Pengaruh Kepercayaan Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Product Otsky Pada E-Commerce Shoppe Di Bandar Lampung

Rizki Arif Sunandar, Defia Riski A

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk Otsky di Shopee, Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan jumlah responden sebanyak 110 orang. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan dan ulasan pelanggan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,502 menunjukkan bahwa kedua variabel menjelaskan 50,2% variabilitas keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya kepercayaan dan ulasan dalam strategi pemasaran digital.

Kata Kunci: Kepercayaan, Ulasan Pelanggan, Keputusan Pembelian, Shopee

Full Text:

Download PDF

References


Anggraeni, R. N. (2022). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Di Kecamatan Lumajang.

Anggraini, W., Permatasari, B., & Putri, A. D. (2023). Pengaruh Online customer reviw, Online Customer Rating, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop Pada Masyarakat Kota Bandar Lampung. Technobiz: International Journal Of Business, 6(2), 86-96.

Atmaja, H. S., & Achsa, A. (2022). Analisis Harga, Kepercayaan, Keamanan, Dan Persepsi Resiko Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop. Jurnal Mirai Management, 7(1), 400-409.

Dwipayadnya, I. B. A. (2023). Pengaruh E-Commerce, Brand Image Dan Online customer reviw Terhadap Minat Tamu Menginap Di Artotel Sanur Bali(Doctoral Dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).

Fadhilah, R. E., & Nainggolan, B. M. (2024). Peran Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen E-Issn, 2598, 4950.

Gabriella, C. G., & Hutauruk, B. M. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Online customer reviw Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Di E-Commerce Shopee (Studi Kasus Masyarakat Kabupaten Bekasi). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(18), 143-154.

Herdiana, D., Darna, N., & Muhidin, A. (2025). Pengaruh Online customer reviw Dan Online Customer Rating Terhadap Purchasing Decisions Online Shop (Suatu Studi Pada Konsumen Amir Cell Cijulang). Business Management And Entrepreneurship Journal, 5(4), 108-121.

Hidayat, M. T., & Utami, F. N. (2022). Pengaruh Online customer reviw Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Shopee Pada Generasi Millenial Di Indonesia. eProceedings of Management, 9(1).

Kartolo, R., Sugiyanto, S., & Supratikta, H. (2024). Peranan Financial Teknologi Digital Menggunakan Market Place Serta Online customer reviw Terhadap Keputusan Pembelian Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen (Studi Empiris Pengguna Marketplace Umkm Kota Tangerang Selatan). Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management And Business, 7(4), 1184-1197.

Mahartriana, N. C. (2023, September). Pengaruh Online customer reviw, Kualitas Produk, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Pada Platform E-Commerce (Studi Kasus Pada Konsumen Di Kota Madiun). In Simba: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi (Vol. 5).

Mulyandi, M. R. (2022). Pengaruh online customer reviw dan online customer rating terhadap minat beli pelanggan e-commerce. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 121-125.

Murhadi, W. R., & Reski, E. C. (2022). Pengaruh E-Service Quality, Kesadaran Merek, Kepercayaan, Word Of Mouth, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Tiktok Shop (Studi Pada Pelanggan Tiktok Shop). Jurnal Ilimiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(2), 229-240.

Nurkamiden, S., Wolok, T., Ismail, Y. L., & Asi, L. L. (2024). Pengaruh Online customer reviw Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 7(1), 107-117.

Rahmawati, A. I. (2022). Pengaruh Online customer reviw, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18-23.

Rhadiana. T.B.P., Wismantoro, Y., & Aryanto, V. D. W. (2025). Pengaruh Digital Marketing, Live Streaming, Influancer, Dan Online customer reviw Terhadap Purchase Decision Di Tiktokshop Produk Skintific. SEIKO: Journal of Management & Business, 8(1), 155-179.

Rorie, A. G. S. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Pada Tokopedia. Com Di Desa Noongan, Kecamatan Langowan Barat. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, dan Hukum), 6(1), 365-376.

Rozi, I. A., & Khuzaini, K. (2021). Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm), 10(5).

Sentosa, H. P., Latief, F., & Agunawan, A. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace E-Commerce Shopee. Nobel Management Review, 4(1), 105-117.

Pasi, L. N. K., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Pengaruh Online customer reviws Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Shopee Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 10(4).

Priyatin, A., & Farisi, H. (2023). Pengaruh Online customer reviw Dan Online Customer Rating Terhadap Trust Dan Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (Embiss), 4(1), 60-73.

Toji, E. M., & Sukati, I. (2024). Pengaruh Online customer reviw, Brand Image, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Skintific Di Tiktok Shop. Economics And Digital Business Review, 5(2), 675-688.

Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., & Kartini, T. M. (2023). Pengaruh online customer reviw dan online customer rating terhadap keputusan pembelian online di e-commerce pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Jurnal Mirai Management, 8(2), 218-225




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v8i2.9012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics