Keputusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking dari Sisi Kemudahan, Manfaat dan Kenyamanan

Dirwan Dirwan

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh persepsi kemudahan, manfaat dan kenyamanan terhadap pengunaan Mobile banking pada nasabah Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Sam Ratulangi. Jenis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif, yaitu data dalam bentuk angka, yang dapat dihitung, yang diperoleh dari perhitungan kuesioner yang akan dilakukan yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah yang terdaftar sebagai pengguna Mobile Banking PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Sam Ratulangi. Adapun jumlah nasabah pengguna Mobile Banking pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Sam Ratulangi adalah 38.703 orang. Teknik Sampling yang peneliti gunakan untuk penelitian ini adalah purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yaitu nasabah yang menggunakan Mobile Banking. Dengan rumus slovin maka ditetapkan jumlah sampel adalah 100 nasabah. Hasil penelitian menemukan bahwa kemudahan, manfaat dan kenyamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan mobile banking di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Sam Ratulangi.

Kata Kunci: persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi kenyamanan, keputusan nasabah.

Abstract
This study aims to empirically examine the effect of perceived of ease, perceived of benefit and perceived of enjoyment on the use of Mobile banking for customers of Bank Mandiri (Persero) Tbk Sam Ratulangi Branch. The type of data carried out in this study is quantitative data, namely data in the form of numbers, which can be calculated, obtained from the calculation of the questionnaire to be carried out related to the problems discussed. The population in this study were all customers who were registered as Mobile Banking users of PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Sam Ratulangi Branch. The number of customers using Mobile Banking at PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Sam Ratulangi Branch is 38,703 people. The sampling technique used by the researcher for this research is purposive sampling, which is a technique that determines the sample with certain consider ations, namely Mobile Banking customers. With the slovin formula, it is determined that the number of samples is 100 customers. The results of the study found that perceived of ease, perceived of benefit and perceived of enjoyment have a positive and significant impact on customer decisions to use mobile banking at PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Sam Ratulangi Branch.
Keywords: perceived of ease, perceived of benefit and perceived of enjoyment

Full Text:

Download PDF

References


Aeni, A. N., & Purwantini, A. H. (2017). Eksplorasi penggunaan mobile banking: pendekatan technology acceptance model. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 15(1), 86–96.

Darmeinis, D., & Yenny, Y. (2022). Pengaruh Kemudahan Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Central Asia Kantor Cabang Utama Suryopranoto. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(1), 88–95.

Dewi, N. L. P. E. P., Sinarwati, N. K., Yuniarta, G. A., & AK, S. E. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 7(1).

Dirwan, D. (2018). Pengaruh Kenyamanan dan Kemudahan Penggunaan Fasilitas atm Bni Taplus Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Negara Indonesia Kantor Cabang Utama Makassar. Akmen Jurnal Ilmiah, 15(2).

Dirwan, D., & Latief, F. (2020). Aspek Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Uang Digital Di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 6(1), 288–298.

Fernos, J., & Alfadino, M. (2021). Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Koto Baru, Dharmasraya. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(2), 115–125.

Ginantra, N. L. W. S. R., Simarmata, J., Purba, R. A., Tojiri, M. Y., Duwila, A. A., Siregar, M. N. H., Nainggolan, L. E., Marit, E. L., Sudirman, A., & Siswanti, I. (2020). Teknologi Finansial: Sistem Finansial Berbasis Teknologi di Era Digital. Yayasan Kita Menulis.

Grace, D., & Novander, N. (2017). Analisis Pengaruh Automatic Teller Machine Dan Short Message Service Banking Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer, 3(1), 39–50.

Hamdiah, H., & Likdanawati, L. (2021). Strategi Peningkatan Minat Nasabah Dalam Penggunaan Internet Mobile Banking (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri di Lhokseumawe). VISIONER AND STRATEGIS, 10(1).

Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Jaringan Usaha. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(2), 103–116.

Ismanto, H., Widiastuti, A., Muharam, H., Pangestuti, I. R. D., & Rofiq, F. (2019). Perbankan Dan Literasi Keuangan. Deepublish.

Kurniawati, H. A., Arif, A., & Winarno, W. A. (2017). Analisis minat penggunaan mobile banking dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah dimodifikasi. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 24–29.

Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, Dan Kemanfaatan Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30.

Lieny, L. (2021). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kenyamanan Dan Kepercayaan Terhadap Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking Di Bca Pangkalpinang. Jurnal Akuntansi Bisnis & Keuangan, 8(2), 56–62.

Mentari, A. D. (2018). Pengaruh kesadaran, kecepatan transaksi, keamanan, manfaat yang dirasakan dengan mediasi persepsi kemudahan penggunaan terhadap adopsi m-banking BRI Makassar raya. Journal of Business and Banking, 8(1), 157–175.

Pranoto, M. O., & Setianegara, R. G. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran). Keunis, 8(1), 1–9.

Rozi, F., & Ziyad, M. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 92–102.

Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, A. H. P., Manuhutu, M., Sudarso, A., Simarmata, J., Hasdiana, D., Tasnim, T., & Arif, N. F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis.

Sarofah, I. F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Surabaya). CALYPTRA, 7(2), 4425–4437.

Septiani, I., Salim, M., & Daulay, M. Y. I. (2020). Analysis The Effect Of Habit And Perceived Enjoyment Mediated By Behavioural Intention To Adoption On Students Using Mobile Banking BNI. Vol, 15, 78–94.

Tiara, A., Noor, M., & Habibburahman, H. (2019). Analisis Perilaku Nasabah Dengan Adanya Layanan Mobile Banking Di Bank Sinarmas Teluk Betung Lampung. VISIONIST, 8(2).

Yogananda, A. S., & Dirgantara, I. M. B. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Untuk Menggunakan Instrumen Uang Elektronik. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 116–122.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics