Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Semarang
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh dari persepsi harga, promosi, dan brand image terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini yaitu pembeli smartphone Samsung di Kota Semarang dengan sempel sebanyak 96 responden dan ditentukan menggunakan teknik non probability sampling. Data primer dikumpulkan menggunakan kuesioner dan data skunder menggunakan studi Pustaka. Berdasarkan hasil uji SPSS versi 22 diperoleh hasil, bahwa uji instrument penelitian menunjukan semua indikator valid dan semua variabel reliabel. Berdasarkan uji F semua variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil koefisien regresi dan uji t menunjukan, bahwa varibel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
Kata Kunci: Persepsi Harga, Promosi, Brand Image dan Keputusan Pembelian
Abstract
The purpose of this study is to analyze the influence of price perception, promotion, and brand image on purchasing decisions. The population in this study was Samsung smartphone buyers in Semarang City with a total of 96 respondents and determined using a non-probability sampling technique. Primary data using questionnaires and skunder data using Literature studies. Based on the results of the SPSS version 22 test, the results were obtained, that the research instrument test showed all indicators were valid and all variables were reliable. Based on the F test all free variables simultaneously affect purchasing decisions. Based on the results of the regression coefficient and t-test, it shows, that the variability of price perception has a positive and significant effect on purchasing decisions, promotion variables have a positive and significant effect on purchasing decisions, and brand image variables have a positive and significant effect on purchasing decisions
Keywords: Price Perception, Promotion, Brand Image and Purchasing Decision
Full Text:
Download PDFReferences
Adaming, S. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Ponsel Iphone (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar. (Skripsi). Universitas Negri Makassar.
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Kesembelian. Bandung : Alfabeth.
Amalia, E dan Sendang, N. (2019). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4).
Bernard, Scott, A. (2012). An Introduction to Enterprise Architecture. 03 th Edition. Authorhouse. Bloomington.
Cahya, N dan Shihab, M. S. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Citra Merek dan Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Keputusan Pelanggan Smartphone Asus Studi Kasus Di PT. Datascrip. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI). 1(1).
Cockrill, & Goode, M, H. 2010. Perceived Price and Price Decay In the DVD Marke. The Journal of Product and Brand Management. 19.
Darma, Ni, N, G, G & Hartati, P, S. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Oppo pada Gerai Handphone Shop di Gianyar. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata. 1(1).
Fatmawati, N dan Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. 10(1).
Fatriana, E. Karim, S. dan Eka, D. (2016). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya. 13 (1).
Ghozali. I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
………… (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
………… (2022). Aplikasi Analisis Multi Variat dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro. Semarang.
Hasibuan, M. Z. dan Siregar. H. (2021). Pengaruh Persepsi Harga terhadap Minat Beli Smartphone Oppo. Jurnal Mutiara Manajemen. 6(1).
Kotler & Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Amstrong. (2014). Prineiples of marketing (global edition, ed. 15). England: pearson education limited.
Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, Philip & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Martiningsih, A.A I. B. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung pada Ratna Bali Handphone Shop Batubulan. http://repo.unr.ac.id/id/eprint/462. Diakses 24 juni 2022
Mulianto, B. M, Widodo, J & Wahyuni. S. (2021). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fkip Universitas Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. 15(1)
Mukhtar, A. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiomi Di Kota Kebumen. http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/663. Diakses pada 24 Juni 2022.
Muzakki, H. (2021). Pengaruh Brand Equity, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung di Kelurahan Pematang Pudu Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis.(Skripsi), Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau Pekan Baru.
Novitasari. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta
Nugraheti, M, K. (2019). Analiasis Pengaruh Atribut Produksi, Harga, Promosi dan Distribusi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Pengguna Smartphone Oppo di Daerah Istimewa Yogyakarta). (Skripsi). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN Yogyakarta
Peter, J, P & Olson, J, C. (2009). Consumer behavior: Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran Jilid 1, Edisi Keempat, Jakarta, Erlangga.
Rao, P. (2006). Measuring Customer Perception Through Factor Analysis”. The Asian Manager
Rizka, R, M, dkk. (2022). Pengaruh Citra Merek, Fitur dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen/Mahasiswa Smartphone Xiaomi Di Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Unversitas Serambi Mekkah). Jurnal Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammdiyah Aceh. 2(1)
Rumengan, G, dkk. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Smartphone Oppo di Menado. Jurnal EMBA. 10(2).
Sitompul, S. S. (2019). Model Analisis Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Xiaomi Smartphone. Journal Of Economic, Business and Accounting. 2(2).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet
………………. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
………………. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
……………..... (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
………………. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
………………. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Supu, L. P, dkk. (2021). Pengaruh Harga Produk, Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Smartphone Samsung Di Manado. Jurnal EMBA. 9(3).
Swastha, B. (2007). Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Offset, Yogyakarta.
Tabelessy, W. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung di Kota Ambon. Jurnal SOSOQ. 8(1).
Tjiptono. (2008). Strategi Pemasaran. Cetakan ke-3. Yogyakarta: ANDI
Sumarwan, U. (2008). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Jakarta: PT, Gramedia Utama.
Widia, N dan Faroh, W. N. (2021). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo pada Outlet Happy Cell Pamulang - Tangerang Selatan. Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia. 1(4).
Khoirunnisa. (2021). Tob 5 Indonesia Vivo Geser Xiomie. Dari, https://selular.id/2021/11/top-5-indonesia-vivo-geser-xiaomi-di-q3-2021/. Diakses 24 juni 2022
Tobbrandaward. (2020). Top Brand Index Tracking-Smartphone Mobile Ver. https://www.topbrand-award.com/2020/03/top-brand-index-tracking-smartphone-mobile-ver/#. Diakses 24 juni 2022
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2280
Refbacks
- There are currently no refbacks.