Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Wuling Motors
Abstract
Teknologi yang saat ini telah berkembang pesat di hampir semua bidang aplikasi bisnis termasuk otomotif telah dimanfaatkan oleh perusahaan dalam mengembangkan sistem teknologi mereka secara sedemikian rupa sehingga mampu memajukan dan mengembangkan usaha dengan sangat baik. Hadirnya pemain otomotif-otomotif china akan memperbesar pasar otomotif di Indonesia termasuk di Pekanbaru. Wuling Motors adalah sebuah merek kendaraan asal Liuzhou, Guangxi, Republik Rakyat Tiongkok. Merek ini dijalankan oleh perusahaan Liuzhou Wuling Automobile Industry Co.,Ltd.,sebuah perusahaan patungan oleh Wuling Group dan Wuling Motors memproduksi kendaraan seperti mobil, bus, dan truk, mesin kendaraan, dan suku cadang kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan Konsumen baik secara parsial maupun simultan pada wuling motors. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang telah melalui serangkaian pengujian seperti uji validitas, reabilitas, regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis yang terbagi menjadi uji t, uji f dan koefisien determinasi dengan alat analisis yang digunakan yaitu IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap ketiga variabel tersebut. Dengan hasil Y = 0.110 + 384X1 + 0.301X2. hasil pada uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa Kualitas Produk dan Harga memiliki pengaruh kontribusi sebesar 68.5% terhadap kepuasan konsumen dan sisanya sebesar 31.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variable yang sedang diteliti.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen
Full Text:
Download PDFReferences
Abdullah, T dan Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Perdasa
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Ferdinand, A. (2002) Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen, Edisiketiga, FakultasEkonomi UNDIP, Semarang.
Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran. Surabaya: Qiara Media
Istiyanto, B., Hendratmoko, C., & Mutmainah, H. (2015). Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rental Mobil di Surakarta. Gema, XXVII (49), 1569-1581.
Kotler, Amstrong. (2016). Principles of marketing sixteenth edition global edition England. Pearson education limited.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Romdonah, R. (2015). Pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Jurnal manajemen vol 1 no 3.
Soelasih, Y (2005) Analisis Preferensi terhadap Operator CDMA, Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya. Jakarta.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Wibisono, D (2011) Manajemen Kinerja Perusahaan . Jakarta: Erlangga
Wibowo. W (2014) Manajemen Kinerja Edisi Keempat. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Karlan, D. S., & Zinman, J. (2012). List randomization for sensitive behavior: An application for measuring use of loan proceeds. Journal of Development Economics, 98(1), 71-75.
Gabbett, T., Jenkins, D., & Abernethy, B. (2010). Physical collisions and injury during professional rugby league skills training. Journal of Science and Medicine in Sport, 13(6), 578-583. doi:10.1016/j.jsams.2010.03.007
Conference Paper/Proceeding
Williams, J., & Seary, K. (2010). Bridging the divide: Scaffolding the learning experiences of the mature age student. In J. Terrell (Ed.), Making the links: Learning, teaching and high quality student outcomes. Proceedings of the 9th Conference of the New Zealand Association of Bridging Educators (pp. 104-116). Wellington, New Zealand.
MacColl, F., Ker, I., Huband, A., Veith, G., & Taylor, J. (2009, November 12-13). Minimising pedestrian-cyclist conflict on paths. Paper presented at the Seventh New Zealand Cycling Conference, New Plymouth, New Zealand. Retrieved from http://cyclingconf.org.nz/system/files/NZCyclingConf09_2A_MacColl_ PedCycleConflicts.pdf
Dissertation
Mann, D. L. (2010). Vision and expertise for interceptive actions in sport (Doctoral dissertation, The University of New South Wales, Sydney, Australia). Retrieved from http://handle.unsw.edu.au/1959.4/44704
Books
Collier, A. (2008). The world of tourism and travel. Rosedale, New Zealand: Pearson Education New Zealand.
Airey, D. (2010). Logo design love: A guide to creating iconic brand identities. Berkeley, CA: New Riders.
Whitney, E., & Rolfes, S. (2011). Understanding nutrition (12th ed.). Australia: Wadsworth Cengage Learning.
Book Chapter
Palmer, F. (2007). Treaty principles and Maori sport: Contemporary issues. In C. Collins & S. Jackson (Eds.), Sport in Aotearoa/New Zealand society (2nd ed., pp. 307-334). South Melbourne, Australia: Thomson.
Newspaper
Matthews, L. (2011, November 23). Foodbanks urge public to give generously. Manawatu Standard, p. 4.
Little blue penguins homeward bound. (2011, November 23). Manawatu Standard, p. 5.
Rogers, C. (2011, November 26). Smartphone could replace wallets. The Dominion Post. Retrieved from http://www.stuff.co.nz/technology/gadgets/6038621/Smartphone-could-replace-wallets
Act (statute/legistation)
Health and Safety in Employment Act 1992. (2013, December 16). Retrieved from http://www.legislation.govt.nz
Internet
Ministry of Health. (2014). Ebola: Information for the public. Retrieved from http://www.health.govt.nz/your-health/conditions-and-treatments/diseases-and-illnesses/ebola-information-public
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2143
Refbacks
- There are currently no refbacks.