Pengaruh Pariwisata Batu Rede Terhadap Pendapatan Masyarakat di Desa Budong-Budong Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah

Adrianah Adrianah, Yusra Nginang, Asniwati Asniwati, Nurlina Nurlina

Abstract


Abstrak
Penelitianini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pariwisata Batu Rede Terhadap Pendapatan Masyarakat di Desa Budong-Budong Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi adalah seluruh seluruh pengunjung pariwisata batu rede. Dalam penelitian ini sampel yang akan diambil sebesar 100 responden, dan pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Insidental. Menurut Sugiyono, (2014:85) Sampling Insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja pengunjung yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumenasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, korelasi uji t dan uji f, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel terikat nilai kontribusinya sebesar 51,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain, dan secara parsial semua variabel pengaruh secara signifikan dan positif.

Kata Kunci: Daya Tarik, Sarana-Prasarana, Keramahtamahan, Pendapatan.
Abstract
This study aims to determine the effect of Batu Rede tourism on community income in Budong-Budong Village, Topoyo District, Central Mamuju Regency, either simultaneously or partially. This study uses quantitative descriptive research, with the population being all visitors to Batu Rede tourism. In this study the sample to be taken is 100 respondents, and the sampling used is incidental sampling. According to Sugiyono, (2014: 85) Incidental Sampling is a sampling technique based on chance, that is, any visitor who coincidentally meets the researcher can be used as a sample, if it is deemed that the person who happened to be met is suitable as a data source. Collecting data using observation techniques, interviews, questionnaires and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis, validity test, reliability test, multiple linear regression analysis, correlation t test and f test, and classical assumption test.
The results showed that simultaneously the independent variables had a significant and positive effect on the dependent variable, the contribution value was 51.4% and the rest was influenced by other variables, and partially all variables had a significant and positive effect.
Keywords: Attractiveness, Facilities, Hospitality, Income

Full Text:

Download PDF

References


Anisa Hapsari Kusumastuti. 2017. Pengukuran Skala Pengembangan Wisata Bahari Berdasarkan Aspek Daya Dukung Lingkungan Pada Pantai Baron, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Alma, Buchari. 2013. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Erlin Sugiarta. 2020. Analisis Daya Tarik Dan Kesesuaian Objek Wisata Kawasan Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil Kecamatan Pototano Universitas Muhammadiyah Mataram

Gamal Suwantoro. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogya. Andi Offset.

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Sektor Publik : Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi 3. Salemba 4 : Jakarta.

H. Kodhyat. 1998. Sejarah Pariwisata Dan Perkembangannya Di Indonesea. Jakarta. Grasindo

Kusmayadi, 2004. Statistika Pariwisata Deskriptif. Jakarta : Pt. Gramedia Pusat Utama

Mankey, Teori Makro Ekonomi Edisi Ke 5, Jakarta, Erlangga,2003

Mardiasmo. 2002. Otonomi Dan Manajemen Keuangan Daerah. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Nugroho Iwan. 2011. Ekowisata Dan Pembangunan Berkelanjutan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Ridwan, Mohammad.2012. Perencanaan Pariwisata Dan Pengembangan Pariwisata, Medan Polonia: Pt. Sofmedia

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi

(Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Suharto, Edi. 2004. Dimensi – Dimensi Pemberdayaan. Bandung : Pt. Refika Aditama

Sujarwana, Wiratna, 2014. SPSS untuk Penelitian, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Baru Press

Trisna Widjianto. 2019. Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Wisata, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Di Objek Wisata Ketep Pass. Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics