Pengaruh Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru Pada SMP Telkom Bandung

Nurul Atikah Putri, Ary Ferdian

Abstract


Abstrak
Meningkatnya kinerja salah satunya dapat didukung oleh lingkungan kerja dan budaya organisasi yang baik. Dan lingkungan kerja dan budaya organisasi dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja sumber dayanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkungan kerja guru dan budaya organisasi di SMP Telkom Bandung, serta apakah lingkungan kerja dan budaya organisasi memiliki pengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru pada SMP Telkom Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan data skunder dan data primer. Metode sampling yang digunakan adalah nonprobability samping dengan sampling jenuh sebanyak 46 orang. Pada penelitian ini, menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis linear berganda, dengan pengujian hipotesis menggunakan uji T dan uji F serta melakukan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil responden, variabel lingkungan kerja berada pada tingkat kategori “Sangat Tinggi” sementara untuk variabel budaya organisasi dan kinerja guru berada pada tingkat kategori “Tinggi”. Penelitian ini menemukan bahwa besar pengaruh dari lingkungan kerja dan budaya organisasi terhadap kinerja guru sebesar 30,6% dari hasil pengujian. Saran yang dapat diberikan mengacu pada hasil penelitian untuk SMP Telkom Bandung adalah SMP Telkom Bandung perlu lebih memperhatikan kondisi lingkungan kerja serta menjaga serta memperbaiki aset-aset fisik yang telah ada, diharapkan setiap guru memberikan dukungan yang memiliki gagasan yang diberikan dan memiliki keputusan untuk terus berkembang dan memiliki beranian dalam mengambil resiko, serta kedepannya dapat melakukan evaluasi guru sebelum pelaksanaan pembelajaran kepada siswa guna untuk meningkatkan pengetahuan serta kinerja yang maksimal dengan memperhatikan tujuan pembelajaran.

Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Guru.

Abstract
Performance assessment at SMP Telkom Bandung through NKI or individual performance scores every year which is divided into four assessments, namely time targets, output targets, achievements and values based on targets with the total individual performance value of each teacher. Results the recapitulation on individual performance scores of SMP Telkom Bandung, show that the results of the NKI of each teacher at SMP Telkom Bandung have decreased. One of the ways to increase performance is to be supported by a good work environment and organizational culture. And the work environment and organizational culture can have an influence on the performance of its resources. The purpose of this study was to determine the teacher's work environment and organizational culture at SMP Telkom Bandung, as well as whether the work environment and organizational culture have a partial or simultaneous influence on teacher performance at SMP Telkom Bandung. The method used in this study uses quantitative methods. The data collection technique used in this research is to use secondary data and primary data. The sampling method used is non-probability side with saturated sampling as many as 46 people. In this study, using descriptive analysis techniques and multiple linear analysis, with hypothesis testing using the T test and F test and perform the coefficient of determination. Results of the research and the results of respondents, the work environment variable is at the level of the "Very High" category while the organizational culture and teacher performance variables are at the "High" category. This study found that the influence of the work environment and organizational culture on teacher performance was 30.6% from the test results. Suggestions that can be given referring to the results of research for SMP Telkom Bandung are SMP Telkom Bandung need to pay more attention to the conditions of the work environment and maintain and improve existing physical assets, it is hoped that every teacher provides support who has the ideas given and has a decision to continue to develop and have the courage to take risks, and in the future can evaluate teachers before the implementation of learning to students in order to increase knowledge and maximum performance by paying attention to learning objectives.
Kata Kunci: Work Environment, Organizational Culture, Teacher Performance

Full Text:

Download PDF

References


Akbar, S. (2018). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan. JIAGANIS (Jurnal Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Administrasi Bisnis), 3(1), 1–17. https://doi.org/10.31227/osf.io/v62c3

Astuti, A. D. (2017). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SD di Kabupaten Cilacap. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.13931

Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi (M. Djalil (ed.)). Alfabeta, cv.

Ferawati, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Cahaya Indo Persada. Jurnal Agora, 5(1), 1–131. http://eprints.uny.ac.id/41801/1/AdityaNurPratama_12808144059.pdf

Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Pengantar Manajemen. ALFABETA.

Hidayat, T., Tanjung, H., & Juliandi, A. (2020). Motivasi Kerja, Budaya Organisasi dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru Pada SMK Muhammadiyah 3 Aek Kanopan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 189. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2363

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik) (Pertama). PT RajaGrafindo Persada.

Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Priansa, D. J. (2017). Manajemen Kinerja Kepegawaian : Dalam Pengelolaan SDM Perusahaan (Bandung). Pustaka Setia.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2018). Essentials of Organizational Behavior. Pearson Education Limited.

Sari, P. I. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Smk Negeri 10 Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(1), 1. https://doi.org/10.24014/ekl.v1i1.4681

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Refika Aditama.

Siagian, S. P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Sinambela, L. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Suryani & R. Damayanti (eds.); Pertama). PT Bumi Aksara.

Sujarweni, W. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. PUSTAKABARUPRESS.

Sukrispiyanto. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Amirullah (ed.); Pertama). Indomedia Pustaka.

Suwardi, & Daryanto. (2018). Pedoman Praktis K3LH : Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup. Gava Media.

Wardiah. (2016). Teori Perilaku dan Budaya Organisasi. Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics