & Kurniawan, A. (2018). PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, NET PROFIT MARGIN, DEBT TO EQUITY RATIO, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (INCOME

SMOOTHING). Accruals (Accounting Research Journal of Sutaatmadja), 2(2).


Article Metrics

Abstract view : 20 times
Download PDF - 0 times

DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics