Pengaruh Layanan Mobile Banking terhadap Loyalitas Nasabah Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan mobile banking terhadap loyalitas nasabah pada Bank Sulselbar Cabang Makassar. Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah pengguna aplikasi Sulselbar Mobile khususnya di Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar. Dengan penentuan Sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel berjumlah 100 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yang mengunakan teknik metode deskriptif kuantitatif adalah metode survey dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji reliabilitas dan uji validitas dengan metode analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa Layanan Mobile Banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar.
Kata Kunci: Layanan Mobile Banking, Loyalitas Nasabah, Bank Sulselbar Cabang Utama Makassar.
Abstract
This study aims to determine how much influence mobile banking services have on customer loyalty at Bank Sulselbar Makassar Branch. The population taken from this study are users of the Sulselbar Mobile application, especially at Bank Sulselbar, Makassar Main Branch. By determining the sample using the Slovin formula and obtained a sample of 100 respondents with a sampling technique that uses quantitative descriptive methods is a survey method and uses a questionnaire as a data collection tool. The data analysis technique used in this research is the analysis of the reliability test and the validity test with the simple regression analysis method. Based on the results of research and discussions that have been carried out, it can be concluded that Mobile Banking Services have a positive and significant effect on Customer Loyalty of Bank Sulselbar Makassar Main Branch.
Keywords: Mobile Banking Services, Customer Loyalty, Bank Sulselbar Makassar Main Branch.
Full Text:
Download PDFReferences
Adila, M. (2017). Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Study Pada PT Bank BRI Syariah KC Margonda Depok).
Assael, Henry. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binapura Aksara.
Bahtiar, Buyung R, Muchriady M. (2021). Pengaruh E- Service Quality Terhadap Customer Satifation Melalui Perceivet Value Pelanggan Aplikasi Grab Food di Kota Makassar. Pancasarjana Manajemen Universitas Muhmmadiyah Makassar.
Tan A, P Sukapto, C Sitompul. (2014). Pengembangan Dimensi Kualitas Layanan e-banking dan hubungannya Dengan Kepuasan Serta Loyalitas Konsumen. publikasi.ilmia.ums.ac.id.
Hermana, B. (2011). Pengukuran Kualitas Layanan Internet Banking. ejournal.gunadarma.ac.id.
Chaffey, Chadwick. (2016). Digital Marketing Strategy, Implementation, and Practice.
Fadhilah, N. (2019). Pengaruh layanan ATM dan Mobile Banking Tehadap Loyalitas Nasabah Bank Sulselbar Cabang Sinjai. Central Library Of State Of Islamic Institute Parepare.
Gea, Martinus. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus pada Caritas Market Gunungsitoli).
Griffin, Jill. (2006). Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Permana H, TDjatmiko. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (e-service quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Di Bandung. Journal.unla.ac.id.
Indah Mayasary Rinaldy, P. H. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Mobile Banking Bni Di Banda Aceh Dengan Kepercayaan Nasabah, Kepuasan Nasabah, Komitmen Nasabah, Dan Nilai Nasabah Sebagai Variabel Mediasi . Jurnal Perspektif Manajemen dan Perbankan , 14-48.
Indah, D. R. (2016). Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank BNI’46 Cabang Langsa . JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, 545-554.
Kannan, P. K., & hongshuang, L. (2016). Digital Marketing; A framework, Review and Research Agenda. International Jurnal of research in Marketing.
Kotler, Kharisma. (2016). Pengertian Pemasaran.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Jilid 13. Edisi 1.
Kotler, P. & Keller K. I. (2012). Manajemen Pemasaran.. Jakarta: PT. Prenhalindo. Edisi 14, h 83.
Kotler, Philip, dan Gary Amstrong. (2016. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Mardalis, Ahmad. (2007). Meraih Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Balai Pustaka.
Mowen, John C., dan Minor M. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nurdin Nurdin, I. M. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu) Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah , 88-104.
Hadi S. (2011). faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan layanan mobile banking. dspace.uii.ac.id.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI
Sugiyono. (2004). Metode Penelitan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Kombinasi Mixed Metods. Cetakan Keempat. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta,CV.
Sukandi, A. (2019). Implementasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Dan Berdampak Terhadap Citra Industri Perbankan.
Sulfiana, E. (2020). Penerapan Sistem Mobile Banking Dalam Peningkatan Pelayanan Nasabah Bank Sulselbar cabang Barru. Central Library Of State Of Islamic Institute Parepare.
Tjiptono, Fandy, Gregorius C. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono Fandy & Gregorius Chandra. (2011). Service Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yokyakarta: Penerbit ANDI
Wardana A. (2015). Straregi Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia.
Zeithalm, et Al. (2002). Service Quality Deliry Through web Sites: A Critical Review of Extant Knowledge. Academy Of Marketing Science.
https://apjii.or.id/ . Diakses pada tahun 2022.
https://www.kabarmakassar.com/posts/view/12498/transaksi-digital-bank-sulselbar-naik-127-persen-meski-di-tengah-pandemi.html. Diakses pada tahun 2022.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bank_Sulselbar. Bank Sulselbar. Diakses pada tahun 2022.
https://banksulselbar.co.id. Diakses pada tahun 2022.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2349
Refbacks
- There are currently no refbacks.