Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Sinestesa Coffeeshop Pati)

Sinta Yuliana, Ali Maskur

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga, kualitas layanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian ( studi pada pelanggan Sinestesa Coffeeshop Pati ). Populasi pada penelitian ini yaitu pelanggan Sinestesa Coffeeshop Pati. Sampel yang diambil peneliti dalam penelitian ini yaitu sejumlah 100 responden dengan teknik pegambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengumpulan sampel menggunakan kriteria tertentu. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer, dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas dengan loading factor, uji reliabilitas dengan alpha cronbach, uji F, koefisisen determinasi (R2). Regresi linear berganda, dan uji hipotesis (uji t ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaru positif dan signifikan terhadapkeputusan pembelian, persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: KualitasProduk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan, Lokasi, Keputusan Pembelian.
Abstract
This study aims to analyze the effect of product quality, price perception, service quality, and location on purchasing decisions (study on customers of Sinestesa Coffeeshop Pati). The population in this study were customers of Sinestesa Coffeeshop Pati. The samples taken by the researchers in this study were 100 respondents with the sampling technique using purposive sampling, namely the sample collection technique using certain criteria. The data used in this study is primary data, using a questionnaire as a research instrument. The analytical tools used in this research are validity test with loading factor, reliability test with Cronbach alpha, F test, coefficient of determination (R2). Multiple linear regression, and hypothesis testing (t test). The results of this study indicate that product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions, price perceptions have no significant effect on purchasing decisions, service quality has a positive and significant effect on purchasing decisions, and location has a positive and significant effect on purchasing decisions.
Keywords: Product Quality, Price Perception, Service Quality, Location, Purchase Decision.

Full Text:

Download PDF

References


Adipramita, V. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 4(1), 80–90.

Alfredo Dwitama, Edward Stephen Malonda. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian”, Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 4, No. 12:395-409.

Alma, Buchari. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alvina, Rahma Anggraeni. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang. Semarang: Unisbank.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arman, Hakim Nasution. 2009. Manajemen Pemasaran untuk Engineering. Yogyakarta: ANDI.

Basrah, Saidani dan Samsul Arifin. 2012. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol. 3, No. 1.

Brian, Hesmu N. 2016. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Semarang: Universitas Diponegoro.

Fajriyan, Ridhwan Hadi. 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Desain Produk terhadap Keputusan Jakarta: Universitas Trilogi.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2014. Prinsip-Prinsip Manajemen. Edisi 14 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2018. Prinsip-Prinsip Marketing Edisi Ketujuh. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT Indeks.

Kristanto, J.O. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Cafe One Eighteen Coffee. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Kurniawan, Heri Diyan. 2018. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobis Dewantara, Vol. 1, No. 4, April 2018.

Lestari, Deby Diyan. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian. Yogyakarta: Skripsi Thesis Universitas Mercubuana.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Mustafa, Bisri. 2009. Pedoman Menulis Proposal Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Panji Pustaka.

Olson, Jerry C. dan Peter J. Paul. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan Buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Polla, Febriano Clinton, Lisbeth Mananeke dan Rita N Taroreh. 2018. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Indomaret Manado Unit Jalan SEA. Jurnal emba , Vol. 6 No.4 Hal. 3068 – 3077.

Putri, Budi Rahayu Tanama. 2014. Manajemen Pemasaran. Bali: Fakultas Peternakan Universitas Udayana.

Reven, D., & Ferdinand, A. T. 2017. Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian). Diponegoro Journal of Management, Volume 6, Nomor 3, Tahun 2017, ISSN (Online): 2337-3792.

Sanjaya, A., Ketut, I. G. A., & Ardani, S. 2020. Product Quality influence , Word Of Mouth and Internet Marketing toward Purchasing Decisions ( Study on Consumer Karakter Coffee Shop in Denpasar ). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 4(3), 159– 163. https://doi.org/10.1108/10662240810883290

Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujatno, A. B. 2011. Hospitality: Secret Skill, Attitude and Performance for Restaurant Manager. Edisi Pertama. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Swastha, D.H., Basu. 2002. Dasar-Dasar Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Swastha, Basu dan Irawan. 2011. Manajemen Pemasara n Modern. Yogyakarta: Liberty.

Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa Edisi Pertama. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi III. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, Fandy. 2012. Strategi Pemasaran edisi 3. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono & Chandra, G. 2011. Service, Quality, & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta: ANDI.

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operaional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia, Edisi 2, Penerbit Ssalemba Empat, Jakarta.

Wariki, G. M. 2015. Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga, Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Jurnal emba , Vol. 3 No.2 Hal. 1073 – 1085.

Zeithaml, A, V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 1985. “Problems and Strategies in Services Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring).




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics