Pengaruh Kepercayaan, Perceived Security, Dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan E-Payment Pospay (Studi Kasus Pengguna Pospay Kantor Pos Pati)

Silvia Astri Pringgadini, Robertus Basiya

Abstract


Abstrak
Penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh kepercayaan, perceived security dan risiko terhadap minat penggunaan e-payment. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 97 responden. Pengambilan data primer menggunakan metode kuesioner dengan menggunakan skala likert. Alat analisis data untuk menguji pengaruh menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat penggunaan e-payment, perceived security berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguanan e-payment, risiko tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan e-payment.
Kata Kunci: Kepercayaan, Perceived Security, Risiko, Minat Penggunaan

Abstract
This study examines and analyzes the effect of trust, perceived security and risk on interest in using e-payments. The sampling technique used purposive sampling with a sample size of 97 respondents. Primary data retrieval using a questionnaire method using a Likert scale. Data analysis tool to test the effect of using Multiple Linear Regression. The results showed that trust had a positive and significant effect on interest in using e-payments, perceived security had a positive and significant effect on interest in using e-payments, risk had no effect on interest in using e-payments.
Keywords: Trust, Perceived Security, Risk, Interest in Use

Full Text:

Download PDF

References


Shilawati, Astani. 2020. “Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Konsumen”. E-Jurnal. Jakarta : Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia.

Dewi, Fitri Sintya.2021. “Pengaruh Perceived Security dan Perceived Usefulness terhadap Customer Loyalty dengan Customer Satisfaction sebagai Intervening: Studi Kasus E-Wallet”. E-Jurnal . Jakarta : universitas Negeri Jakarta

Komala, Ignasius. 2019. “Manajemen Risiko Bisnis Properti Berdasarkan Perspektif Pengembang”. E-Jurnal. Yogyakarta : Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Andriyani, Reina. 2021. “Pengaruh Kegunaan, Kemudahan, Kepercayaan, dan Risiko Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking”. E-Jurnal. Jakarta : Sekolah Tinggi Ekonomi Indonesia.

Pramudita, Amalia Ratna. 2020. “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Kepercayaan, dan Risiko terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking dengan Sikap Penggunaan sebagai Variabel Intervening”. E-Jurnal. Semarang : IAIN Salatiga.

Fahmi, Zul, Susi Evanita. 2019. “Pengaruh Iklan dan Perceived Security terhadap Minat Transaksi Pebayaran Berbasis e-Payment dengan Sikap sebagai Variabel Intervening”. E-Jurnal. Padang : Universitas Negeri Padang.

Sandhi, I Gusti Ngurah Rai K.D. 2020. “Pengaruh Kemudahan, Keamanan, dan Promosi terhadap Minat Penggunaan Digital Payment”. E-Jurnal. Bandung : Universitas Telkom.

Rodiah, Siti, Inaya Sari Melati. 2020. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang”. E-Jurnal. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Nurhaliza, Siti Lathifah. 2019. “Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Resiko dan Keamanan terhadap Minat Penggunaan E-money dikalangan Mahasiswa”. E-Jurnal. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Wicaksono, Setyawan, Jeanne Ellyawati. 2020. “Pengaruh Citra Perusahaan Terhadao Niat Beli Ulang : Uji Kepercayaan Sebagai Variabel Pemediasi”. E-Jurnal. Yogyakarta : Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Robaniyah, Latifah, Heny Kurnianingsih. 2021. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Keamanan terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO”. E-Jurnal.

Hanjono, Monika, Audry Leivakabessy. 2021. “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko dan Norma Subjektif terhadap Niat Bertransaksi Online”. E-Jurnal. Maluku : Politeknik Negeri Ambon.

Farohi, Muhammad Irham.2017. “Pengaruh Keamanan, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian melalui Social Networking Site”. E-Jurnal. Semarang : Universitas Semarang.

Putri, Aulia Nindy Safira. 2019. “Pengaruh Kepercayaaan, Resiko, Manfaat dan Pendapatan terhadap Minat penggunaan E-payment”. E-Jurnal. Yogyakarata : Universitas Islam Indonesia.

Priambodo, Singgih, Bulan Prabawani. 2016. “Pengaruh Persepsi Manfaat, persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik”. E-Jurnal. Semarang : Universitas Diponegoro.

Ahmad, Bambang Setiyo Pambudi. 2014. “Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan, dan Ketersediaan Fitur terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking”. E-Jurnal. Madura : Uviversitas Trunojoyo Madura.

Sagala, Agung U. 2010. “Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Obat-obatan terhadap Efektivitas Pengendalian Intern Persediaan Obat-obatan”. E-Jurnal. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Pradana, Mahir, Avian Reventiary. 2016.”Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade”. E-Jurnal. Bandung : Universitas Telkom.

Satria, Rio Agung, Anang Fajar Sidik, Mohammad Didit Saleh. 2021. “Data Pengantar”. WageIndicator Data Academy.

Wiaya, Rizky. 2017. “Desain Gaji Pokok PT Trans Mitra Samudra Semarang”. E-Jurnal. Semarang : Universitas Katolik Soegijapranata.

Larasati, Nanda. 2020 “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Yo Kulak”. Skripsi. Semarang : Universitas Stikubank Semarang.

Juari, Rohmad. 2010. “Pengaruh Kepercayaan Merek Pada Pembentukan Loyalitas Merek Apple di Yogyakarta”. E-Jurnal. Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Nurmalasari, Ajeng. 2018. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan T-Cas”. E-Jurnal. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Nilasari, Shinta. 2017. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Komitmen Terhadap Kepuasan Nasabah BPR Bank Daerah Pati”. Skripsi. Semarang : Universitas Stikubak Semarang.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics