Pengaruh Kepuasan dan Switching Barrier terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo

Lisa Apriliani Umar, Hapsawati Taan, Umin Kango

Abstract


Abstract
Bisnis operator seluler terus berkembang dan meningkat dengan pesat sehingga pelanggan lebih memilih perusahaan yang menciptakan inovasi dan strategi dalam pelayanannya agar pelanggan tetap merasa puas dan tetap loyal dalam menggunakan produknya. Faktor yang menjadi stimulus pada peningkatan loyalitas pelanggan adalah Kepuasan dan Switching Barrier. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pengaruh Kepuasan dan Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menggunakan kartu Telkomsel dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis penelitian ini diolah dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial, Kepuasan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, yang berarti bahwa pelanggan tidak puas dengan Telkomsel karena tidak ada faktor lain untuk membuat pelanggan merasa puas seperti adanya Switching Barrier. Sedangkan Secara simultan, Kepuasan dan Switching Barrier memiliki pengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan.
Keywords: Kepuasan; Switching Barrier; Loyalitas Pelanggan; Telkomsel

Full Text:

Download PDF

References


Agnanda, F., & Farida, N. (2012). Pengaruh Nilai Pelanggan, Kesadaran Merek Dan Switching Barrier Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Telkom Flexi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–8. /diakses 4 Juni 2022

Anggita, putri iriandini, Edy, Y., & M, kholid mawardi. (2015). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Kepuasan Pelanggan (Survey pada Pelanggan PT. Gemilang Libra Logistics, Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 23. /diakses 5 Juni 2022

Ayu, G., & Hernita, N. (2020). Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan. Urnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 1, 1–14. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur/article/view/883/551 /diakses 4 Juni 2022

Bakar, A. (2010). Analisis Pengaruh Ccustomer Satisfaction, Switching Cost, dan Trust in Brand Terhadap Customer Retention (Studi Kasus: Produk Kartu Seluler Prabayar simPATI Wilayah Semarang), 22(2), 178–189. /diakses 4 Juni 2022

Elpita, D., Studi, P., Administrasi, I., Ilmu, F., Dan, S., Politik, I., & Utara, U. S. (2017). PENGARUH SWITCHING BARRIER ( HAMBATAN BERPINDAH ) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KARTU PERDANA INTERNET TELKOMSEL ( Studi pada Mahasiswa Universitas Dharmawangsa Medan ).

Ferdinand. (2002). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian Untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Griffin, J. (2015). Customer Loyaliti, Menumbuhkan Dan Mempertahankan Pelanggan. Erlangga.

Istijanto. (2009). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran (2nd ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.

Japarianto, Yenny, & NChen. (2014). Pengaruh Kepuasan, Hambatan Berpindah dan Penyediaan Fasilitas Terhadap Loyalitas Konsumen di Hotel Novotel Surabaya. Strategi Pemasaran, Vol. 2, No, 1–7. /diakses 4 Juni 2022

Jochen, W., Cristopher, & Lovelock. (2011). Pemasaran Jasa. /diakses 4 Juni 2022

Klara, K. (2015). The effect of switching barriers on customer engagement: an application to the mobile phone services. International Journal of Business and Management Invention, 4(4), 38–51. /diakses 4 Juni 2022

Kotler, & Keller. (2016). Marketing Managemen (I. Pearson Education (ed.)).

Kotler, & Keller. (2018a). Manajemen Pemasaran (Dua Belas). PT. INDEKS.

Kotler, & Keller. (2018b). Manejemen Pemasaran (kedua bela). PT. INDEKS.

Lovelock, W., & Mussry. (2012). PEMASARAN JASA : MANUSIA, TEKNOLOGI, STRATEGI. Erlangga.

Pramesti, D. Y., Widyastuti, S., & Riskarini, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. Jimp, 1(1), 27–39. /diakses 4 Juni 2022

Santa, A., Yogyakarta, M., & Tegalrejo, J. B. (2021). Program Studi Manajemen Ketua Program Studi ,. 0274, 585841. /diakses 4 Juni 2022

Santoso, S. (2010). SPSS Statistik Parametik (kedua). PT. Elek Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018a). Metode Penelitian (kuantitatif, kualitatif dan R&D) (28th ed). Alfabeta.

Sugiyono. (2018b). Metode Penelitian Manajemen (6th ed.). Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2018c). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Taan, H. (2010). Jurnal-Manajemen-Dan-Akuntansi-Peran-Riset-Pemasaran-Dalam-Pengambilan-Keputusan-Manajemen. https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/861/jurnal-manajemen-dan-akuntansi-peran-riset-pemasaran-dalam-pengambilan-keputusan-manajemen.html /diakses 4 Juni 2022

Taan, H. (2016). Jurnal-Manajemen-Peran-Promosi-Dan-Tata-Kelola-Wisata-Religi-Bongo-Dalam-Meningkatkan-Daya-Saing-Pariwisata-Di-Kabupaten-Gorontalo.Pdf (p. vol. 2, NO. 2). https://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/873/jurnal-manajemen-peran-promosi-dan-tata-kelola-wisata-religi-bongo-dalam-meningkatkan-daya-saing-pariwisata-di-kabupaten-gorontalo.html / diakses 4 Juni

Veni, A. (2019). analisis preceived value, kepercayaan pelanggan dan switching barrier terhadap loyalitas pelanggan kosmetik INEZ (studi kasus pada toko kosmetik Aurel Dikotas Stabat). /diakses 5 Juni 2022




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics