Pengaruh Harga dan Layanan Cash on Delivery (COD) Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Moderasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan layanan cash on delivery terhadap keputusan pembelian dengan dimoderasi variabel kepuasan pelanggan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan survei dengan kuesioner sabagai media untuk menghimpun data respondennya. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden tetapi sampel yang digunakan dalam penelitian ini 139 responden, Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS), dengan menguji outer model, Inner model dan hipotesis dengan tingat signifikasi 0,05 = 1,96. Hasil penelitian berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adanya pengaruh layanan cash on delivery terhadap keputusan pembelian yang positif dan signifikan, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai T statistik dan P value paling tinggi diantara uji hipotesis variabel lainnya. Moderasi kepuasan dapat memperkuat pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, namun moderasi kepuasan pelanggan memperlemah layanan cash on delivery terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Harga; COD; Keputusan Pembelian; Kepuasan Pelanggan.
Full Text:
Download PDFReferences
Agustina, F. I., & Azmi, H. (2021). Purchase Decision in Terms of Price and Trust Aspects. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(10), 290–297. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i10.3054
Amanah, D., Hurriyati, R., Gaffar, V., Layla, A. A., & Harahap, D. A. (2018). Effect of price and product completeness to consumer purchase decision at Tokopedia. com. Proceedings of the 2nd Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship 2017, 1, 34–37. https://doi.org/10.5220/0007114300340037
Dewi, K. A. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Dunkin’Donuts di Surabaya dan Sidoarjo). BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 9(1), 43–55.
Fauzi, R., & Sampurna, D. S. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR (Studi Kasus Pada Kosumen Sepeda Motor Yamaha Di Dealer Johar Baru Jakarta Pusat). S1 Manajemen, 1–18.
Firmansyah, A. (2020). Pengaruh Produk, Harga Dan Lokasi kepuasan Konsumen Serta Niat Pembelian Ulang Pada Produk Gadai Emas Ib Barokah Di Bank Jatim Cabang Syariah Surabaya. Jurnal Ekonika: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(2), 182–197.
Hair, J. F. (2009). Multivariate data analysis.
Hair Jr, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review.
Hamed, S., & El-Deeb, S. (2020). Cash on delivery as a determinant of e-commerce growth in emerging markets. Journal of Global Marketing, 33(4), 242–265. https://doi.org/10.1080/08911762.2020.1738002
Konuk, F. A. (2018). Price fairness, satisfaction, and trust as antecedents of purchase intentions towards organic food. Journal of Consumer Behaviour, 17(2), 141–148. https://doi.org/10.1002/cb.1697
Kusumawati, A. (2021). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING, DAN LAYANAN CASH ON DELIVERY (COD), TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Shopee di Kota Malang). Universitas Muhammadiyah Malang.
Lubis, A. A. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2). https://doi.org/10.30596%2Fjimb.v16i2.949
Medina, C. A. G., Martinez-Fiestas, M., Viedma-del-Jesús, M. I., & Aranda, L. A. C. (2020). The processing of price during purchase decision making: Are there neural differences among prosocial and non-prosocial consumers? Journal of Cleaner Production, 271, 122648. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.122648
Pencarelli, T., Škerháková, V., Ali Taha, V., & Valentiny, T. (2018). Factors determining Italian online shoppers’ preference of cash on delivery: Empirical analysis. Polish Journal of Management Studies, 18. https://doi.org/10.17512/pjms.2018.18.2.20
Ramdan, A. M., & Jhoansyah, D. (2021). Analisis Kepercayaan Konsumen Dalam Memediasi Hubungan Antara Cash On Delivery Dengan Keputusan Pembelian Di Sosial Media Facebook. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 5(1), 517–522. https://doi.org/doi.org/10.31539/costing.v5i1.2446
Ratnasari, A. D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3).
Santoso, R., Erstiawan, M. S., & Kusworo, A. Y. (2020). Inovasi Produk, Kreatifitas Iklan Dan Brand Trust Mendorong Keputusan Pembelian. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 133–145. https://doi.org/10.29407/nusamba.v5i2.14369
Simanjuntak, D. C. Y., Salimi, V. A., Louis, V., & Johanes, T. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Baja Pada Pt Suminsuryamesindolestari. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2872–2894.
SIWY, N. A. (2019). PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS CIPUTRA. Universitas Ciputra.
Tussafinah, H. (2018). Pengaruh Rating Dan Ulasan, Jaminan 100% Pengembalian Dan Layanan Cod Atau Bayar Di Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Unpublished Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo, Yogyakarta, 74–76.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1873
Refbacks
- There are currently no refbacks.