Pengaruh Brand Image dan Brand Trust melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen Konsumen Skincare MS Glow di Surabaya
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image dan brand trust melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening terhadap loyalitas konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menggunakan Skincare MS Glow yang berada di wiliayah Surabaya. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 108 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM berbasis komponen dengan menggunakan PLS dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan brand image memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen, brand trust memiliki pengaryh yang tidak signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen, brand image memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen, brand trust memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas konsumen, brand image memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening, brand trust memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening.
Kata Kunci: brand image; brand trust; kepuasan konsumen; loyalitas konsumen.
Abstract
The purpose of this study was to analyze the effect of brand image and brand trust through consumer satisfaction as an intervening variable towards consumer loyalty. The research method which used in this study is a quantitative method. The population of this study are consumers who have bought and used MS Glow Skincare in Surabaya. The sample of this study used a purposive sampling technique with a total sample of 108 respondents. The data analysis technique which used is the component-based SEM that using PLS with SmartPLS 3.0 software. The results show that brand image has a significant and positive effect on consumer satisfaction, brand trust has an insignificant and positive effect on consumer satisfaction, brand image has a significant and positive influence on consumer loyalty, brand trust has a significant and positive influence on loyalty. consumer satisfaction, consumer satisfaction has a significant and positive effect on consumer loyalty, brand image has a positive and insignificant effect on consumer loyalty through consumer satisfaction as an intervening variable, brand trust has a positive and insignificant effect on consumer loyalty through consumer satisfaction as an intervening variable.
Keywords: brand image; brand trust; konsumen loyalty, konsumen satisfaction.
Full Text:
Download PDFReferences
Compas. (2021). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Compas.Co.Id.
https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/
Google. (2022). Google Trends “MS Glow.” Trends Google.
https://trends.google.co.id/trends/explore?q=ms glow&geo=US
Kottler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 12). PT. Index Kelompok Gramedia.
Lestari, P. L., & Hermani, A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelaya Nan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Al-Zena Skin Care Pati Cabang Winong). Adminnitrasi Dan Bisnis, 6(4), 11–20.
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/17200/0
MS Glow. (2022). Omset MS Glow. MS Glow Our Seller.
https://www.msglowid.com/Website/Halaman/our_seller
Rianto, C. R., & Widayanto. (2020). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Sepatu Converse melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Journal of Social and Politic, 9(2).
Saridewi, D. O., & Nugroho, R. H. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1725–1741.
https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1072
Sawitri, I. G. A. T. D., & Rahanatha, G. B. (2019). Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5267.
https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p22
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana Prenanda Media Group.
Syafitri, A., Sari, E. R., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Mahasiswi UIN Raden Intan Lampung). Manajemen Bisnis Syariah, 1(1), 25–38.
Ulfah, D. N., Rukismono, M., & Tan, E. R. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Kosmetik Wardah Di Kecamatan Kenjeran. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 4(1), 1–6.
Wella, L. S. (2021). Trending di Tiktok! Penjualan MS Glow Menurun, Netizen : Kulit Jadi Iritasi. Kabar Tegal.
https://kabartegal.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-933309179/trending-di-tiktok-penjualan-ms-glow-menurun-netizen-kulit-jadi-iritasi
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2339
Refbacks
- There are currently no refbacks.