Pengaruh Celebrity Endorsement Brand Image dan Customer Review terhadap Purchase Intention
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorsement,brand image dan customer review terhadap purchase intention. Obyek yang diteliti adalah Produk Scarlett whitening di Kabupaten Brebes, serta variabel independen dalam penelitian yaitu celebrity endorsement,brand image,customer review dan variabel dependen yaitu purchase intention. Populasi dalam penelitian ini adalah perempuan berdomisili di Kabupaten Brebes yang membeli produk Scarlett whitening minimal satu kali, peneliti mengambil sampel dengan jumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan kriteria tertentu. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorsement tidak berpengaruh terhadap purchase intention, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention.
Kata Kunci: Celebrity endorsement, Brand image dan Customer review.
Full Text:
Download PDFReferences
Algifari. (2003). Statistika Induktif untuk Ekonmi dan Bisnis. Yogyakarta.
Damayanti, R. S. ( ISSN 2662-9404). pengaruh online customer review and rating, e- service quality dan price terhadap minat beli pada online market place shopee. Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern, 693.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Muhammad Hisyam Naufal, I. M. (2017). pengaruh brand image dan brand love terhadap purchase decision melalui word of mouth. Management Analysis Journal 6 (4) (2017), 287.
Negarawan, G. I. (2018). pengaruh brand image terhadap minat membeli yang di moderasi oleh tipe kepribadian ektrovert. Vol 22, No. 1, April 2018 , 66.
Nike Cholifah, S. h. (2016). pengaruh celbrity endorser terhadap brand image . Vol. 36 No. 1 Juli 2016, 177.
PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENTTERHADAP PURCHASE INTENTION DENGANBRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL. ( Vol. 9, No. 1, April 2015). Finna Anastasia Wijaya1 Sugiono Sugiharto2, 16-22.
Qury Madina Bilkis Priono, A. H. (2021). pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention melalui brand trust pada produk scarlett whitening. 6 April , 16.
Resmawa, I. N. (2017). pengaruh brand image dan product knowlwdge terhadap purchase intention dengan green price sebagai moderating variabel pada produk the boddy shop di surabaya. Vol. 1, No.2, April 2017, 11.
Ruhamak, M. D. (2016). Pengaruh word of mount terhadap purchase intention melalui brand image pada lembaga kursus bahasa inggris dynamic english course pare. Vol. 1, No. 2, September 2016 , 204.
Sarmis, N. (2020). pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian konsumen pada desa sialang jaya. Vol .9 No. 1 Tahun 2020, 84.
Setiawaty, M. (2015). penggunaan maudy koesnaedi sebagai celebrity endorser dalam iklan televisi loreal fall repair 3x terhadap brand image l'oreal di surabaya. VOL3.NO.1TAHUN 2015, 12.
Algifari. (2003). Statistika Induktif untuk Ekonmi dan Bisnis. Yogyakarta.
Damayanti, R. S. ( ISSN 2662-9404). pengaruh online customer review and rating, e- service quality dan price terhadap minat beli pada online market place shopee. Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern, 693.
Ferdinand, A. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Muhammad Hisyam Naufal, I. M. (2017). pengaruh brand image dan brand love terhadap purchase decision melalui word of mouth. Management Analysis Journal 6 (4) (2017), 287.
Negarawan, G. I. (2018). pengaruh brand image terhadap minat membeli yang di moderasi oleh tipe kepribadian ektrovert. Vol 22, No. 1, April 2018 , 66.
Nike Cholifah, S. h. (2016). pengaruh celbrity endorser terhadap brand image . Vol. 36 No. 1 Juli 2016, 177.
Qury Madina Bilkis Priono, A. H. (2021). pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention melalui brand trust pada produk scarlett whitening. 6 April , 16.
Resmawa, I. N. (2017). pengaruh brand image dan product knowlwdge terhadap purchase intention dengan green price sebagai moderating variabel pada produk the boddy shop di surabaya. Vol. 1, No.2, April 2017, 11.
Ruhamak, M. D. (2016). Pengaruh word of mount terhadap purchase intention melalui brand image pada lembaga kursus bahasa inggris dynamic english course pare. Vol. 1, No. 2, September 2016 , 204.
Sarmis, N. (2020). pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap kepercayaan dan minat pembelian konsumen pada desa sialang jaya. Vol .9 No. 1 Tahun 2020, 84.
Setiawaty, M. (2015). penggunaan maudy koesnaedi sebagai celebrity endorser dalam iklan televisi loreal fall repair 3x terhadap brand image l'oreal di surabaya. VOL3.NO.1TAHUN 2015, 12.
Sudiksa2, P. A. (2019). peran brand image memediasi pengaruh celebrity endorser terhadap purchase intention. Vol. 8, No. 8, 2019 :5164-5181 , 5181.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1445
Refbacks
- There are currently no refbacks.