Pengaruh Brand Ambassador, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Konsumen Marketplace Tokopedia di Rembang)

Rahma Puspita Rani, Suzy Widyasari

Abstract


Abstraki
Tujuan dari penelitian iniiiadalah untuk mengujii dan menganalisaiiipengaruh brand ambassador, kemudahan penggunaani dan kepercayaani terhadap keputusan pembelian. Objek pada penelitian inii adalah konsumen Tokopedia di kota Rembang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatifi menggunakan metode purposiveisampling dengan jumlah sampel 100 respondeni tersebut di perolehi melalui penyebaran google form. Skala pengukuran yang dilakukan penelitii menggunakan skala likert 5idengan metode pengujian data yang digunakan adalah uji instrumeni(uji validitasidan uji reliabilitas), regresi linieriberganda, uji modeli(koefisienideterminasi, ujiif, dan ujiit) yang diolah melaluii SPSS 24. Hasil penelitian iniimenunjukkan bahwa brand ambassador tidak berpengaruh terhadapi keputusan pembelian, kemudahan penggunaan dani kepercayaan berpengaruhi positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Keputusan Pembelian
Abstracti
The purpose of this study was to examine and analyzei the influenceiof brand ambassadors, ease of use and trust worthiness on purchasingidecisions. The object of this research is Tokopedia consumers in the city of Rembang. This research is a quantitative research using purposiveisampling method with a sample of 100 respondentsiobtained through the spread of googlei form. The measurement scale carried out by the study used a likerti5 scale with data testing methods used were instrument testsi (validityi tests and reliabilityitests), multiple linear regression, model tests (coefficient of determination, f-test, and t-test) which were processed through SPSS 24. The results of this study indicate that the brand ambassador has no effect on purchasing decisions, ease of use and trust positively significant influence purchasingi decisions.
Keywords: Brand Ambassadors, Ease Of Use, Trust, Purchasing Decisions

Full Text:

Download PDF

References


Abidin, Z., & Triono, L. D. (2020). Fresh frozen fish consumer behavior: Effect of the mix and trust marketing on buying interest, purchase decision and customer satisfaction in E-commerce, silly fish Indonesia. IOP Conference Series. Earth and Environmental Science, 493(1)

Alfonso, D. (2017). Pengaruh Kemudahan Penggunaan E-Commerce Melalui Traveloka. com Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi pada Konsumen Traveloka. com di Kota Medan).

Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. Vol. 13 No. 5: pp319-339

Donni Juni Priansa, S.P.d., S.E., M.M., QWP. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Fandiyanto, R., Sularso, R. A., & Irawan, B. (2018). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Ketanggapan, Harga dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepercayaan dan Keputusan Pembelian Produk Kerajinan Danbo Secara Online. GROWTH, 15(1), 54-71.

Faradasya, C. I., & Trianasari, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Kpop Stray Kids Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (studi Kasus E-commerce Shopee). eProceedings of Management, 8(2).

Hartono, Jogiyanto, 2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi

Kotler & Keller (2012), “A Framework for Marketing Management”, Prentice Hall International Inc.: New Jersey.

Kotler dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 14. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta belas. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. iqtishadEQUITY, 2(2), 113-126.

Lea-Greenwood, Gaynor. 2012. Fashion Marketing Communication E-book. Somerset, NJ, USA: Wiley.

Mowen, John, C dan Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.

Nurhasanah, Mahliza, F., Nugroho, L., & Yananto, M. P. (2021). The effect of E-WOM, brand trust, and brand ambassador on purchase decisions at tokopedia online shopping site. IOP Conference Series. Materials Science and Engineering, 1071(1)

Peter, J. Paul & Jerry Olson. 2009. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 9. Jakarta: Erlangga.

Pradwita, R. B. R. P., Handoko, Y., & Rachmawati, I. K. (2020). Pengaruh kepercayaan, kemudahan, dan kualitas informasi pada website www. laroslaptop. com terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 212-220.

Rachmawati, I. K., Handoko, Y., Nuryanti, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S. (2019, September). Pengaruh kemudahan, kepercayaan pelanggan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 3, No. 1, pp. 1617-1625).

Ramadhani, M. D., & Maskur, A. (2020). Pengaruh citra merek, kepercayaan, kualitas layanan websiteshopee terhadap keputusan pembelian online (Studi Pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang).

Rossiter, John R., & Larry Percy. (1987). Advertising and Promotion Management. New York : McGraw-Hill International Book Co.

Royan, Frans M. 2004. Marketing Selebrities. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Salsabila, H. Z., Susanto, S., & Hutami, L. T. H. (2021). Pengaruh Persepsi Risiko, Manfaat Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 87-96.

Shimp, Terence A. (2010). Adverstising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communication. Canada: Nelson Education, Ldt.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics