Online Customer Review, Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Tiket Lion Air Di Wilayah Surabaya
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan persepsi harga terhadap minat beli tiket Lion Air di wilayah Surabaya. Populasi dalam penelitian ialah calon konsumen yang memutuskan pembelian tiket Lion Air. Adapun penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling sejumlah 91 responden. Penelitian memanfaatkan pendekatan kuantitatif dengan menghimpun data primer dan sekunder, yang diolah dari hasil data pembagian kuisioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli sedangkan persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli tiket Lion Air di wilayah Surabaya.
Kata Kunci : Online Customer Review; Persepsi Harga; Minat Beli
Abstract
The study aims to determine the influence of online customer reviews and price perceptions on the interest in buying Lion Air tickets in the Surabaya region. The population in the study was potential consumers who decided to buy Lion Air tickets. The determination of the sample using the accidental sampling technique was 91 respondents. The research utilizes a quantitative approach by collecting primary and secondary data, which are processed from the results of questionnaire sharing data. The data obtained were then analyzed using Partial Least Square (PLS). Online customer review has a positive and significant effect on buying interest while price perception has a significant positive effect on the interest in buying Lion Air tickets in the Surabaya area.
Keywords: Online Customer Reviews; Price Perception; Buying Interest
Full Text:
Download PDFReferences
Auliya, Z. F., Umam, M. R. K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online costumer reviews (OTRs) dan rating: Kekuatan baru pada pemasaran online di Indonesia. Ebbank, 8(1), 89–98.
Ayu, A. K. D., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Online Customer Review, City Image, dan Purchase Intention Terhadap Purchase Intention. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 9(1), 88–100.
Fathin, R. F., & Millanyani, H. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Minat Beli pada Aplikasi Pemesanan Hotel Traveloka. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 5(1), 709-722.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, K., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management, 14th, Person Education. Philip Kotler DanKevin LaneKeller.
Kusumawati, D., & Saifudin, S. (2020). Pengaruh persepsi harga dan kepercayaan terhadap minat beli secara online saat pandemi Covid-19 pada masyarakat millenia di Jawa Tengah. JAB (Jurnal Akuntansi & Bisnis), 6(01).
Mudambi, S.M., & Schuff, D. (2010). Research note: What makes a helpful online review? A study of customer reviews on Amazon.com. MIS Quarterly, 185–200.
Mudambi, S. M., & Schuff, D. (2010). Research note: What makes a helpful online review? A study of customer reviews on Amazon. com. MIS Quarterly, 185–200.
Oktav, R., & Sukresna, I. M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Melalui Reputasi Dan Word of Mouth (Studi Pada Maskapai Berbiaya Rendah di Indonesia). Diponegoro Journal of Management, 7(4), 1–9. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/22496
Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. T., & Jorie, R. J. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba Di Kota Lawang. Emba, 10(1), 68–77.
Ponarwan, C. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Menggunakan Gopay Di Jakarta. Universitas Tarumanagara.
Prabowo, S. A. (2018). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Mirota Kampus Godean. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(7), 155–126.
Riyanjaya, N. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Produk Wardah Di Situs Belanja Online Shopee. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 909–926.
Sari, D. M. F. P., & Mitaftrotin, M. (2020). Perceived price, product design dan online customer review terhadap purchase intention pada produk wardah di marketplace shopee mall. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 81–89.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen, Edisi ke 7, PT. Indeks, Jakarta.
Setya, T. R. (2022). Profil Lion Air. https://m.merdeka.com/lion-air/profil
Skytrax Lion Air. (n.d.). www.airlinequality.com, n.d. https://www.airlinequality.com/airline-reviews/lion-air/.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. PT Alfabet.
Top Brand Award, “Top Brand Index Airlines,.” (n.d.). www.topbrand-award.com, n.d. https://www.topbrand-award.com/en/top-brand-index-int/?tbi_find=lion air.
Wikipedia, “Skytrax.” (2022). Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Skytrax.
Yasmin, D., Wardhani, N. I. K., & Fitriyah, Z. (2022). Minat Beli Konsumen Kaum Milenial Pada Baju Batik di Surabaya. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1), 19–24.
Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). The Effect Of Beauty Influencer, Lifestyle, Brand Image And Halal Labelization Towards Halal Cosmetical Purchasing Decisions. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam| Journal of Economics and Business Islamic, 5(2), 168–180.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2302
Refbacks
- There are currently no refbacks.