Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Makanan pada Aplikasi Gojek
Abstract
Pada saat sekarang ini, teknologi terus berkembang secar pesat, dimana dapat dilihat pada semua sektor kehidupan manusia, salah satunya sektor perdagangan. Salah satu perkembangan teknologi yang dirasakan dalam sektor perdagangan adalah pengunaan food delivery service. Gofood yang berada dalam Gojek salah satu aplikasi dari food delivery service yang banyak digunakan masyarakat. Hal ini tentu memiliki faktor penyebab konsumen memilih Gofood. Pada penelitian ini akan dilihat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, dengan menggunakan metode pengukuran data menggunakan skala likert, uji validitas, realibilitas serta teknik analisis data. Dari hasil penelitian diperoleh faktor yang mempengaruhi yaitu Pengaruh Pribadi dan Keluarga, Kelas Sosial, Sikap Psikologi, dan Budaya, dan yang paling dominan yaitu Pengaruh Pribadi dan Keluarga yakni 28,69%
Kata Kunci: analisis faktor, keputusan pembelian, aplikasi pengantar makanan
Abstract
At the present time, technology continues to develop rapidly, which can be seen in all sectors of human life, one of which is the trade sector. One of the perceived technological developments in the trade sector is the use of food delivery services. Gofood which is in Gojek is one of the applications of food delivery service that is widely used by the public. This certainly has a factor that causes consumers to choose Gofood. In this study, it will be seen the factors that influence consumer behavior, using the method of measuring data using a Likert scale, testing validity, reliability and data analysis techniques. From the results of the study, it was obtained that the influencing factors were Personal and Family Influence, Social Class, Psychological Attitudes, and Culture, and the most dominant was Personal and Family Influence, namely 28.69%
Keywords: content; formatting; article, food delivery service
Full Text:
Download PDFReferences
Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran DAN Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran DAN Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Amalia, Qisthi. "Persepsi Konsumen Terhadap Faktor YANG MEMPENGARUHI Niat Menggunakan APLIKASI Go-Food DI Masa Pandemi Covid-19." Prosiding Industrial Research Workshop AND National Seminar. Vol. 12. 2021.
Analytics, M. (2020). Impact OF Covid-19 ON Consumer Behaviour. 18–20.
Dewi, Talitha Chandra. "Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Menggunakan Jasa Pesan Antar Gofood." PHD DISS., Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2019.
Hamsalis, Ainul, And M. Syamsul Hidayat. "Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Grab Di Kota Mojokerto." Phd Diss., Universitas Islam Majapahit, 2020.
Hernawan, Eso, AND Andy Andy. "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelanggan Gojek Dan Grab Online Di Jakarta." Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis 17, NO. 1 (2019): 59-71.
Holili, Muhamad. "Analisis FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA Marketplace Shopee: STUDI PADA IKATAN MAHASISWA BANGKALAN SURABAYA." PHD DISS., Uin Sunan Ampel Surabaya, 2021.
Holili, Muhamad. Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Di Masa Pandemi. Muhamad Holili.
Ji, Xu. "Factors AFFECTING CONSUMERS’ PURCHASE DECISIONS OF STREET FOOD IN Bangkok." (2019).
Kotler, P. & Armstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., DAN Keller, K. (2016). Marketing Management (15TH ED). Edinburgh Gate, Harlow, England: Pearson Education.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: Cv Alfabeta.
Nabiela, Riezka Sekartaji, AND Farah Oktafani. "Analisis Faktor-FAKTOR YANG Mempengaruhi Wisatawan Memilih Traveloka SEBAGAI Aplikasi Penunjang Perjalanan." Almana: Jurnal Manajemen DAN Bisnis 2.3 (2018): 115-121.
Nasution, Eri Yanti. "Analisis Faktor YANG Mempengaruhi Perilaku Konsumen DALAM Pengambilan Keputusan Pembelian Makanan DI Kota Medan." Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial DAN Humaniora. Vol. 1. No. 1. 2021.
Neolaka, A. (2014). Metode Penelitian Dan Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Novana, K., Hadining, A.F. And Sari, R.P., 2021. Analisis Faktor Eksternal Yang Memengaruhi Niat Penggunaan Aplikasi Pengiriman Makanan Pada Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 26(1), Pp.54-68.
Parikesit, Titok. "Analisis Faktor-Faktor Yang Menggunakan Mempengaruhi Niat Beli Konsumen Menggunakan Layanan Food Delivery." PHD DISS., Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2020.
Prabowo, Gagah Triyuniar, AND Agung Nugroho. "Factors THAT INFLUENCE THE ATTITUDE AND BEHAVIORAL INTENTION OF Indonesian USERS TOWARD ONLINE FOOD DELIVERY SERVICE BY THE Go-Food APPLICATION." Advances IN Economics, Business AND Management Research 72 (2019): 204-210.
Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Cetakan Pertama). Bandung: Cv Pustaka Setia.
Priansa, Donni Juni. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta Cv.
Saleh, Afwa Magfhirah, ET AL. "Factors That Affect Consumers Using THE Go-Jek Go-Food Feature Aplication (Study ON Students OF Makassar State University Faculty OF Social Sciences Business Administration Study Program)." Pinisi Business Administration Review 3.2 (2021): 143-148.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif DAN R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, DAN R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, DAN R&D. Cetakan KEDUA PULUH LIMA. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, DAN R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1899
Refbacks
- There are currently no refbacks.