Pengaruh Model Promosi Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembeli di Tokopedia
Abstract
Salah satu model pemasaran yang dilakukan oleh Tokopedia berupa promosi flash sale. Model flash sale adalah penawaran produk dengan potongan harga dan kuantitas terbatas dalam waktu singkat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh secara parsial model promosi flash sale terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia, 2) pengaruh secara parsial tagline terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia, dan 3) Pengaruh secara simultan model flash sale dan tagline terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah 90 responden yang sudah pernah menggunakan Tokopedia dan pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model promosi flash sale secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia dan tagline secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen Tokopedia, dan model promosi flash sale dan tagline secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian Tokopedia. Hal ini menunjukkan bahwa Pihak Tokopedia Indonesia sebaiknya lebih gencar lagi dalam memperkenalkan tagline Tokopedia dan terus berinovasi agar dapat bermunculan program-program penawaran baru yang lebih menarik sehingga dapat mendorong keputusan pembeli konsumen.
Kata Kunci: Model Promosi Flash Sale, Tagline,Tokopedia
Full Text:
Download PDFReferences
Aribowo, D. H., Sulhaini, & Herman, L. E. (2020). Effect of Flash Sale Method, Product Knowledge and in Home Shopping Tendency Toward Consumer Online Purchase Decisions. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 102(6), (6-7). https://doi.org/10.18551/rjoas.2020-06.12. (diakses tanggal 9 Februari 2022).
Batubara, B. S., Rini, E. S., & Lubis, A. N. (2021). Effect of Consumer Trust, Tagline, Flash Sale, and Ease of Use on Purchasing Decisions (Case Study on Shopee Marketplace Users in Medan City). International Journal of Research and Review, 8(2), (10). https://doi.org/10.52403/ijrr.20210218. (diakses tanggal 9 Februari 2022).
Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Fransisca, L. (2021). Penggunaan Tokopedia Q2 di Indonesia. Goodnewsfromindonesia.Id, (5). https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/09/23/tokopedia-jadi-ecommerce-dengan-kunjungan-tertinggi-pada-q2-2021. (diakses tanggal 7 Februari 2022).
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ginee.com. (2022). Penggunaan Tokopedia Q1 di Indonesia. (3). https://ginee.com/id/insights/jumlah-pengguna-marketplace-android/. (diakses tanggal 7 Februari 2022).
Goodnewsfromindonesia.id. (2022). Penggunaan Tokopedia Q2 di Indonesia. (5). https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/09/23/tokopedia-jadi-ecommerce-dengan-kunjungan-tertinggi-pada-q2-2021. (diakses tanggal 7 Februari 2022).
Herlina, Loisa, J., & S.M, T. M. (2021). Pengaruh Model Promosi Flash Sale Terhadap Minat Pembeli Dan Keputusan Pembeli Di Marketplace Online. Manajemen Ekomoni & Akuntansi, 5(2), (10). https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1139. (diakses tanggal 9 Februari 2022).
Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Hootsuite (We are Social). (2022). Data Tren Pengguna Internet dan Media sosial di Indonesia Tahun 2021. (2). https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/. (diakses tanggal 7 Februari 2022).
Iqbal, M. (2021). Penggunaan Tokopedia Q1 di Indonesia. CNBC Indonesia, (4). https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210421232912-37-239796/bukan-shopee-ini-juara-marketplace-ri-di-kuartal-i-2021. (diakses tanggal 7 Februari 2022).
Khrisnanda Pradipta. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan, Harga, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tokopedia. Jurnal Manajemen, (3). http://repository.usd.ac.id/39988/2/172214098_full.pdf. (diakses tanggal 9 Februari 2022).
Kotler dan Armstrong. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th–13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Kuengo A Fatma, Taan Hapsawati, D. L. R. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Brio Pada Nengga Mobilindo Kota Gorontalo. Jurnal Ilmialh Manajemen Dan Bisnis, 5(1). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIMB/article/view/14234. (diakses tanggal 9 Februari 2022).
Reza, F. (2016). Strategi Promosi Penjualan Online Lazada. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), (6). https://doi.org/10.24198/jkk.vol4n1.6. (diakses tanggal 9 Februari 2022).
Riyanto, Putri, G. (2021). Tingkat Penggunaan Internet di Indonesia. Reska K. Nistanto, (2). https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta. (diakses tanggal 7 Februari 2022).
Roykhanah, S. (2018). Pengaruh Tagline Shopee Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Komunikasi, (25). http://digilib.uinsby.ac.id/26328/. (diakses tanggal 9 Februari 2022).
Situmorang, & Lufti, M. (2012). Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (28th ed.). Alfabeta.
Taan Hapsawati, Radji Lesmana Djoko, Rasjid Herlina, I. M. M. (2021). Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image. Journal of Management & Business, 4(1), 315–330. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/1270/0. (diakses tanggal 9 Februari 2022).
Tjiptono. (2014). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta:Penerbit Andi.
Tokopedia. (2022). Profil tentang Tokopedia. https://www.tokopedia.com/about/. (diakses tanggal 7 Februari 2022).
Wulan, A. N. (2020). Pengaruh Flash Sale dan Tagline “ Gratis Ongkir ” Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(1), (10). https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/29172/160907070.pdf?sequence=1&isAllowed=y. (diakses tanggal 9 Februari 2022).
Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online “Pulchragallery.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(1), (10). https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i1.1716. (diakses tanggal 9 Februari 2022).
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1833
Refbacks
- There are currently no refbacks.