Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Sikap Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-Wallet Shopeepay

Cindyana Nanda Saputri, Alimuddin Rizal Rivai

Abstract


Abstrak
Penelitian ini mengenai pengaruh kemudahan penggunaa, sikap juga kepercayaan konsumen pada niat beli ulang yang bertujuan untuk menganalisis niat beli ulang terhadap e-wallet ShopeePay. Populasi dalam penelitian ini ialah seseorang dengan mempergunakan e-wallet ShopeePay. Sampel sebanyak 100 responden, penelitian ini mempergunakan purposive sampling. Data dilakukan penganalisisan mempergunakan uji koefisien determinasi (R2), uji F, uji reliabilitas, uji validitas beserta uji regrelis linier berganda selanjutnya dilakukan pengolahan bersama perhitungan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perihal mudah dalam menggunakannya mempunyai pengaruh negative signifikan pada niat beli ulang. Akan tetapi sikap konsumen dan kepercayaan konsumen mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada niat beli ulang e-wallet ShopeePay.

Kata Kunci: Kemudahan Penggunaan, Sikap Konsumen dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang E-wallet ShopeePay

Abstract
This study examines the effect of ease of use, attitudes as well as consumer confidence in repurchase intentions, which aims to analyze repurchase intentions towards ShopeePay e-wallet. The population in this study is someone using the ShopeePay e-wallet. The sample is 100 respondents, this research uses purposive sampling. The data were analyzed using the coefficient of determination (R2), F test, reliability test, validity test and multiple linear regression test, then processed together with SPSS version 25 calculations. The results of this study indicate that the ease with which it is used has a significant negative effect on repurchase intention. . However, consumer attitudes and consumer trust have a positive and significant influence on the intention to repurchase the ShopeePay e-wallet.

Keywords: Ease of Use, Consumer Attitude, Consumer Trust, and Repurchase Intention

Full Text:

Download PDF

References


Ain, N. & Ratnasari, R.T., 2015. Pengaruh Citra Merek melalui Sikap Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Pada Produk Busana Muslim Zoya di Surabaya. JESTT , 2(7), pp.553 – 569.

A. Rahman and R. Y. Dewantara, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Minat menggunakan situs Jual Beli Online,” J. Adm. Bisnis (JAB)|Vol, vol. 52, no. 1, 2011.

Bonifasius Tambunan, Halomoan Sihombing, Ardin Doloksaribu, dan Iskandar Muda, (2018) The Effect Of Security Transactions, Easy Of Use, and The Risk Perception of Interest Online Buying On The E-Commerce Tokopedia Site in Medan City. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 420 (2018) 012118, doi: 10.1088/1757-899X/420/1/012118.

Dading Jatimoyo, Fatchur Rohman & Atim Djazuli (2021) The Effect Of Perceived Ease Of Use On Continuance Intention Through Perceived Usefulness and Trust: A Study On Klik Indomaret service Users In Malang City. Research in Business & Social Science. IJRBS Vol. 10, No.4, ISSN: 2147-4478

Diah Ayu Retno Ningrum, Susanto, Bernadetta Diansepti Maharani (2021) Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Niat Beli Ulang Konsumen di Shopee pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi UST. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, Vol. 4 No.1

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25, Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Inda Rohmatin (2019) Pengaruh Kualitas Layanan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasaan Sebagai Variabel Mediasi Studi Pada Pelanggan Produk Fashion Melalui Toko Online Zalora. Jurnal Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Vol 7, No.1.

Indrianto, Nur & Bambang Supomo. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Kenny Jaya Adinata & Ni Nyoman Kerti Yasa (2018) Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali di Situs LAZADA di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No.8, 2018: 4153-4180.

Kotler, Philip. 1998. Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia Jilid 2. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.

Kotler, Philip. 2002 Manajemen Pemasaran. Jakarta : Prenhallindo

Kotler, Philip dan Gery Amstrong. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 2, Edisi ke-9, Terjemahan Alexander SIndoro. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-11 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Maerzuki. 2005, Metodologi Riset. Yogyakarta : Ekonisia.

Marisa Arnindita Palma, Anik Lestari Andjarwati (2016) Pengaruh Kualitas produk, Kemudahan dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai variabel Intervening Produk Fashion Melalui Toko Online di Surabaya. Journal Of Research In Economics And Management (Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen). Vol. 16, No. 1, Januari – Juni (Semester I) 2016

Ni Putu Ratih Astarini Dewi & I Gusti Agung Ketut Sri Ardani (2016) Pengaruh Sikap, Norma Subjektif terhadap Niat Beli Ulang Produk Fashion Via Online Di Kota Denpasar. E- Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.1, 2016: 650-677

Platfrom E-Wallet ShopeePay yang banyak disukai oleh Konsumen (https://databoks.katadata.co.id/), diakses pada tanggal 28 November 2021

Retno Asri Wahyuningtyas (2016) Pengaruh Persepsi Kemudahan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Persepsi Kegunaan sebagai Variabel Intervening Studi Pada Penguna Layanan Aplikasi GO-JEK Di Surabaya Sugiyono 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Schiffman, Leon & Lislie Lazar kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, Edisi Tujuh. PT. Indeks.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : Rosdya Karya.

Suandana, N.P.W., Rahyuda, K & Yasa, N.N.K., 2016. Pengaruh Pengalaman Membeli Produk Fashion Terhadap Niat Membeli Kembali Melalui Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 10(1), pp.85-97.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran jasa. Malang : Banyumedia Publishing.

Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics