Pengaruh Tingkat Inflasi, Proceeds, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Underpricing Saham (Studi Kasus pada Perusahaan Go Public di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2019-2020)

Yolanda Rudila Putri, Deannes Isynuwardhana

Abstract


Abstrak
Perusahaan dapat memenuhi segala bentuk kebutuhan serta mengembangkan bisnis dengan cara melakukan kegiatan jual beli sekuritas yang dimiliki kepada masyarakat umum di pasar modal. Perusahaan pertama kali menerbitkan efek di pasar primer sebelum menerbitkannya di pasar sekunder. Adanya perbedaan yang terjadi antata harga saham yang ada pasar primer dan pasar sekunder dapat memunculkan fenomena saham salah satunya adalah undepricing saham yang mana terjadi karena harga yang lebih rendah di pasar primer dibandingkan dengan pasar sekunder. Tingkat underpricing yang terjadi di Indonesia tergolong cukup tinggi dalam setiap tahunnya, terdapat sebanyak 51 perusahaan go public di tahun 2019 dan 50 perusahaan go public di tahun 2020 yang mengalami fenomena ini. Studi ini memiliki pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara inflasi, proceeds, profitabilitas, dan solvabilitas terhadap underpricing saham pada perusahaan go public di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2020. Memiliki populasi sebanyak 101 perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019-2020 dengan sampel sebanyak 97 perusahaan yang diuji menggunakan metode purposive sampling. Data penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat inflasi, proceeds, profitabilitas, dan solvabilitas secara simultan memengaruhi underpricing saham. Sedangkan hasil pengujian parsial menunjukkan bahwa tingkat inflasi dan profitabilitas memiliki pengaruh positif, proceeds berpengaruh negatif, dan solvabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap underpricing saham.
Kata Kunci: Go Public, underpricing, saham, inflasi, proceeds, profitabilitas, dan solvabilitas
Abstract
The company can fulfill all forms of needs and develop business by conducting buying and selling securities owned by the general public in the capital market. Companies first issue securities on the primary market before issuing them on the secondary market. The difference that occurs between stock prices in the primary market and the secondary market can lead to a stock phenomenon, one of which is stock underpricing, which occurs due to lower prices in the primary market compared to the secondary market. The level of underpricing that occurs in Indonesia is quite high every year, there are as many as 51 companies going public in 2019 and 50 companies going public in 2020 that experience this phenomenon. This study has a quantitative approach with the aim of knowing the effect of inflation, proceeds, profitability, and solvency on stock underpricing in publicly listed companies on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2019-2020. It has a population of 101 companies that went public on the Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2019-2020 with a sample of 97 companies tested using the purposive sampling method. The research data were analyzed using descriptive analysis methods and multiple linear regression analysis. The results of this study conclude that the level of inflation, proceeds, profitability, and solvency simultaneously affect stock underpricing. While the partial test results show that the inflation rate and profitability have a positive effect, proceeds have a negative effect, and solvency has no effect on stock underpricing.
Keywords: Go public, underpricing, stocks, inflation, proceeds, profitability and solvency

Full Text:

Download PDF

References


Anshar, M. A., & Jabir, M. (2021). Analisis Pengaruh Fundamental Makro Ekonomi Terhadap Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pasar Modal Dan Bisnis, 3(1), 47–60.

Ayuwardani, R. P., & Isroah. (2018). Pengaruh Informasi Keuangan dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Jurnal Nominal, 7(1), 143-158.

Faizin, M. (2020). Analisis Hubungan Kurs terhadap Inflasi. Jurnal Akuntabel, 17(2), 314–319.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gumanti, T. A. (2009). Teori Sinyal Dalam Manajemen Keuangan. Usahawan, 38(6), 4–12.

Isynuwardhana, D., & Febryan, F. V. (2022). Factors Affecting Underpricing Level during IPO in Indonesia Stock Exchange 2018 - 2019. The Indonesian Accounting Review, 12(1), 87–98.

Isynuwardhana, D., & Hakim, D. M. al. (2021). Faktor Informasi Keuangan dan Non Keuangan yang Mempengaruhi Underpricing pada saat Perusahaan IPO (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2019). E-Proceeding of Management, 8(5), 4828–4837.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Khajar, I. (2010). Underpricing dan Overpricing IPO Badan Usaha Milik Negara. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 47(121), 39–61.

Raniry, M. A. A., & Yusniar, M. W. (2020). Pengaruh Financial Leverage, Proceeds, Reputasi Underwriter, dan Jenis Industri terhadap Tingkat Underpricing Saham. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 57–68.

Sari, A. M., & Isynuwardhana, D. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Underpricing Saham pada saat Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2014. E-Proceeding of Management, 2(2), 1589–1595.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business : A Skill-Building Approach (7th ed.). Chichester, West Sussex, United Kingdom: John Wiley & Sons.

Thoriq, K. N., Hartoyo, S., & Sasongko, H. (2018). Faktor Internal dan Eksternal yang Memengaruhi Underpricing pada Saat IPO di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 19–31.

Yuniarti, D., & Syarifudin, A. (2020). Pengaruh Leverage, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Underpricing pada Saat Initial Public Offering. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 214–227.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics